banner-detik

food nutrition

FD Experiment: Mencoba Detoks Jus 24 Jam, Seperti Apa Hasilnya?

seo-img-article

juice smoothie

Let’s drink your greens! Seperti apa sih pengalaman detoks jus selama 24 jam?

Kamu termasuk yang rajin konsumsi sayur dan buah nggak? Selain dari physical distancing, saat ini juga penting banget buat menjalani gaya hidup sehat biar sistem imun kuat. Saya sebenarnya suka banget sayuran fresh dan hobi beli salad. Namun karena pandemi, saya jadi sudah beberapa bulan terakhir menghindari beli makanan yang raw supaya lebih higienis. Rasanya jadi sering bloated karena kurang asupan sayur dan buah. Makanya saya memutuskan untuk detoks jus atau juice cleanse. Kamu sudah pernah coba juga? Detoks jus ini bisa jadi alternatif yang praktis buat yang malas bikin salad atau smoothies sendiri.

Berhubung iklannya muncul terus di Instagram saya, akhirnya saya memutuskan untuk cobain detoks jus dari Naked Press Juicery. Alasan lainnya adalah karena cold pressed juice dari Naked Press terbuat dari 5kg buah dan sayur, serta sugar-free. Pilihan detoksnya macam-macam: Level 1 (beginner), Level 2, dan Level Maag/GERD (ada chia pudding sebagai makanan padatnya). Saya pilih Level 2 karena klaimnya mengandung lebih banyak sayuran dan kalorinya paling rendah, yaitu 1300 kalori. Dalam 24 jam, saya minum delapan botol cold pressed juice berukuran 330ml dan minum air saja, tanpa makan makanan padat. Seperti apa hasilnya? Kelaparan nggak sih?

Baca juga: Makan Nasi Shirataki Selama Satu Bulan, Hasilnya? | FD Experiment

The Experience

Bisa dibilang saya bukan beginner buat urusan restrictive diet seperti detoks jus ini. Sebelumnya saya juga sudah pernah coba water diet dan memang sudah biasa intermittent fasting juga. Selain itu saya memang nggak punya riwayat gangguan pencernaan seperti maag atau GERD.

Di website Naked Press disarankan buat memulai minum jus pertama sepagi mungkin dengan jarak antar jus satu setengah jam sampai dua jam supaya selesainya nggak terlalu malam. I’m not an early riser, jadi saya baru mulai sekitar pukul 10.30 siang dengan botol pertama.

Jus 1: Pure Green

Pure_Green_large

Botol pertama adalah green juice yang berisi horenzo, timun, seledri, kale, romaine, parsley, dan apel. Rasanya? Dominan banget rasa seledri dan sejujurnya saya nggak suka seledri LOL, tapi saya telan saja. Nggak ada rasa manis sama sekali dari apelnya, tapi masih nggak masalah. Setelah minum jus 1 saya minum air sekitar 300ml dan perut terasa kenyang.

Jus 2: Cara Mia

Cara_Mia_large

Dua jam setelahnya, masuk ke jus 2 yang isinya buah-buahan, yaitu lemon, apel, dan semangka merah. Saya suka banget! Super refreshing di hari yang panas. Lemonnya juga nggak terlalu asam. Selama dua jam setelahnya dan menuju botol ketiga, perut saya juga rasanya aman-aman saja, nggak perih sama sekali.

Jus 3: Blondie

Blondie_large

Jus ketiga terdiri dari apel, wortel, melon, kayu manis, dan jahe. Rasanya unik, tapi nggak sampai seperti jamu. Jahenya juga nggak terlalu pedas. Blondie kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi. Sekitar pukul 14.30 ini saya pun masih tetap nggak merasa lapar atau lemas.

Jus 4: Green Grenade

Green_Grenade_large

Nah, nggak tahu kenapa setelah minum jus ketiga saya ngantuk banget sampai sempat ketiduran. Nggak lemas sih, cuma ngantuk. Jus keempat balik lagi ke green juice. Isinya sama dengan Pure Green, tapi Green Grenade ini nggak terlalu berasa seledri dan ada sedikit manis apelnya.

Jus 5: Red Earth

Red_Earth_large

Sekitar jam 19.00 saya minum Red Earth yang merupak jus isi beet, apel, lemon, wortel, dan jahe. Rasanya refreshing banget dan beet-nya juga nggak langu. Sejam setelah minum jus ini saya olahraga cardio.

Jus 6: Skinny Dip

Skinny_Dip_large

Skinny Dip jadi jus yang rasanya paling seru karena pakai cayenne pepper. Dulu saya sering baca kalau seleb Hollywood memang suka mengonsumsi lemon water pakai cayenne pepper untuk detoks. Rasanya beneran pedas saat ditelan. Nah, setelah botol keenam ini saya sudah kekenyangan banget dan nggak kuat minum dua botol terakhir karena sudah pukul 00.00 juga dan mau tidur. Alhasil satu jus terakhir dan cashew milk saya minum besok paginya.

Final Verdict

Ternyata 24 jam hanya minum cold pressed juice nggak sulit sama sekali dan di badan saya juga rasanya nyaman. Besoknya nafsu makan saya jadi lebih terkontrol, mungkin karena terbiasa minum banyak cairan hari sebelumnya. Pencernaan juga jadi lancar dan nggak bloated lagi. Turun berat badan nggak? Tentu saja nggak ya karena yang keluar kan hanya water weight.

Saya mau coba rutin melakukan juice cleanse ini sebulan sekali atau dua kali deh. I think my body indeed needs some extra greens and fruits.

Kamu tertarik coba juga? Atau justru sudah pernah?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment