banner-detik

bath n body

3 Hal yang Harus Dihindari Agar Kesehatan Payudara Tetap Terjaga

seo-img-article

3 HAL YANG HARUS DIHINDARI UNTUK MENJAGA KESEHATAN PAYUDARA 3

Sama seperti bagian tubuh lainnya, payudara adalah bagian tubuh wanita yang juga perlu dirawat.

Jadi, kita tidak hanya butuh skincare routine, tapi breastcare routine juga adalah hal yang penting agar payudara tetap indah, dan paling utama, sehat. Selain itu, kita juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan berikut ini, untuk merawat kesehatan payudara. Apa saja sih? Yuk, disimak!

1. Menggunakan bra yang salah ukuran

3 HAL YANG HARUS DIHINDARI UNTUK MENJAGA KESEHATAN PAYUDARA 4

Jika tali bra yang kamu gunakan meninggalkan bekas yang cukup dalam, atau kawat bra terasa menusuk payudara, berarti kamu menggunakan bra yang salah ukuran. Walaupun menggunakan bra yang agak ketat dan kencang memang membuat payudara jadi terlihat lebih naik dan berisi, hal ini perlu dihindari lho! Begitu juga dengan menggunakan bra yang sudah longgar hingga bra sering bergeser atau talinya sering turun saat kamu bergerak, ini pertanda kamu harus membeli bra yang baru. Menggunakan bra yang longgar bisa membuat payudara kendor karena tidak mendapatkan dukungan yang pas.

Saya pernah menggunakan bra yang salah ukuran, dan terasa sempit. Kalau sudah begini biasanya area sekitar tali bra akan merah dan gatal, dan kalau digaruk bisa luka dan meninggalkan bekas. Jadi, menggunakan bra dengan ukuran yang pas adalah hal yang penting! Jika kamu tidak bisa mengukur payudaramu, ask for professional help.

Baca juga: 8 Produk untuk Membantu Merawat Kekencangan Kulit Payudara

2. Tidak menggunakan sports bra saat berolahraga

3 HAL YANG HARUS DIHINDARI UNTUK MENJAGA KESEHATAN PAYUDARA 2

Apakah kamu sering berolahraga? Berolahraga adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk merawat payudara lho! Tapi jika saat berolahraga kamu tidak menggunakan sports bra? Big no no! Berbeda dengan bra biasa, sports bra akan memberikan dukungan yang lebih baik untuk punggung dan payudara, sehingga saat berolahraga, payudara tidak akan bergerak terlalu kencang, apalagi jika kamu melakukan gerakan naik turun seperti melompat, atau berlari. Nah, sama seperti bra biasa, memilih sports bra pun harus yang ukurannya pas dan nyaman ya!

Baca juga: Apakah Suntik Payudara Aman Dilakukan?

3. Tidak menggunakan sunscreen dan moisturizer di area dada

3 HAL YANG HARUS DIHINDARI UNTUK MENJAGA KESEHATAN PAYUDARA 5

Mungkin kamu tidak menyadari, tapi area dada adalah area yang juga sering tereskpos sinar matahari. Jadi, saat menggunakan sunscreen, jangan lupa juga oleskan di area dada agar kulit payudara terlindungi dari efek sinar UV. Bisa juga dengan membawa jaket atau syal saat kamu bepergian dan menggunakan baju yang agak terbuka di area dada. Menggunakan pelembap setiap hari juga penting lho! Sama seperti kulit di area tubuh lainnya, kulit payudara juga bisa kering, gatal, dan sensitif. Jadi jangan lupa juga oleskan body lotion kesayangan kamu di area payudara setiap habis mandi.

 Baca juga: Ritual Kecantikan yang Bantu Cegah Kanker Payudara

Jadi, itu dia beberapa kebiasaan yang bisa kamu hindari untuk merawat kesehatan payudara. Apakah dari hal-hal di atas, ada yang masih kamu lakukan sampai sekarang? Selain itu sih ada juga kebiasaan-kebiasaan kecil lainnya yang bisa kamu lakukan, seperti tidur dengan posisi telentang, menjaga postur tubuh dan punggung tetap lurus saat duduk. Menjaga lifestyle yang baik seperti tidur yang cukup dan makan makanan bergizi juga bisa membantu menjaga kesehatan payudara.

 

Foto: Freepik.com

1
1

Slow Down

Please wait a moment to post another comment