banner-detik

bath n body

Apa Sih Penyebab Selangkangan Hitam?

seo-img-article

Yuk, cari tahu penyebab area selangkangan punya warna yang lebih gelap dibandingkan area tubuh lainnya! Gimana cara mengatasinya? 

Area selangkangan atau bikini area, memang menjadi bagian tubuh yang paling tertutup dan jarang terlihat. Nggak jarang juga, bagian tubuh ini nggak terawat dengan baik oleh kita. Biasanya permasalahan yang terjadi pada area ini adalah warna yang menggelap. Saya yakin, banyak dari kalian yang mengalami hal ini juga, ya? Sama, saya pun memiliki area selangkangan yang cukup gelap.

Hal ini sudah saya alami sejak bangku SMP, dan semakin bertambahnya usia, warna dan tekstur kulit pada area ini semakin gelap dan kasar. Penyebabnya apa? Banyak banget lho ternyata, dan di artikel ini saya akan bahas beberapa penyebab utama area selangkangan bisa menggelap atau tekturnya menjadi  lebih kasar.

Penyebab dan Cara Mengatasi Selangkangan Hitam-2

Undies yang terlalu ketat

Mengingat kita menggunakan underwear hampir 24 jam sehari, dan digunakan untuk berbagai aktifitas, artinya underwear ini akan sering menggesek area kulit. Kalau kita menggunakan underwear yang terlalu ketat, dan gesekan terus terjadi, maka bisa menyebabkan kulit iritasi dan efeknya kulit area tersebut menjadi menggelap. Jadi, hindari menggunakan undies yang terlalu ketat ya! Selain itu, hindari juga menggunakan skin tight jeans terlalu sering. Sama halnya dengan underwear, celana jeans cenderung memiliki bahan dan pola yang sangat ngepas di badan. Gesekan bahan celana ini, nggak hanya menghitamkan area selangkangan tapi juga paha bagian dalam.

menurunkan-berat-badan-sehat-2

Obesitas

Sama seperti poin di atas, ketika berat badan berlebih maka paha kanan dan kiri akan selalu bergesekan. Gesekan-gesekan inilah yang bisa menyebabkan area kulit menjadi gelap.

eating-chocolate-happiness-hormone-endorphin-production-illustration_160308-10

Perubahan hormon

Kita perempuan, paling sering mengalami perubahan hormon, mulai dari saat puber, haid, dan juga melahirkan. Ternyata ketika hormon kita berubah, ini akan mempengaruhi tone kulit kita. Makanya kalau misalnya kamu sudah melahirkan, pasti deh kamu menyadari ada beberapa bagian kulit di tubuh kalian yang berubah warnanya.

 

Acanthosis-nigricans-and-skin-tags-on-the-neck

Acanthosis Nigricans

Ini mungkin yang jarang diketahui orang! Kulit menggelap di area selangkangan atau leher, bisa menjadi indikasi kalau kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. Hal ini biasanya dikenal dengan nama diabetes melitus, yang biasanya bisa ditemukan pada orang-orang yang obesitas.

Pembalut

Pembalut yang kita gunakan memiliki pengerat dari bahan plastik yang kasar. Bahan yang kasar ini akan mempercepat atau memperparah terjadinya iritasi pada area selangkangan. Belum lagi kalau ternyata kulit kalian itu iritasi atau nggak cocok dengan pembalut yang digunakan. Hal ini pernah disampaikan oleh salah satu dokter kandungan yang pernah saya kunjungi. Pembalut memang menjadi salah satu kontributor menggelapnya kulit selangkangan. Untungnya sekarang sudah ada menstrual cup, yang nggak hanya lebih nyaman dipakai, tapi juga ramah lingkungan.

Itu beberapa penyebab area kulit selangkangan hitam atau paha bagian dalam tampak menggelap. Jadi, yang harus dilakukan adalah mulai menggunakan underwear yang nggak terlalu ketat, cari bahan yang nyaman dan nggak mengiritasi kulit. Lalu, perbaiki juga pola makan dan kurangi asupan gula harian kalian. Menggunakan body lotion secara teratur dan body scrub 2 kali dalam seminggu juga bisa membantu melembutkan dan mencerahkan area tersebut. Selamat mencoba ya!

 

Foto: www.groupon.com.au, www.instagram.com/lasenzaindonesi

Slow Down

Please wait a moment to post another comment