banner-detik

lifestyle

Cari Hobi Baru Selama Masih di Masa Pandemi, Saya Coba Baking di ABC Cooking Studio!

seo-img-article

Coba belajar baking mulai dari 0 di ABC Cooking Studio!

Masa-masa pandemi seperti ini adalah momen yang tepat untuk memulai hobi-hobi baru. Mulai dari memasak, memelihara tanaman, atau melukis! Salah satu kegiatan yang saya tertarik untuk coba selama di masa pandemi adalah memasak dan baking. Tapi jujur, berhubung saya adalah anak yang dari kecil jarang berada di dapur, saya betul-betul nggak tahu harus memulai dari mana, terutama baking! Padahal, di bulan ini, ada satu hari spesial di mana saya kepingin banget memberikan kue buatan sendiri untuk orang yang saya kasihi.

studio-06

Untungnya, saya melihat salah satu postingan teman saya di Instagram story bahwa dirinya mengikuti cooking class di ABC Cooking Studio! ABC Cooking Studio ternyata merupakan salah satu studio masak yang berasal dari Jepang, dibentuk untuk membekali para peserta dengan ilmu memasak maupun baking.! Berhubung dari Jepang, menu masakan dan cake-nya juga didominasi dengan menu-menu yang berasal dari Jepang! Ada 2 buah ABC Cooking Studio yang available saat ini, yaitu di Central Park, dan satu lagi di Senayan City. Saya coba menghadiri ABC Cooking Studio yang ada di Central Park!

Baca juga: Jenuh WFH? Kamu Nggak Sendirian! | Inside FD HQ

Class Options

Ada 3 jenis course utama yang bisa kamu coba di ABC Cooking Studio: Bread Course, Cake Course, dan Cooking Course. Setiap sesi bisa dilakukan selama 2 jam dengan berbagai macam jenis menu yang berbeda dan rolling setiap 3 bulan sekali. Nah berhubung saya first timer, saya memutuskan untuk mengikuti trial class Cake Course! Menu yang saya dapatkan hari itu adalah Maple Cream Cheese Chiffon. Hmm… sounds delicious already!

The Course

IMG_3394

Waktu saya tiba di tempat, semua bahan-bahan yang ada sudah tersedia dengan lengkap dan sudah ditakar sesuai dengan resep. Di setiap kelas ABC Cooking Studio, kamu akan diajarkan oleh instruktur bersama dengan 1 orang lainnya. Jadi, mungkin ada saatnya kamu akan work in pairs. Dalam waktu 2 jam, saya coba membuat Maple Cream Cheese Chiffon dari scratch, alias betul-betul dari awal. Sepanjang proses, sang instruktur memberikan step-by-step pembuatan, memberikan tips tiap teknik, serta rekomendasi brand dari bahan-bahan yang digunakan. Berhubung 1 instruktur hanya memantau 2 orang murid, setiap step-by-step yang kita lakukan betul-betul diperhatikan mulai dari tekstur, cara pembuatan, hingga hasil akhir! Di akhir kelas, kamu juga bisa mendapatkan full resep dan kue yang telah kamu buat.

Ambience

IMG_3416

Salah satu yang bikin saya tertarik dengan ABC Cooking Studio ini adalah dapurnya yang terlihat professional dan well-designed. Setiap peralatan dicuci dengan bersih dan direndam agar higienis. Station, mixer, dan panci yang digunakan untuk memasak juga rapih dan bersih! Experience memasak jadi jauh lebih menyenangkan ketika berada di ABC Cooking Studio. Jarak antara setiap station masak juga sama sekali nggak sempit. Instruktur yang mengajar juga sangat ramah dan memberikan penjelasan secara detail supaya hasil masakan kita nggak gagal. Setiap instruktur juga dilengkapi dengan masker dan face shield, untuk memastikan agar protokol kesehatan tetap terjaga!

Baca juga: Berbagai Resep dan Tips Mindful Eating

Fee

IMG_3402 2

Fee untuk setiap course berbeda-beda pastinya, tergantung paket apa yang kamu pilih! Untuk trial class sendiri, saya harus membayar Rp 350.000 per 2 jam. Tapi kalau kamu kenal seseorang yang jadi member di ABC, kamu bisa mendapatkan referral price seharga Rp 250.000. Sedangkan untuk fee full course-nya, kamu bisa lihat di pricelist berikut ini!

Final Verdict

IMG_3439

It was a really fun experience, coba baking di ABC Cooking Studio. Walaupun saya adalah seseorang yang betul-betul nggak mengerti soal baking, turns out, saya berhasil Maple Cream Cheese Chiffon! Malahan, mulai timbul ketertarikan saya untuk coba memasak dan baking setelah mencoba pertama kali. Lumayan banget buat kamu yang mau mulai coba hobi baru, bisa start belajar di ABC Cooking Studio terlebih dahulu untuk mengetahui dasar-dasarnya! Apakah saya akan lanjut ke membership? Well, that’s something that i still need to think about berhubung harganya lumayan. Tapi overall, it was a great and fun experience! Buat kamu yang pengen serius menekuni baking atau cooking, boleh banget coba!

So, berikut adalah sedikit tentang ABC Cooking Studio! Kalau kamu ingin info lebih lanjut, bisa langsung cek instagram mereka di @abccookingstudio_id atau website mereka di https://www.abc-cooking.co.id/!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment