banner-detik

editors note

7 Tips Menjalani Long Distance Relationship di Masa Pandemi!

seo-img-article

long-distance-relationship-concept_10045-163

Sulit maintain hubungan di masa pandemi? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan!

Masa pandemi memang memang jadi masa yang penuh dengan roller coaster of emotions, nggak cuma buat para pelaku bisnis dan keluarga, tapi juga bagi mereka yang menjalani hubungan. Nggak sedikit yang mengalami masalah atau couple breakups di masa pandemi, terutama mereka yang menjalani long distance relationship atau LDR! Karena di masa PSBB seperti ini, akses untuk bertemu dan tempat wisata yang biasa jadi destinasi pacaran juga terbatas! Apakah kamu salah satunya? Nah, kalau kamu juga mengalami hal ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubunganmu!

1. Chatting Boleh, Tapi Jangan Jadikan Komunikasi Utama

Ada berapa banyak hubungan yang berujung dengan pertengkaran akibat adanya kesalahpahaman dari sebuah chat? Ketika kita chatting, sangat mungkin bagi kita untuk salah mempersepsikan nada dan intonasi dari sang pengirim chat, sehingga rentan terjadi kesalahpahaman. Kita juga nggak bisa membaca ekspresi dari sang pengirim! Itu sebabnya untuk membicarakan hal-hal penting, hindari berbicara lewat chat! Kamu boleh chatting buat keep in touch every now and then, tapi jangan terlalu sering. Terlalu sering atau seharian chatting bisa menyebabkan kamu kehabisan topik untuk dibicarakan ketika telepon nantinya!

 2. Manfaatkan Facetime atau Video Call Lainnya

Thanks to technology, long distance relationship jadi nggak seberat jaman dahulu. Kalau jaman dahulu mereka yang pacaran jarak jauh cuma bisa surat-suratan, sekarang kita bisa video call atau Facetime! Interaksi face-to-face (walaupun secara virtual) bisa membuat kamu terasa lebih dekat satu sama lain. Tentukan waktu untuk pacaran lewat Facetime atau Zoom, lebih baik dari pada nggak saling ketemu satu sama lain!

3. Luangkan Waktu

Salah satu tantangan yang bisa kamu hadapi selama menjalani isolasi adalah ‘being present’. Kalau ini adalah waktunya bagimu untuk bekerja, bekerjalah. Kalau kamu sedang berkomunikasi dengan pacarmu, usahakan fokuskan perhatian kepada pacarmu, even when you’re a good multitasker! Banyak masalah hubungan yang muncul karena pasangannya suka terdistraksi dan nggak memberikan perhatian penuh ketika seharusnya mereka melakukan quality time. Eye contact is important! Merasa nggak dijadikan prioritas oleh seseorang yang penting bagimu adalah hal yang paling nggak enak dialami. Jangan lakukan itu ke pasanganmu!

long-distance-romance-vector-illustration_1893-2162

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Mulai Berpacaran Lagi!

 4. Bahas Hal Mendalam

Banyak pasangan yang merasa bosan dengan hubungan mereka ketika LDR di masa pandemi, terutama ketika mereka nggak bisa menghabiskan waktu physically bersama-sama. Belum lagi, karena kita keseringan di rumah, nggak banyak topik yang bisa diperbincangkan. Komunikasi jadi cuma sekedar basa basi belaka. Nah itu sebabnya kalau kamu lagi menghabiskan waktu bersama, coba bahas tentang hal-hal yang lebih mendalam. Mungkin kamu bisa coba bicarakan tentang cita-cita dan mimpi pasanganmu, kekhawatirannya, atau hal-hal mendalam atau lucu lainnya yang bisa kamu bicarakan. Intinya, avoid talking about the same things over and over again!

 5. Hal-Hal Kecil yang Berarti

Pernah dengar istilah “little things goes a long way”? Ini berarti, seringkali dalam sebuah hubungan, ada banyak hal-hal kecil yang berarti! Tapi, di dalam sebuah LDR, hal-hal kecil ini bisa jadi sesuatu yang sangat berarti! Misalnya, lakukan hal kecil seperti mengirimkan makanan, hadiah, atau apapun yang bisa kamu lakukan untuk sekedar menunjukkan kalau kamu peduli dan memikirkan tentang pasanganmu akan sangat berarti di masa pandemi ini!

6. Jangan Lupakan Perjalanan Kalian

Ada hari-hari di mana pacaran jarak jauh terasa lebih berat dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Untuk menghabiskan waktu dan menghibur diri di masa pandemi, kamu bisa start melakukan planning kegiatan yang bisa kalian lakukan setelah pandemi selesai. Hal yang simple, but it gives you hope! Di hari-hari yang lebih berat dari biasanya, cobalah mengingat tentang hal-hal yang telah berhasil kalian lalui.

hipwee-front-view-woman-having-video-call_23-2148521607

Baca juga: Jangan Diam Terhadap Perilaku Abuse, Kenali Tanda-Tandanya!

7. Jangan Sia-Siakan Momen Bersama

Masa pandemi membuat kita belajar untuk nggak menyia-nyiakan waktu yang bisa dihabiskan bersama selagi ada. Siapa yang pernah sangka sih, 2020 akan jadi momen yang berat buat banyak dari kita? Jadi, habiskan waktu bersama dengan orang-orang tercinta selagi ada waktu. Baik itu pertemuan yang hanya singkat, atau mungkin via telepon. BE PRESENT.

Masa pandemi memang momen yang cukup berat untuk menjalani long distance relationship. Yang bisa kita lakukan hanyalah make out the most out of today, sambil bersabar menunggu hingga suatu saat keadaan jadi lebih membaik. Salah satu caranya adalah dengan melakukan beberapa tips di atas!
So, gimana menurut kamu? Apa saja tantangan hubungan yang kalian hadapi selama di masa pandemi? Share di komen ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment