banner-detik

concealer

Cara Memilih Concealer Sesuai Permasalahan Kulit

seo-img-article

tips concealer -Arum (9)

Begini cara memilih concealer sesuai dengan kebutuhan kulitmu!

Tadinya, saya berpikir bahwa cukup punya satu concealer saja untuk dipakai di semua tempat yang perlu coverage tambahan. Tapi ternyata saya salah. Bisa sih, satu concealer dipakai untuk menutupi berbagai macam noda dan dark circle. Tapi hasilnya tidak maksimal. Concealer untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, berbeda dengan concealer yang digunakan untuk menutupi jerawat. Untuk itu, kita perlu tahu jenis-jenis concealer, dan kemudian memilihnya sesuai dengan kebutuhan kita.

Ini dia beberapa jenis concealer yang penting untuk kamu tahu:

tips concealer -Arum (1) - Copy

Concealer untuk dark circle

Untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, concealer yang tepat adalah liquid concealer. Untuk lebih spesifik, saya biasanya memilih liquid concealer yang ringan, tidak terlalu thick, dan tidak terlalu kering/ matte finish. Area bawah mata memiliki garis-garis halus, yang menyebapkan concealer di area tersebut mudah creasing. Jadi concealer yang thick dan full coverage tidak terlalu dianjurkan. Lagi pula, biasanya lingkaran hitam di bawah mata tidak terlalu gelap kok, jadi tidak terlalu membutuhkan concealer dengan coverage super. Kecuali  lingkaran di bawah mata warnanya sangat gelap, kita harus mengaplikasikan corrector warna oranye dulu sebelumnya.

Lalu untuk shade, sebaiknya pilih yang sedikit di atas warna kulit atau warna foundation kita, dan memiliki yellow undertone. Yellow undertone pada concealer akan menetralkan warna kebiruan pada dark circle. Lalu pilihan warna yang sedikit lebih terang, adalah sekalian untuk memberikan highlight pada undereye area, agar wajah terlihat lebih cerah dan berdimensi.

Beberapa produk concealer yang cocok untuk under eye area adalah Self Beauty Glam Up Concealer, Wardah Lightening Liquid Concealer, Urban Decay Naked Skin Weightless Complete Coverage Concealer, Nars Radiant Creamy Concealer, dan Maybelline Instant Age Rewind Concealer.

Baca juga: Tips Agar Undereye Concealer Nggak Gampang Cracking

  tips concealer -Arum (12)

Concealer untuk menutupi bekas jerawat

Kebalikan dari concealer untuk undereye area, concealer untuk menutupi bekas jerawat justru harus yang full coverage, formulanya tidak mudah bergeser, dan sewarna dengan kulit atau sedikit lebih gelap dari warna kulit kita. Gunanya agar bekas jerawat bisa ter-cover sempurna, dan juga agar concealer stay seharian dan nggak faded. Concealer dengan warna yang lebih gelap juga akan menyamarkan noda di wajah dengan lebih baik dibandingkan concealer berwarna terang.

Ada banyak pilihan liquid concealer dengan coverage tinggi dan konsistensi yang lebih kental, diantaranya Tarte Shape Tape Concealer, Too Faced Born This Way Multi-Use Sclupting Concealer, BLP Face Concealer, dan Colourpop No Filter Concealer. Tapi kalau liquid concealer dirasa masih kurang coverage-nya, kamu bisa mencoba cream concealer seperti LT Pro Smooth Corrector Cream Foundation, Kevin Aucoin The Sensual Skin Enhancer, dan Nars Creamy Concealer.

 tips concealer -Arum (14)

Concealer untuk jerawat aktif

Untuk jerawat yang masih aktif, yang perlu kita pikirkan bukan sekedar coverage-nya saja. Tapi kita juga harus memikirkan bagaimana cara menutupi jerawat tersebut tanpa memperparah kondisinya. Karena seringkali makeup malah memperparah kondisi jerawat kita. Tapi ya ada kalanya kita tetap harus menggunakan makeup di saat masih ada jerawat aktif di wajah kita kan?

Saya biasanya memilih concealer khusus untuk jerawat. Concealer semacam ini diformulasikan khusus sudah mengandung obat jerawat di dalamnya, jadi selain menutupi jerawat, concealer ini juga ada healing properties-nya dan dapat membantu menyembuhkan jerawat. Memang tidak sebaik obat jerawat biasa tanpa concealer, tapi setidaknya tidak memperparah jerawat. Untuk keperluan ini, produk yang pernah saya coba hanya satu, yaitu So Natural Red Tock Spot Powder. Produk ini punya tekstur cair, dan sebelum digunakan harus di-shake dulu agar concealer tercampur dengan obat jerawatnya. Dan surprisinglly, coverage-nya lumayan bagus lho!

 

Jangan salah lagi memilih concealer ya ;).

Slow Down

Please wait a moment to post another comment