Boob Taping 101: Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Boob Tape!

Boob Taping 101: Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Boob Tape!

1296x728_BODY_wrong-bra-size_02

Mau coba beralih dari bra ke boob tape? Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui! 

Bra and bralette days are over! Well, walaupun masih banyak yang prefer menggunakan bra atau bralette, tapi rasanya sekarang sudah banyak yang mulai tertarik menggunakan boob tape. Kenapa? Selain bisa diatur sesuka hati, boob tape juga bisa memberikan efek payudara lebih besar atau full. Nah, kalau kamu adalah salah satu yang ingin mulai mencoba menggunakan boob tape, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan!

1. Patch test

Boob tape manapun yang kamu beli, step pertama yang penting untuk kamu lakukan adalah lakukan patch test! Sama halnya dengan skincare, lem tape yang kamu pilih bisa jadi nggak cocok dengan kulit sehingga menyebabkan iritasi. Kamu lakukan step ini dengan menggunting sedikit bagian dari boob tape, tempelkan pada area kulit sekitar payudara atau kulit yang mirip dengan payudara, diamkan selama beberapa jam untuk melihat reaksinya. Kalau kamu punya kulit yang sensitif, jika terjadi kemerahan di area sekitar kulit yang ditempel itu wajar. Asal jangan sampai menimbulkan perih, luka, atau reaksi iritasi lainnya! Kalau nggak ada tanda-tanda seperti ini, you’re good to go!

2. Preparation

Kalau kamu sudah yakin dengan tape yang kamu pilih, jangan lupa lakukan prepping pada bagian kulit. Bersihkan area sekitar payudara agar bebas dari keringat, air, maupun kotoran. Jangan aplikasikan lotion atau body oil sebelum mengaplikasikan boob tape supaya bisa menempel!

3. Metode

Ada berbagai cara yang berbeda untuk kamu mengaplikasikan boob tape. Tapi secara garis besar, biasanya ada 2 metode yang bisa kamu coba yaitu Plunge and Backless Method dan metode Strapless or Backless Method. Plunge and Backless Method cocok kalau kamu ingin mengaplikasikan dress dengan model plunge atau low cut neck dan backless dress. Sedangkan Strapless or Backless Method cocok kalau kamu ingin menggunakan dress yang backless atau strapless. And here’s how you do it!

Plunge and Backless Method

Screen Shot 2020-10-14 at 11.38.11

Baca juga: Perlukah Menggunakan Bra Walaupun Lagi #DiRumahAja?

Step 1

  • Ukur panjang tape yang cukup panjang untuk dijangkau dari bagian bawah payudara hingga bagian belakang bahu.
  • Angkat payudara dengan hati-hati untuk membuatnya lebih tinggi.
  • Tempelkan salah satu ujung selotip ke dasar luar payudara, tekan selotip hingga ke bahu.
  • Tempel ujung satunya ke belakang bahu untuk mendapatkan pegangan yang maksimal.

Step 2

Ulangi step ini sebanyak 2 kali. Jangan lupa pasang nipple cover atau cotton pad di daerah nipple sebelum ditempel dengan boob tape untuk menutup bagian puting.

Step 3

Ulangi step 1 dan 2 di payudara sebelahnya.

Strapless or Backless Method

Screen Shot 2020-10-14 at 11.38.00

Step 1

Metode ini bisa dilakukan sambil kamu rebahan atau membungkuk, tergantung preferensi pribadi. Yang terpenting adalah kamu harus mengangkat dan menyatukan payudaramu supaya erat sebelum melakukan taping.

Step 2

Potong tape berukuran 30cm (atau lebih), kemudian dengan hati-hati ambil masing-masing payudara dari kedua sisi dan tekan perlahan. Kemudian bawa selotip lebih tinggi atau lebih rendah di bagian sisi tergantung pada gaun yang kamu pakai.

Step 3

Ulangi langkah yang sama dengan sebanyak 2-3 kali dan jangan lupa untuk menggunakan nipple cover atau cotton pads di atas puting dan area sekitarnya sebelum merekatkannya.

Baca juga: 8 Produk untuk Merawat Kekencangan Kulit Payudara

4. Melepas tape 

Instant-Breast-Lift-Adhesive-Push-up-Tape-Custom-Boob-Tape-a-Cup-to-D-and-Plus-Size

Memasang boob tape memang challenging, tapi melepasnya juga salah satu hal yang masih sulit untuk dilakukan! Kalau kamu asal dan nggak melakukannya dengan benar, kulit kamu bisa jadi iritasi! Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah mandi dengan menggunakan air hangat ketika tape masih menempel di badan sambil perlahan-lahan melepas tape. Air hangat akan membantu loosen up tape supaya nggak terlalu perih ketika ditarik. Setelah fully removed, kamu bisa aplikasikan body oil atau moisturizer ke area bekas boob tape ditempel supaya nggak iritasi. Tapi, ada beberapa tape yang didesain secara khusus nggak bikin kulit iritasi sehingga kamu nggak perlu repot melepasnya kok!

 

So, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan kalau mau coba mulai menggunakan boob tape. Gimana menurut kamu? Semakin yakin ingin mencobanya? Share di komen ya!

 

Foto: Dok. The Bra Guide, brucewang.com.