ic-fd

Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kontroversi Sunscreen Purito!

suncreens
author

annedean・06 Dec 2020

detail-thumb

Sunscreen Purito favorit banyak orang ternyata hanya SPF 19? Ini pelajaran yang bisa kita ambil dari kontroversinya.

Saat buka Instagram kemarin pagi, Stories dari berbagai skincare influencers yang saya follow membahas satu topik yang sama. Kontroversi yang cukup mengagetkan ini datang dari sunscreen Purito Centella Green Level Unscented Sun SPF50+ PA++++. Tentu sudah nggak asing sama namanya kan? Saya yakin pasti banyak juga yang suka sama sunscreen Korea satu ini. Fansnya nggak cuma di Asia, tapi produk ini juga populer di Amerika berkat Skincare by Hyram. Formulanya yang ringan, tanpa whitecast, ditambah lagi mengandung Centella Asiatica dan sudah SPF 50+ PA++++, tentunya wajar lah ya jadi primadona.

Sampai akhirnya tanggal 4 Desember lalu, akun Instagram @incidecodercom (re: akun cosmetic database) membuat post yang bikin banyak fans sunscreen Purito kaget. Awalnya, memang sudah cukup sering ada kebingungan soal UV filter dalam produk ini. Klaimnya SPF50+PA++++, tapi kok prosentase UV filter-nya sangat rendah. Selain itu, banyak juga yang merasa selama pakai sunscreen ini, masih sering mengalami sunburn. Akhirnya, Purito Centella Green Level Unscented Sun SPF50+ PA++++ dibawa ke dua lab berbeda di Polandia dan Jerman dan melewati dua in-vivo test serta satu in-vitro. In-Vivo Test dapat dipercaya tingkat akurasinya karena langsung diuji coba pada manusia.

puritosun

Hasilnya? Ternyata Purito Centella Green Level Unscented Sun hanya mengandung SPF19! Of course langsung banyak yang kaget dan kecewa, Hyram bahkan bilang kalau ia merasa terkhianati. Yang ekstrem, beberapa orang sampai langsung nggak mau lagi pakai sunscreen Korea karena jadi beneran hilang trust. FYI, memang sunscreen Purito ini diproduksi di lab yang merupakan makloon. Jadi, nggak hanya brand Purito saja yang diproduksi di sana. Sunscreen lainnya yang sharing lab dengan Purito adalah Dear, Klairs Soft Airy UV Essence SPF50+ PA++++ yang juga favorit banyak orang.

Per tanggal 4 Desember, malam harinya, Instagram Official @purito_official menyatakan perminataan maaf mereka, akan menguji ulang produknya di lab lain, dan menghentikan sementara penjualan Purito Centella Green Level Safe Sun, Purito Centella Green Level Unscented Sun, serta Purito Comfy Water Sun Block sampai hasil uji lab dan fact check keluar. Selain itu, pihak Purito juga akan memberikan update-nya secara terbuka.

purito apology

Okay, kontroversi ini solusinya sudah clear, jadi saya nggak akan bahas terlalu detail lagi. Kamu bisa cek skincare guru sekaligus chemist, Lab Muffin, untuk lebih tahu tentang teknisnya. Yang mau saya bahas di sini adalah pelajaran yang kita bisa ambil dari kontroversi iniAnd what is that exactly?

Pentingnya re-apply sunscreen!

Awal kecurigaan pada Purito Centella Green Level Unscented Sun SPF50+ PA++++ datang karena banyak yang masih mengalami sunburn selama pakai produk ini. Bingung kan, SPF50+ PA++++ kok bisa tetap sunburn? Jawabannya memang ya karena sebenarnya UV filternya hanya SPF19, namun pelajaran yang bisa kita ambil adalah untuk selalu rajin re-apply sunscreen. Mau pakai yang SPF30 atau yang sudah SPF50+ sekali pun, aplikasikan lagi sunscreen-mu di tengah hari. Apa lagi kalau menghabiskan waktu di outdoor, duduk di dalam ruangan dengan jendela, gampang berkeringat, atau perlu berwudhu. 

Penting banget untuk diingat kalau pakai sunscreen bukan hanya biar kulit nggak gampang gelap atau terbakar, tapi untuk melindungi kita juga dari risiko yang lebih berbahaya seperti kanker kulit.

Until we hear more from Purito, keep on applying AND re-applying your sunscreen properly! 🙂

Foto: dok. Purito Official