banner-detik

travel

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Traveling di Masa Pandemi!

seo-img-article

covid-19-virus-impact-travel-tourist-novel-coronavirus-pandemic-outbreak-spread-by-traveller-concept-businessman-traveler-with-luggage-walking-airport-surround-by-covid-19-virus-pathogens_212586-38

Apa aja sih yang harus diperhatikan ketika ingin traveling di masa pandemi? 

Walaupun corona virus outbreak masih semakin parah, tapi tampaknya memang orang nggak bisa lama-lama berada di masa lockdown. Bukan cuma masalah jenuh terlalu lama berada di rumah, tapi roda perekonomian, termasuk bidang pariwisata, juga nggak akan bisa hidup dan berputar dengan adanya lockdown. Itu sebabnya, saat ini banyak influencer dan tokoh lainnya yang mulai traveling di masa pandemi dan mempromosikan berbagai wisata yang ada di Indonesia. Tapi, walau begitu, nggak sedikit orang yang malah jadi lengah dan mengabaikan protokol kesehatan. So, berikut adalah beberapa hal yang harus tetap kamu lakukan ketika traveling di masa pandemi ini!

Gunakan Kendaraan Pribadi

Sejauh apapun kamu traveling, usahakan gunakan kendaraan pribadi. Dengan begitu, risiko terpapar virus jadi lebih sedikit dibandingan dengan kamu menggunakan kendaraan umum. Kalaupun kamu berpergian dengan menggunakan pesawat, kamu tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan masing-masing maskapai seperti dengan menunjukkan hasil tes PCR yang negatif, atau melakukan tes PCR mandiri pada saat kedatangan. Walaupun begitu, kamu perlu ingat bahwa terkadang Covid sulit terdeteksi dan pesawat adalah sebuah enclosed space di mana perputaran udaranya kurang maksimal, an easy target for virus to spread! Jadi, daripada meningkatkan risiko tertular virus, usahakan tetap traveling di masa pandemi dengan menggunakan kendaraan pribadi ya.

Riwayat Covid Tujuan

Sebelum menentukan destinasi traveling, akan lebih baik kamu memeriksa terlebih dahulu riwayat penyebaran covid tujuanmu. Kalau wilayah tujuanmu termasuk ke dalam red area covid, lebih baik pikir-pikir dan atur ulang kembali rencanamu. Apalagi ketika kamu berpergian, kamu akan banyak mengunjungi tempat umum yang nggak pernah kamu tahu, yang bisa terjadi telah terpapar oleh virus. Nggak mau kan, kamu jadi nggak puas traveling akibat takut terpapar covid? Cobalah kunjungi daerah-daerah yang termasuk green area covid, walau memang kamu tetap harus berwaspada di daerah-daerah ini! Perhatikan juga setiap protokol kesehatan daerah yang kamu kunjungi karena setiap daerah bisa jadi punya protokol yang berbeda-beda!

restart-travelling-concept-after-pandemic-with-maintain-social-distance-message_1302-22473

Bawa Sanitizing Kit-mu

hand sanitizer lokal Arum (2)

Tentu saja, kamu nggak boleh lupa membawa sanitizing kit lengkap kemanapun kamu pergi. Mulai dari masker, hand sanitizer dengan alkohol minimal 60%, vitamin dan obat-obatan yang kamu perlukan untuk menjaga tubuh tetap fit. Momen di mana penyebaran virus lagi marak seperti ini, penting bagi kamu jaga kesehatan supaya nggak mudah terpapar virus! Kalau kamu menggunakan fasilitas umum seperti toilet umum, jangan lupa cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik sebelum kembali.

Baca juga: Intip Gaya Gemas Blackpink dan Selena Gomez di Poster Ice Cream

Hindari Keramaian dan Tempat Tertutup

Sejak WHO menyatakan bahwa Covid-19 bersifat airborne, maka nggak aman bagi kamu untuk traveling ke tempat yang ramai dan tertutup. Area dengan sirkulasi udara buruk membuatmu terpapar covid jika ada penderita yang seruangan denganmu. Jadi, usahakan traveling ke tempat-tempat outdoor dan sepi! Hindari tempat yang ramai!

closed-airport-coronavirus-pandemic_23-2148499066

Baca juga: BTS Pecahkan Berbagai Rekor Lewat Comeback ‘Dynamite’, Hingga Dapat Undangan WHO

Karantina Mandiri Setelah Pulang

Kalaupun setelah pulang dari traveling kamu merasa dirimu baik-baik aja, kamu nggak akan pernah tahu dengan pasti apakah kamu sudah terpapar virus atau nggak. Kalau perlu, lakukan karantina mandiri selama 14 hari. Tapi kalau kamu nggak mau karantina mandiri, jaga jarak sekitar 2 meter berjauhan dengan orang lain, selalu gunakan masker kemanapun kamu pergi, cuci tangan rutin, kemudian pantau terus kondisi kesehatanmu terhadap gejala-gejala Covid-19.

So, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan kalau mau traveling selagi masa pandemi. Ingat, kita yang bertanggung jawab atas kesehatan diri sendiri dan orang lain di sekitar kita! Jadi, jangan lalai mengikuti setiap protokol yang ada ya!

Stay safe and healthy!

 

Foto: Dok. Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment