banner-detik

entertainment 2

BTS Raih Nominasi Grammy Hingga Pecahkan Berbagai Rekor Billboard Lagi!

seo-img-article

What a good way to start the month of December! Boy group Korea Selatan, BTS, akhirnya masuk nominasi Grammy dan menduduki puncak Billboard Hot 100 dengan lagu berbahasa Korea.

20 November 2020 silam, boy group BTS comeback dengan album baru mereka yang bertajuk ‘BE’. Album ini menjadi karya paling personal septet asal Korea Selatan ini. Selain musik yang ditulis sendiri dan menceritakan pengalaman mereka selama masa pandemi ini, setiap member juga terjun langsung dalam menentukan konsep foto, fashion, sampai goodies apa saja yang akan disertakan di albumnya. Lebih jauh dari itu, yang jadi highlight di comeback kali ini adalah debut Jungkook sebagai Music Video Director untuk single ‘Life Goes On’.

life goes on

BTS Masuk Nominasi Grammys

Berselang lima hari dari rilisnya album ‘BE’, akhirnya momen bersejarah yang ditunggu-tunggu terjadi juga. Yes, BTS akhirnya berhasil meraih nominasi Grammys untuk kategori Pop/Duo Performance dengan single Dynamite! Ini menjadikan mereka sebagai the first Korean act yang masuk nominasi untuk musik pop. Setelah tujuh tahun berkarya, akhirnya mimpi para member, khususnya SUGA (Min Yoongi) berhasil terwujud. Di tahun 2018, SUGA memang sempat menyatakan kalau ia pingin banget masuk nominasi Grammys. And as the famous saying says, “What Yoongi wants, Yoongi gets.”. 

bts grammy

Rabu dini hari itu, RM (re: Leader BTS) post video selebrasinya bersama bandmate Jimin, V, dan Jungkook di Twitter yang disertai keyboard smash LOL. Berbagai hashtag terkait pencapaian ini langsung jadi Trending berkat euphoria yang dirasakan para ARMY. Sejumlah stasiun TV nasional Korea pun langsung menayangkan Breaking News meski di sana sudah sudah memasuki pukul 04.00 subuh. The Nation’s Pride, indeed.

Pecahkan Berbagai Rekor Billboard. Lagi.

bts hot 100

Setelah menunggu pengumuman nominasi Grammys, Bangtan dan ARMY kembali dibikin tegang sama Billboard Hot 100. Dynamite berhasil debut di puncak Billboard Hot 100 di awal September lalu, bertahan di nomor satu selama dua minggu, dan masih betah menempati chart Hot 100 selama 14 minggu berturut-turut. Meski tentunya senang dengan hasil dari Dynamite, RM dan SUGA masih punya mimpi untuk melihat lagu mereka yang berbahasa Korea menduduki peringkat pertama. Sedangkan Jimin berharap seluruh lagu di album ‘BE’ masuk Billboard Hot 100.

lgo bts

Akhirnya, Bangtan dan ARMY bisa bernafas lega Selasa dini hari kemarin karena lagi-lagi “What Yoongi wants, Yoongi gets.” Mimpi untuk melihat karya mereka yang berbahasa Korea jadi nomor satu di Billboard Hot 100 pun terwujud. Menjadikan ‘Life Goes On’ sebagai lagu berbahasa Korea pertama dalam sejarah yang berhasil debut nomor satu di Hot 100 dan non-English song pertama yang merajai Hot 100 setelah Despacito di tahun 2017. What’s amazing is that they did this organically with just one version. Tanpa remix, collabs maupun bundles, hanya dengan enam radioplay, dan dukungan dari industri yang sangat minim.

Selain muncul di puncak Hot 100, BTS pun jadi yang pertama di Billboard Global 200, Top Album Sales, World Albums, dan Independent Albums. Ini menjadikan mereka group pertama dan satu-satunya dalam sejarah yang berhasil debut #1 di berbagai chart sekaligus. Nggak cukup sampai di situ, harapan Jimin pun jadi kenyataan karena ketujuh lagu dalam album ‘BE’ berhasil masuk ke Hot 100!

Music Transcends Language

music transcends

Ungkapan “Music transcends language barrier” sering diucapkan RM dalam interview. Ia percaya meskipun BTS membawakan lagu berbahasa Korea, makna dan nyawanya tetap bisa tersampaikan pada para ARMY dari berbagai negara sekali pun. Namun dalam sebuah vlog yang diunggah di channel Youtube BANGTANTV akhir September lalu, RM yang juga berperan sebagai composer sempat menceritakan self-doubt yang kadang ia rasakan tentang ucapannya ini. Fortunately, the universe conspired in their favor. ARMY pun membuat hashtag #MusicTranscedsLanguage Trending di Twitter tadi malam sebagai bentuk apresiasi dan afirmasi untuk karya-karya ciptaan RM, Jin, SUGA, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.

So, once again congratulations on starting the month of December with these achievements, BTS!

Foto: dok. Twitter @billboardcharts, @BTS_twt, BTS Official Facebook Page, Big Hit Labels

Slow Down

Please wait a moment to post another comment