3 Cara Membangun Rasa Percaya Diri yang Bisa Kamu Coba

SKINCARE YANG HARGANYA 20 RIBUAN

Menumbuhkan rasa percaya diri memang nggak selalu mudah. Setiap orang punya insecurities masing-masing yang bisa bikin mood jadi turun dan nggak semangat beraktivitas.

Learning to love ourselves feels like a lifetime journey. Ini memang hal yang wajar kok. It’s okay to not be okay all the time. Tapi jangan putus asa dulu karena ada lho cara-cara yang bisa kamu coba untuk kembali membangun rasa percaya diri yang turun.

Baca juga: 2020 Sudah Saatnya Stop Body Shaming!

Jangan dipendam sendiri

journaling

Saat lagi merasa insecure akan hal apa pun dan itu membuatmu nggak nyaman, jangan dipendam sendiri terlalu lama di pikiranmu. Our mind can be the greatest enemy. Coba ceritain ke sahabat, pasangan, atau siapa pun yang kamu percaya. Kalau belum siap ngobrol sama orang lain, kamu bisa mulai dengan ajak ngobrol dirimu sendiri dan tulis di jurnal atau kertas apa pun. “Apa sih yang lagi kamu rasakan?” “Kenapa kamu merasa seperti ini? Apa yang bikin insecure?” “Apa yang bisa kamu lakukan to feel better?”. Dengan menulis atau cerita tentang poin-poin seperti ini, kamu bisa lebih aware akan inti permasalahan yang lagi kamu rasakan dan nggak kasih ruang buat pikiranmu buat nambahin narasi-narasi lain yang sebenarnya bisa saja nggak terjadi. It’s important to acknowledge our feelings.

Self-affirmation

percaya diri

Self-affirmation juga penting supaya kita nggak berlarut-larut fokus sama kesulitan yang sedang dihadapi. Salah satu frasa yang paling simple, tapi punya efek positif adalah “for now.”. Jadi kalau kamu sedang merasa nggak percaya diri atau down, bilang ke dirimu “I am not feeling confident, for now.” Atau kalau sedih, bilang “I am sad, for now.” Simple banget, tapi bisa bikin kita yakin kalau rasa nggak nyaman ini cuma dirasakan sekarang saja dan nantinya akan pergi.

Pampering

carl and claire

Pampering bisa jadi salah satu cara yang bikin rasa percaya diri tumbuh lagi. Bisa dengan facial at home, pulasan lipstick favoritmu, atau pakai fragrance dengan aroma yang bikin mood naik. Dalam studi elektrofisiologi, memang diyakini kalau wewangian itu bisa kasih efek healing ke otak kita lho. Biasanya aroma manis dan floral dipilih karena bisa jadi mood lifter. Kalau kamu suka aroma vanilla dengan sentuhan white floral, bisa cobain Black Orchid dari Carl & Claire Perfumery. Notes-nya ada vanilla, coffee, warm spices, dan white floral. Kebayang kan cozy vibes yang bisa didapatkan dari perfume ini? Black Orchid tersedia dalam ukuran 30ml yang dibanderol seharga Rp279.000.

Baca juga: Nouva Puspita, Membangun Rasa Percaya Diri Lewat Carl & Claire

Kamu punya tips andalan lainnya untuk bikin lebih percaya diri? Cerita di comment section, ya. Sharing is caring! :)