Kini Sephora Tidak Lagi Menjual Mink Lashes!

bulu mata palsu lokal - Arum (6) mink lashes

Atas tuntutan PETA, kini Sephora tidak lagi menjual mink lashes!

Walaupun terlihat cantik dan bisa bikin bulu mata kita jadi lebih lebat, tapi ternyata proses pembuatan mink lashes itu memiliki cerita yang menyedihkan. Karena, kalau saya baca dari penjelasan PETA, proses pembuatan mink lashes yang sering kita gunakan itu membuat mink tersiksa di dalam kandang, bahkan akhirnya bisa dikuliti dan dibunuh.

Baca juga: Tips Pasang Bulu Mata Palsu untuk Pemula

Setelah saya melakukan research dengan membaca beberapa artikel, memang banyak brand yang mengklaim kalau mink lashses mereka itu cruelty free, karena mereka memperoleh bulu mink itu dengan menyisir mink secara perlahan. Tapi ternyata, mink itu tidak bisa dipelihara karena sifatnya yang agresif, suka menyendiri dan bahkan sering berkelahi untuk mempertahankan wilayahnya. Jadi, kemungkinan mink disisir dengan baik-baik sepertinya sedikit mustahil untuk terjadi. Jadi, kemungkinan besar yang terjadi adalah, mink dimasukkan ke dalam kandang kecil, tidak diberikan akses untuk mandi bebas di air dan hidup dalam kondisi yang kotor.

Baca juga: Bikin Bulu Mata Lentik Walau Puasa Eyelash Extension!

PETA juga sempat melakukan penyelidikan di beberapa minks fur farm, mereka melihat bahwa mink yang berada di dalam kandang itu menjadi stres sehingga bergerak sangat cepat di dalam tempat yang kecil tersebut. Nggak sedikit juga minks yang akhirnya menderita karena infeksi hingga patah tulang, dan ada beberapa yang melakukan self-mutilate dengan mengigit bagian tubuhnya sendiri. Akhirnya… untuk menyudahi penderitaan tersebut mink akan dibunuh dengan menggunakan gas beracun, disetrum, hingga lehernya dipatahkan :(

Sephora1

Nah, menyikapi hal tersebut ternyata banyak sekali e-mail dari konsumen (sekitar 280.000 orang) yang memiliki kekhawatiran akan hal ini, serta kampanye dari PETA soal perdagangan bulu binatang, akhirnya Sephora memutuskan untuk tidak menjual lagi bulu mata palsu yang dibuat dari mink. Sebagai gantinya, salah satu retailer beauty terbesar di dunia ini hanya akan menjual bulu mata palsu dari bahan sintetis atau faux-fur lashes. The beauty giant now joins Tarte, Too Faced, Urban Decay, and several other brands that know that stealing an animal’s fur is ugly.

Baca juga: Cara Hapus Maskara Tanpa Bikin Bulu Mata Rontok

PETA Senior Vice President of International Campaigns, Jason Baker mengatakan kalau tidak ada perjalanan indah saat bicara soal industri yang memproduksi bulu hewan, baik itu untuk dijadikan sebuah coat ataupun bulu mata palsu. “Jika kalian membeli produk yang terbuat dari bulu mink, artinya kalian mendukung animal cruelty. Sekarang PETA sangat bahagia atas keputusan Sephora untuk mengeliminasi mink lashes dari semua store nya,” ujar Jason.

Beauty Hacks Bulu Mata Sintetis jadi Mink Lash-female daily 2

Dengan bergabungnya sebuah retailer kecantikan besar seperti Sephora ini, PETA dengan mottonya “animals are not ours to wear” berharap dan mengajak brand kecantikan lain untuk menghentikan penggunaan bulu minks saat membuat bulu mata palsu mereka. Kudos to Sephora!

Kalau kalian sendiri gimana? Masih suka pakai mink lashes kah? Atau jadi terpikir buat berhenti menggunakannya setelah tahu proses pembuatannya?