Bolehkah Campur Skincare dari Berbagai Merek?

Bolehkah Campur Skincare dari Berbagai Merek?

 

Punya koleksi berbagai skincare dari merek lokal maupun internasional, tapi masih bingung cara campur skincare? Sebenernya, boleh apa nggak sih?

 

Kalau ngintip FD Talk, ternyata masih banyak FD Member yang bingung seputar skincare layering atau campur skincare, apalagi dari berbagai rangkaian atau merek. This is super relatable though, karena banyak juga kan dari kita yang udah terbiasa melihat nenek atau ibu kita yang pakai produk dari satu rangkaian oleh satu merek. Mulai dari pembersih, penyegar, krim pagi, dan krim malam, everything came in familiar packaging with similar tone of colors. Tapi, berhubung sekarang opsi dan merek-merek skincare sudah lebih banyak, boleh nggak sih campur skincare dari berbagai merek?

SKINCARE LOKAL DENGAN KANDUNGAN PEPTIDE

Sebenernya, skincare layering atau campur skincare yang mereknya beda itu nggak papa dan dibolehkan aja! Yang perlu diperhatikan adalah formula dan reaksinya ke kulit kamu. Selama nggak ada reaksi buruk seperti alergi, kemerahan, gatal, atau bruntusan, menggunakan berbagai skincare dari beberapa merek itu nggak papa banget!

Selain bikin skincare routine kamu jadi exciting dan nggak ngebosenin, menggunakan produk skincare dari merek yang berbeda bisa jadi solusi untuk kamu yang punya beberapa skin concern dan pingin menyelesaikannya secara bersamaan. Kulit kering tapi lagi jerawatan? Tinggal pakai spot treatment bareng sama produk skincare kamu yang melembapkan. Kulit sensitif kamu muncul dry patches? Bisa pakai produk dengan kandungan Centella Asiatica ditambah dengan pelembap yang lebih oklusif. It’s definitely more fun! Buat kamu yang masih ragu dan bingung mulai dari mana, FD bikin beberapa kombinasi skincare dari berbagai merek yang bisa membantu skin goal kamu.

Kulit kering dan berjerawat

campur skincare 1

Jerawat nggak cuma menyerang kulit berminyak saja lho, kulit kering juga bisa jerawatan! Buat kamu yang punya jenis kulit kering tapi lagi jerawatan, kamu bisa pakai sheet mask dari Naruko Tea Tree Shine Control & Blemish Clear Mask selama 15 menit, lalu ditutup dengan Bloomka Bakuchiol + Grapeseed Face Oil. Kandungan tea tree yang terdapat di sheet mask-nya memang agak bikin kering, tapi kamu bisa langsung seimbangkan dengan face oil yang menenangkan dan cukup melembapkan. Kamu bisa campur skincare ini cocok untuk kamu pakai di malam hari!

Kulit sensitif dan kusam

campur skincare 2

Kulit kamu gampang kemerahan, terasa flat dan nggak glowing? Kamu bisa campur skincare Gentle Hour Call It A Day Cleansing Balm dan Simplistic Essence Wonder! Buat pemilik kulit sensitif, cleansing balm is actually a godsend karena bisa membersihkan kulit secara efektif tapi tetap lembut dan tanpa banyak gesekan, dibandingkan menggunakan kapas dan micellar water atau pakai cleansing foam. Essence dari Simplistic punya kandungan beta glucan yang bersifat antioksidan, jadi cocok banget untuk mencerahkan kulit.

Kulit berminyak dan dehidrasi

campur skincare 3

Buat kulit berminyak yang kadang kering karena dehidrasi (yes, we’re talking about those stubborn dry patches!), kamu bisa menggunakan Hale Let’s Clay! Licorice, Green Tea, & Charcoal Clay Mask di area-area yang berminyak, lalu pakai First Lab Probiotic Mask setelahnya. Clay mask-nya bisa meregulasi minyak yang ada di kulit, tapi langsung dihidrasi oleh sheet mask-nya yang penuh dengan humektan dan nutrisi yang baik untuk kulit. Kalau kamu melakukan campur skincare ini secara rutin, kondisi kulit kamu bisa jadi lebih sehat dan nggak terlalu berminyak lagi.

 

Jadi, nggak perlu takut untuk campur skincare dari berbagai merek lagi ya, apalagi dari merek lokal dan internasional! Selama semua produk membantu kamu untuk mencapai kulit impian kamu, any product is possible for layering. Have fun #BringingBeautyTogether in your skincare routine! 

 

Foto: Freepik.com, courtesy of brands.