banner-detik

tools

Ini Dia Cara Tepat Membersihkan Makeup Tools agar Bebas Bakteri!

seo-img-article

Salah satu penyebab timbulnya jerawat di wajah itu karena penggunaan makeup tools yang kotor lho. Nggak mau kan wajah kamu berjerawat hanya karena masalah kecil? Kalau gitu, simak nih cara membersihkan makeup tools yang tepat supaya terhindar dari bakteri!

 

Sebagai perempuan, pastinya pernah makeup dong? Entah sering dilakukan atau tidak, nyatanya kamu juga perlu lho memperhatikan kebersihan makeup tools kamu. Karena kalau makeup tools yang kamu pakai itu kotor, duh..bakal jadi masalah besar bagi wajah kamu. Cara membersihkan makeup tools juga mudah banget kok, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan!

Membersihkan makeup sponge

TIPS MEMBERSIHKAN MAKEUP TOOLS - 3

  1. Basahi makeup sponge mu dengan air hangat. Pastikan semua permukaan sudah basah, dan peras sponge sampai lembab atau setengah kering.
  2. Gunakan cairan pembersih khusus makeup atau sampo bayi untuk membersihkan sisa-sisa makeup di sponge. Kemudian peras sponge terus-menerus sampai sponge bersih seutuhnya dan tidak meninggalkan sisa makeup.
  3. Bilas makeup sponge dengan air sambil diperas bersamaan. Pastikan air yang diperas sudah tidak keruh lagi ya, itu menandakan makeup sponge kamu sudah benar-benar bersih.
  4. Keringkan makeup sponge dengan handuk bersih dan meletakkannya di tempat terbuka.

 

Baca juga: Tindakan Preventif Mencegah Coronavirus untuk Pemakai Makeup

Membersihkan makeup brush

TIPS MEMBERSIHKAN MAKEUP TOOLS - 2

  1. Rendam makeup brush pada wadah berisi air hangat hingga kotoran sisa makeup terangkat.
  2. Gunakan pembersih khusus makeup brush atau sabun bayi dan tuangkan pada egg brush atau alat lain yang bergerigi. Kemudian usap brush secara terus menerus pada permukaan egg brush sampai sisa makeup dan kotoran terangkat.
  3. Bilas makeup brush dengan air mengalir hingga tidak menyisakan sisa makeup lagi pada bulu brush.
  4. Setelah memastikan bahwa makeup brush sudah bersih, kamu bisa mengeringkan di atas handuk hingga kering di tempat terbuka.

 Baca juga: Tips Agar Sponge Makeup Awet dan Bebas Jamur

TIPS MEMBERSIHKAN MAKEUP TOOLS - 5

Mudah banget kan cara membersihkannya? Nah, ada tips penting nih untuk kamu yang sering menggunakan makeup tools. Kamu harus rajin membersihkannya minimal seminggu sekali lho supaya kotoran dari sisa makeup tidak mengendap di dalam produk yang akan menimbulkan bakteri dan bisa menyebabkan permasalahan kulit. Kamu juga harus mengeringkan makeup tools dengan sempurna supaya nggak ada jamur yang muncul di makeup tools. Tentunya tips itu semua perlu dilakukan untuk menjaga kulit supaya tetap sehat!

Baca juga: Beautyblender WAVE Shadeshifter yang Berubah Warna, Kini Sudah Ada di Indonesia!


Kalau kamu, biasanya membersihkan makeup tools dalam jangka waktu berapa lama? Sebaiknya jangan malas ya, biar kulitmu nggak gampang jerawatan! Selamat mencoba!

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment