banner-detik

fitnfab

Indonesia Darurat Corona, Gugus Depan Covid-19 Himbau Masyarakat untuk Menerapkan 3M!

seo-img-article

3606242-1

Menghadapi darurat Corona, sudah saatnya kita #IngatPesanIbu dengan menjalani protokol 3M! Apa itu 3M? Yuk, simak di artikel berikut ini!

Hingga saat ini, pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga mengalami penurunan. Malahan, kasus korban jiwa yang terjangkit positif maupun yang meninggal makin bertambah semakin harinya. Dalam kasus ini, there’s no one to blame. Baik pemerintah maupun masyarakat punya andil masing-masing dalam menangani kasus Covid-19. Tanpa adanya kesadaran dan partisipasi dari kedua belah pihak, Ibu Pertiwi kita nggak akan terhindar dari virus menular ini.

#IngatPesanIbu

social-distancing-concept_23-2148501908

Jadi, gimana caranya kita ikut serta berpartisipasi dalam penyebaran virus? BNPB 2020 melalui #satgascovid19 saat ini menghimbau masyarakat dengan mengadakan sebuah kampanye berjudul #IngatPesanIbu. Seperti peran seorang Ibu yang bertugas mendidik anak-anaknya, saat ini Ibu Pertiwi kita seolah memberikan sinyal peringatan darurat agar masyarakat bertindak melawan Covid-19. Jika kita tetap bersikap acuh tak acuh dan tidak menerapkan protokol kesehatan, kita bisa kehilangan Ibu kita. Nah, salah satu solusi agar kita tidak kehilangan adalah dengan melakukan protokol 3M.

Baca juga: 7 Benda yang Perlu Dibersihkan Supaya Nggak Gampang Sakit

Apa itu 3M?

3M sebagai protokol kesehatan terdiri atas 3 hal utama: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumuman, dan yang terakhir Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air. Dengan menerapkan 3M, kita akan melindungi diri sendiri dan keluarga terdekat kita agar tidak membahayakan mereka dan Ibu Pertiwi sebagai korban dari kelalaian kita. Nah, mari kita bahas satu-per-satu dari makna 3M:

Memakai Masker

people-wearing-medical-mask_52683-35468

Masker sudah menjadi salah satu bagian yang nggak pernah boleh ditinggalkan dalam memenuhi himbauan dari #satgascovid19. Nggak cuma menggunakan masker, cara menggunakan dan jenis masker yang digunakan juga sangat berpengaruh. Jenis-jenis masker yang paling efektif untuk mencegah penyebaran virus bisa kamu cek di artikel ini. Sedangkan untuk cara pemakaiannya, pastikan kamu menutupi seluruh bagian hidung dan mulut. Jangan pegang-pegang masker bagian luar, dan jangan turunkan masker kamu ke bagian dagu supaya bakteri atau kotoran dari dagu nggak transfer ke masker!

Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan

Salah satu faktor pandemi Covid-19 belum juga mereda di Indonesia adalah karena masih banyaknya masyarakat yang belum mematuhi protokol jaga jarak. Padahal, WHO telah mengonfirmasi karakteristik virus Covid-19 yang airborne. Itu berarti, virus Covid-19 bisa menyebar melalui udara. Maka dari itu, sangat tidak direkomendasikan untuk berada ruangan tertutup sambil berkerumun, atau berada berdesak-desakan bersama dengan orang lainnya. Dengan berada #dirumahaja dan menjaga jarak dengan orang lainnya, kamu bisa mengambil andil dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta menjalankan himbauan dari #satgascovid19.

Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air

set-rules-how-wash-hands_74855-226

Supaya dirimu dan keluarga nggak tertular dengan virus Covid-19, rajin-rajinlah mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air untuk mencegah virus menempel di tangan. Kalau di sekitarmu nggak ada akses untuk cuci tangan, kamu bisa gunakan hand sanitizer sebagai alternatif. Hand sanitizer yang perlu kamu gunakan juga memiliki syarat mengandung alkohol minimal 70%. Tapi, akan ada baiknya kalau kamu membersihkan tangan dengan air mengalir untuk mengeliminasi kemungkinan adanya virus secara lebih efektif. Dengan cuci tangan dan menjaga kebersihan diri, kamu dapat mengurangi kemungkinan penyebaran virus Covid-19!

Baca juga: Infografis Skema Penyebaran Virus Corona

Nah, dengan patuh menjalankan protokol 3M, BNPB 2020 berharap kasus Covid-19 bisa cepat mereda, kurva penyebaran Covid menurun, menjadikan kita bebas dari pandemi ini. Jadi yuk, kita sama-sama #IngatPesanIbu dan jalani protokol 3M! Kalau bukan kita sebagai masyarakat Indonesia yang menjaga Ibu Pertiwi kita, maka siapa lagi?

It starts from us, for us, and within us!

Lastly, stay safe and healthy!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment