Ritual Anti-Aging Aneh: Pakai Kulit Pisang di Muka!

Cream Anti-Aging Bagus dari Brand Lokal-3

Penasaran dengan beberapa ritual aneh yang dilakukan untuk rutinitas anti-aging?

Lahir di keluarga yang penuh dengan budaya, banyak mitos maupun kebiasaan yang ditanamkan ke diri saya sejak kecil. Bertahun-tahun saya terapkan walaupun saya sendiri nggak pernah tahu apakah hal itu efektif untuk dilakukan. Seperti contohnya, menggunakan teh basi untuk mengobati jerawat, atau bahkan saya sempat dilarang melakukan shaving karena dikatakan pertumbuhan bulu akan jadi lebih tebal. Percaya nggak percaya, terkadang kebiasaan ini tetap dilakukan karena sudah ditanamkan sejak kecil oleh orangtua saya. Nah, beberapa lama ini, saya menemukan sebuah video tentang seorang Japanese Mom yang punya kebiasaan yang nggak umum sebagai ritual perawatan kulitnya. Berhubung menarik, berikut saya share sedikit tentang ritual yang dilakukan!

1. Kulit pisang sebagai skincare

bananas_1339-1198

Ternyata, beberapa orang mempercayai kalau kulit pisang bisa digunakan sebagai skincare untuk anti-aging. Kandungannya yang kaya akan potassium, vitamin A, C , E, zinc, amino acid, dan berbagai vitamin B dipercaya dapat membuat kulit jadi lebih hydrated dan moisturized. Selain itu, kulit pisang dipercaya juga mampu memberikan gentle exfoliation, melawan keriput, meratakan warna kulit, serta memiliki banyak manfaat antioksidan. Beberapa juga menggunakan metode ini untuk merawat jerawat. Cara penggunaannya simpel,, kamu tinggal gunakan bagian dalam kulit pisang kemudian gosok secara perlahan ke daerah wajah dan tubuh. Honestly, saya sendiri nggak pernah mencoba metode ini. Agak takut dan risky juga kalau-kalau ternyata eksfoliasi yang terjadi malah berlebihan! Tapi, ternyata sudah banyak orang yang mencoba metode ini, salah satunya adalah blogger dan influencer Sonia Eryka. Syaratnya, kamu harus menggunakan banana peel yang segar dan organik. Nggak mau kan, kamu mengelap kulit pisang yang penuh dengan pestisida ke seluruh wajah?

Baca juga: Rekomendasi Skincare Anti-Aging Lokal untuk Kamu Coba!

2. Onion skin tea

Uses-Onion-Garlic-Skin-Peels-i667417990

Tip skincare yang jarang banget saya dengar, tapi jadi salah satu cara unik yang dilakukan oleh Japanese Mom yang jadi viral itu adalah minum rebusan kulit bawang bombay. Bahkan, ada lebih dari 100 penelitian yang menyatakan kalau kulit bawang bombay mengandung Quercetin, sebuah flavonoid atau sejenis antioksidan yang memiliki berbagai macam manfaat kesehatan. Contohnya sebagai anti-inflammatory, peningkat imun, mengontrol gula darah dan tekanan darah, serta mampu menunda penuaan. Berikut cara merebus kulit bawang:

  1. Cuci kulit bawang hingga bersih. Pastikan sebelumnya kulit bawang sudah dijemur selama beberapa jam di bawah matahari.
  2. Letakkan kulit bawah ke dalam panci berisi air mendidih, kemudian rebus selama sekitar 15-30 menit.
  3. Angkat rebusan, kemudian tuang ke dalam gelas dengan menggunakan saringan untuk memisahkan ampas kulit bawang
  4. Enjoy!

Coba lakukan selama beberapa minggu untuk melihat hasilnya. Rasanya? Tawar!

3. Breathing exercise, yoga, tai-chi, smile!

the-10-most-important-yoga-poses-for-beginners-25270-bbaRsJ6k

Memang udah nggak usah diragukan lagi, breathing exercise dan yoga bisa meningkatkan fleksibilitas serta membuat mood jadi lebih happy. Sedangkan Tai Chi bisa memperlancar sirkulasi darah serta mengatur energy flow sehingga kamu bisa merasa lebih relaxed, tidur jadi lebih nyenyak, serta bantu mengurangi stress. Itu sebabnya, exercise ini bagus sebagai anti-aging. Jangan lupa juga live yourself a joyful life and smile a lot! A happy heart and a happy mind is the best recipe for anti-aging!

Baca juga: My Beautiful Healthy Age, Campaign Well-Aged dari Clinelle

4. Cold face roller

Wajib Punya Face Roller untuk Mengencangkan Kulit-2

Masih diperdebatkan mengenai efektivitasnya, tapi banyak yang mempercayai kalau face roller mampu memperlambat tanda-tanda penuaan pada wajah. Memijit wajah dengan menggunakan face roller dingin dipercaya mampu membantu lymphatic drainage, efek dinginnya bisa membantu mencegah wajah mengalami swelling atau bloating. Ada berbagai macam jenis face massage yang berbeda yang bisa kamu lakukan di siang atau malam hari! Tapi, jangan lupa imbangkan juga dengan menggunakan skincare yang mengandung banyak antioksidan, retinol, serta jangan lupa gunakan sunscreen setiap hari!

Nah, itu adalah beberapa rutinitas unik yang dilakukan untuk mencegah anti-aging. Gimana menurut kamu? Rutinitas mana yang ingin kamu coba? Jangan lupa komen di bawah ya!

 

Foto: Dok. www.farmersalmanac.com, freepik.com.