banner-detik

bath n body

3 Tipe Alat Bantu Menstruasi Selain Pembalut dan Tampon

seo-img-article

3 ALAT BANTU MENSTRUASI 1Apakah kamu sudah nyaman dengan alat bantu menstruasi yang kamu gunakan sekarang? Pada umumnya, mayoritas wanita menggunakan pembalut sebagai alat bantu menstruasi. Padahal, sebenarnya ada banyak pilihan lain, lho!

Waktu pertama kali saya dapat ‘jatah bulanan’, saat itu saya masih kelas 6 SD, pengetahuan saya tentang pembalut masih minim sekali. Satu jenis pembalut saja variannya banyak banget! Ditambah lagi, pada zaman itu memang menstruasi bukan hal yang wajar untuk dibahas terang-terangan. Saya jadi ingat dulu saat masih sekolah, kalau ada yang ‘bocor’ saat menstruasi, bisa malu banget karena ditertawakan oleh teman-teman pria. Padahal sebenarnya ini adalah hal yang biasa saja.

Nah, dulunya saya tahunya alat bantu menstruasi itu hanya pembalut sekali pakai saja. Padahal, ada banyak jenis alat bantu menstruasi lain. Apa saja mereka?

1. Menstrual cup

3 ALAT BANTU MENSTRUASI 2

Sepertinya sudah banyak yang tidak asing lagi ya dengan alat bantu menstruasi ini? Akhir-akhir ini menstrual cup mulai muncul ke permukaan, apalagi dengan trend eco-living yang makin hari makin marak diterapkan. Bahkan Youtuber kondang, Titan Tyra, membuat beberapa video untuk sharing pengalamannya menggunakan menstrual cup.

Saya sendiri baru mengetahui tentang menstrual cup tahun lalu, dari Instagram salah satu beauty content creator Indonesia, Agustine Gozali. Beliau membagikan informasi lengkap mengenai menstrual cup mulai dari definisi, kenapa alat bantu ini lebih baik dari pembalut biasa, hingga cara penggunaan dan penyimpanannya. Pada saat itu, menstrual cup masih belum hits, tapi sekarang bahkan sudah ada menstrual cup merk lokal.

Tapi, walaupun sudah cukup banyak orang-orang yang mengatakan menstrual cup ini lebih aman, hemat, nyaman, dan tentunya lebih ramah lingkungan daripada pembalut sekali pakai biasa, masih banyak yang ragu menggunakan alat bantu ini. Biasanya alasannya adalah karena takut tidak bisa menggunakannya, atau bertentangan dengan nilai budaya dan agama. Nah, untuk kamu yang ingin menggunakan tapi tidak mengerti bagaimana caranya, sudah banyak lho informasi mengenai cara memakai menstrual cup ini!

 Baca juga: Cara Self Care Agar Tetap Fit Selama Menstruasi

2. Pembalut kain

ALAT BANTU MENSTRUASI 5

Untuk kamu yang ingin menerapkan eco living tapi masih ragu menggunakan menstrual cup, pembalut kain bisa jadi pilihan. Pembalut ini bentuknya mirip dengan pembalut sekali pakai yang biasa kita gunakan, tapi terbuat dari kain yang bisa dicuci dan dipakai berulang-ulang. Harganya juga lebih murah dibandingkan menstrual cup. Tapi sayangnya pembalut kain ini kurang cocok jika dipakai untuk bepergian, karena harus diganti setiap 5 jam, dan proses mencuci hingga mengeringkannya pasti butuh waktu lebih lama.

 Baca juga: Langkah-langkah Merawat Kebersihan dan Kesehatan Area Kewanitaan

3. Celana menstruasi

3 ALAT BANTU MENSTRUASI 3 - SOFTEX PANTS

 

3 ALAT BANTU MENSTRUASI 4 - SOFTEX PANTS

Celana menstruasi ini ada dua jenis. Ada yang terbuat dari bahan kain, jadi bentuknya seperti celana dalam biasa, tapi dilengkapi lapisan untuk menyerap cairan darah. Ada juga yang sekali pakai, seperti produk keluaran Softex. Saya pernah beberapa kali menggunakan celana menstruasi sekali pakai dari Softex ini, dan rasanya memang nyaman banget. Apalagi karena bentuknya seperti celana dalam, darahnya tidak akan bocor kemana-mana. Tapi sayangnya celana menstruasi ini harganya cukup mahal, jadi saya menggunakannya kalau lagi butuh proteksi maksimal agar tidak bocor saja, misalnya saat pergi ke event penting, atau menginap di rumah teman.

 Baca juga: 2 Produk yang Bikin Area Kewanitaan Tetap Segar

Dari jenis-jenis alat bantu menstruasi di atas, apakah ada yang sudah pernah kamu coba? Coba share jawabanmu di kolom komentar ya! Tapi, jika hingga saat ini kamu masih memakai pembalut sekali pakai biasa, it’s okay kok, yang penting kamu merasa nyaman saat menggunakannya. Jangan lupa ganti pembalutmu setiap 3 jam sekali ya!

 

 Foto: Freepik.com, Softex.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment