banner-detik

made in indonesia

FD Little Notes: Kenapa Brand Lokal Itu Keren?

seo-img-article

#FDLocalPower-3

Agustus selalu jadi bulan Female Daily untuk memberikan apresiasi lebih terhadap brand lokal dan memberikan dukungan untuk terus berinovasi.

Nggak berasa ya tahun 2020 ini sudah masuk ke bulan Agustus lagi. Apalagi di tengah-tengah pandemi seperti ini, buat saya pribadi tuh waktu jadi berjalan cepat banget. Nggak usah jauh-jauh dari satu bulan ke bulan lain, tapi dari Senin sampai Senin lagi aja berasa cepat banget jadinya. Nah, kalau sudah ngomongin bulan Agustus, pastinya Female Daily nggak bisa lepas dari yang namanya FD Local Power, atau bulannya kami untuk mengapresiasi seluruh brand lokal yang sudah bekerja dengan luar biasa demi membuat para beauty enthusiast jadi lebih bahagia.

Bisa dibilang 5-6 tahun ke belakang itu adalah masa-masa keemasan banget buat brand kecantikan lokal ini. Mulai banyak yang bergerilya dan menyentuh hati para beauty enthusiast lewat produknya yang super keren dan juga campaign mereka. Nggak cuma karena kualitasnya yang nggak kalah sama brand internasional, tapi brand kecantikan lokal ini juga berhasil lho membuat kita merasa jadi bagian dari tumbuh kembangnya. Rasa cinta kita tuh jadi besar banget terhadap produk atau pun brand yang kita sukai ini. Bahkan nggak jarang juga kita benar-benar bisa mati-matian membela brand kesayangan karena satu dan lain hal. Die hard fan lah ibaratnya.

Brand lokal = my BFF

#FDLocalPower-4

Ada juga yang merasa, kalau brand lokal kesayangannya itu adalah sahabatnya. Karena selain berhasil bikin produk yang cocok banget sama apa yang mereka butuhkan, banyak juga brand lokal yang memiliki value luar biasa unik. Mulai dari mengajarkan bagaimana merawat diri dengan baik, nggak perlu takut untuk menua, body positivity, mencintai keunikan masing-masing, stop bullying, belajar lebih percaya diri, be brave to say no, sayang sama bumi, hingga mengajarkan kita untuk lebih mencintai diri sendiri. Campaign mereka juga nggak cuma ngomong doang sih menurut saya, karena banyak brand lokal yang juga menerapkan value mereka ini dalam kehidupan sehari-hari di kantornya. Kita akhirnya merasa sedekat itu dengan brand atau bahkan founder dari brand tersebut, dan ini jadi salah satu alasan kenapa kita bangga saat menggunakan produk-produk lokal kesayangan. Kalau sahabat kita punya karya yang keren, kita pasti bangga dong?

Sold out, sold out, sold out!

Walaupun memang awalnya brand lokal dipandang sebelah mata dan dijadikan alternatif kedua setelah brand internasional, tapi hal ini perlahan-lahan jadi tidak berlaku lagi. Bahkan kalau lagi kumpul sama teman-teman, saya pasti melihat minimal ada 3 produk lokal di dalam makeup pouch masing-masing. Mereka pun bahkan dengan terang-terangan memuji kualitasnya dan nggak malu lagi saat harus berkata lantang soal lipstik apa yang dipakainya.

Tip Belanja Efektif di Jakarta X Beauty 2019

Rasa percaya kita terhadap brand lokal ini lah yang berhasil membuat karya anak bangsa menjadi maju dan bisa bersaing dengan produk luar negeri. Saking bagus dan disukai banyak orang, sering banget saya mendengar kata sold out dari produk-produk kecantikan lokal. Dulu… jarang banget deh kayaknya saya mendengar fenomena produk lokal sold out dalam hitungan jam. Contohnya juga sudah banyak banget! Mulai dari parfum HMN Farhamptons yang sold out dalam waktu 4 jam, Harlette Face Wash & Day Cream yang diserbu kayak semut sampai gudangnya kosong, Second Date yang sampai sekarang saya sendiri juga belum pernah kebagian tiap mau beli, Avoskin PHTE dan Miraculous Refining Serum yang restock berkali-kali setiap kali acara XBeauty, Somethinc Retinol yang langsung ludes pas pertama kali launching, Make Over Powerstay Vivid Waterlite Lip Stain yang bisa dikategorikan sebagai barang langka sekarang ini, Skin Game yang baru masuk Beauty Studio juga langsung habis, dan masih banyak lainnya.

Ajaib banget sih menurut saya. Dan saya percaya, hal ini bukan hanya karena harga produk yang terjangkau saja. Tapi kualitas produk yang ditawarkan juga benar-benar bagus, sehingga membuat kita nggak ragu lagi buat menggunakannya. Kalau kalian penasaran sama brand-brand lokal keren yang pernah dibahas sama Female Daily, kalian bisa cek kumpulan artikel Brand of The Month ini. Mulai dari makeup, skincare, sampai brand parfum lokal bisa kamu temui cek satu per satu apa saja kehebatannya.

