3 Aroma Essential Oil yang Cocok untuk Perempuan

Essential oil perempuan Arum (3)

Karena aromanya yang feminin dan juga fungsinya, 3 essential oil ini banyak dicari oleh perempuan!

Essential oil memang nggak mengenal gender. Laki-laki maupun perempuan, boleh menikmati aromanya. Suami saya juga suka sekali kok dengan aroma essential oil Lavender dan Lemongrass, dan sering request ke saya untuk diffuse di antara dua aroma tersebut saat di rumah.

Tapi ada tiga essential oil, yang aroma atau  manfaatnya secara spesifik banyak dicari oleh perempuan. Saya juga suka sekali lho dengan tiga essential oil ini. Buat kamu yang perempuan dan sedang ingin membeli essential oil dengan aroma yang berbeda dari yang kamu punya, mungkin tiga aroma ini bisa dijadikan pilihan ya.

Baca juga: Tips Membeli, Menggunakan, dan Menyimpan Essential Oil

1. Clary Sage Essential Oil

Essential oil perempuan Arum (6)

Essential oil Clary Sage atau Langon Kleri ini sudah lama terkenal sebagai “essential oil-nya perempuan”, karena manfaatnya yang bisa meringankan kram perut dan ketidakstabilan hormon karena gejala menstruasi. Cara pemakaiannya bisa di-dilute dengan carier oil dan kemudian dioleskan ke perut bagian bawah, di-diffuse dengan ultrasonic diffuser, atau bisa juga dihirup langsung dari botolnya untuk menikmati aromanya. Selain itu, essential oil Clary Sage juga dipercaya bisa membantu siklus menstruasi agar lebih teratur, memperlambat gejala menopouse, mengurangi stres, meredakan sakit kepala, dan meredakan kekakuan otot. Menarik sekali bukan?

Karakter aromanya adalah ringan, earthy, herbal, dan floral. Ada sensasi aroma “hijau” seperti aroma daun segar yang diremas-remas. Buat saya aromanya cukup menyenangkan. Apalagi kalau di-diffuse bersama dengan essential oil Lavender, Patchouli, atau Sweet Marjoram. Coba deh!

Baca juga: Langkah-langkah Merawat Kebersihan dan Kesehatan Area Kewanitaan

2. Grapefruit Essential Oil

Essential oil perempuan Arum (1)

Aroma citrus atau keluarga jeruk-jerukan memang selalu segar dan membangkitkan semangat. Tapi aroma essential oil Grapefruit ini punya manfaat lebih lho! Aroma essential oil Grapefruit atau jeruk bali ini dipercaya bisa menekan nafsu makan dan mengatasi sugar craving. Jadi, menghirup aroma essential oil Grapefruit dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Hmm.. cocok nih untuk yang lagi diet.

Karakter aroma essential oil Grapefruit ini menurut saya sangat menyenangkan. Aromanya fresh, sedikit tajam, citrusy, dan ada manis-manisnya. Ini adalah salah satu essential oil favorit saya, yang selalu saya stok, dan hampir setiap hari saya diffuse. Saya sendiri kurang suka mencampurkannya dengan essential oil lain, karena terlalu suka dengan aroma single essential oil Grapefruit.

Baca juga: 5 Resep Sarapan Sehat yang Gampang Dibuat Selama #DirumahAja!

3. Frangipani Essential Oil

Essential oil perempuan Arum (4)

Yang ini saya juga baru saja menemukannya. Essential oil Frangipani atau kamboja ini aromanya sangat-sangat floral, feminin, mewah, dan menyenangkan. Seolah saya sedang berada di suatu tempat spa mahal hehe. Bahkan kalau dibandingkan dengan aroma essential oil Rose atau Jasmine, aroma essential oil Frangipani ini menurut saya bahkan lebih feminin dan mewah. Saya suka sekali menghirupnya langsung dari botol, atau menjadikannya bahan DIY Reed Diffuser, atau saya dilutte dan saya jadikan pewangi tubuh. Selain aromanya memang feminin dan enak banget, essential oil Frangipani dipercaya memiliki fungsi mempertajam ingatan dan membantu fokus serta konsentrasi. Jadi cocok sekali di-diffuse di ruang kerja.

Sayangnya, belum banyak brand yang memroduksi  essential oil Frangipani ini. Untuk brand essential oil lokal, yang mempunyai produk essential oil Frangipani ini setahu saya hanya Nares Essential Oil, Natuna Essential Oil, dan Nusaroma Essential Oil. Harganya juga relatif tinggi dibandingkan dengan aroma essential oil lain dari brand yang sama.

Baca juga: Essential Oil Blend Lokal Untuk Membantu Fokus Saat WFH

 

Nah itulah beberapa essential oil yang cocok untuk perempuan karena punya manfaat terkait diet, menstruasi, dan relaksasi. Tertarik untuk mencoba salah satu dari aroma di atas? Share ceritamu tentang essential oil di kolom komentar ya!

 

Foto: Dok.Female Daily/Arum