Inovasi tanpa henti

BLP BEAUTY FACE BASE DAN FACE CONCEALER 4

Bahkan di tahun yang luar biasa ini, saya juga melihat banyak banget brand yang launching produk-produk terbarunya. Ada beberapa produk skincare lokal juga yang launching di tengah pandemi, dan semuanya berjalan dengan lancar. Mereka nggak patah semangat untuk terus berkarya dan bertahan walau sama-sama menghadapi kondisi yang cukup sulit seperti sekarang. Walaupun pasti masih selalu ada keinginan dari para beauty enthusiast di Indonesia yang belum terpenuhi, tapi sejauh ini kalian juara banget sih. Saya juga yakin, kalian ke depannya akan semakin maju, semakin bisa menghadirkan skincare dengan rangkaian ingredients yang efektif, packaging yang keren-keren, makeup-makeup berkualitas, shade complexion yang jauh lebih luas, hingga parfum, hair & body care yang nggak kalah kualitasnya sama brand internasional.

Oh ya, ngomong-ngomong soal complexion, kemarin juga kan lagi seru banget tuh perdebatan soal shades yang dirasa kurang mewakili orang Indonesia yang memiliki kulit lebih gelap dari sawo matang. Kalau saya perhatikan, brand-brand makeup tersebut juga tetap berusaha menanggapi dan mendengarkan dengan baik semua masukan yang diberikan oleh kalian. Beberapa produk complexion yang baru keluar di tahun ini di antaranya adalah BLP Beauty Face Base & Concealer, Somethinc Copy Paste Breathable Cushion dengan 5 warna baru, Joylab Skintone Moisture Tint, Looke Cosmetics Holy Flawless BB Cushion, Erha Luminous Pearl BB Cushion, dan juga Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation & Concealer. Kalau kalian merasa shades dari beberapa brand ini belum ada yang cocok, coba cek 9 warna Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation yang bisa juga jadi pilihan.

Somethinc cushion arum (1)

Oh ya, in case kalian pingin tau pandangan brand lokal soal kenapa mereka belum banyak yang menciptakan shade complexion yang lebih luas, bisa coba cek interview Ochell dengan beberapa brand representatif beberapa waktu lalu. Menurut saya, pelan-pelan Indonesia bisa kok mengeluarkan shade complexion yang lebih luas nantinya. Dan sebagai beauty enthusiast yang baik, kalau kalian punya masukan, ada baiknya untuk selalu menyampaikan kepada brand dengan cara yang baik dan sopan ya 🙂

Oullu - female daily interview

Belum lagi kalau bahas lip product. Wah, ini sih opsinya benar-benar tanpa batas sih. Mau dari yang bentuknya classic lip bullet, lip cream, super matte lip liquid, sampai lip tint yang dibilang Ochell mirip sama Dior Lip Tattoo juga ada! Inovasi lainnya yang bikin saya super happy adalah pas masuk ke ranah wewangian. Karena jujur, saya jarang banget bisa suka sama parfum buatan lokal. Nggak tahu kenapa, tapi wanginya tuh beda aja sih sama parfum buatan luar. Eh tapi, pas ketemu HMNS, Carl & Claire, Oullu, Alien Objects, dan juga Gangga… langsung terkagum-kagum sih sama kualitasnya. Benar-benar nggak kalah sama parfum internasional, deh. Poppy juga sempat bikin artikel soal 5 parfum lokal yang wanginya enak buat kamu yang suka mengoleksi wewangian.

ElsheSkin Active Rejuvenating Night Serum

Ngomongin soal inovasi, saya sendiri super bangga juga sih sama salah satu brand skincare lokal yang memanfaatkan teknologi buat menciptakan personalized skincare, yaitu Base Skincare. Kamu juga bisa baca review nya yang sudah pernah ditulis Sasa di sini. Keren banget nggak sih ini! Dulu saya juga pernah coba pakai skincare yang personalized, tapi buatan Eropa. Jadi pas tahu ada brand lokal yang membuat konsep kayak gini, bangga banget sih rasanya. Kalau kalian lebih suka sama skincare yang basisnya organik, bisa cek juga salah satu brand favorit saya, Skin Dewi yang punya beragam pilihan produk dengan formula yang nggak main-main. Lalu, kalau kamu lagi bingung cari retinol, selain Avoskin dan Somethinc, produk retinol dari ElsheSkin juga bagus banget sih di kulit. Nggak berasa kering dan minim iritasi.

Wah jujurnya, kalau membahas kekerenan produk lokal tuh bisa nggak ada habisnya sih. Female Daily juga sudah banyak banget bikin artikel soal brand lokal dan kumpulan ceritanya juga bisa kamu temukan di kategori FD Local Power ini.

Nah, kalau menurut kalian sendiri, apa sih yang membuat brand lokal itu keren di mata kalian? Share di kolom komentar ya!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment