banner-detik

skin care

Perlukah Pakai Sunscreen Setelah Menggunakan Pelembap Ber-SPF?

seo-img-article

Banyak orang masih merasa bahwa nggak perlu lagi pakai sunscreen kalau sudah pakai pelembap yang ada SPF-nya. Benar nggak sih?

Seiring berkembangnya industri kecantikan, khususnya dibidang perawatan kulit, ada sebuah inovasi dimana pelembap wajah atau moisturizer di formulasikan dengan mengandung SPF yang dapat melindungi kulit. Biasanya, perempuan yang ogah menggunakan sunscreen akan lebih memilih menggunakan pelembap wajah dengan kandungan SPF yang juga dapat melindungi kulit. Nah, sebenarnya apakah pelembap ber-SPF sama efektifnya dengan sunscreen yang memang didesain sebagai produk yang melindungi kulit?

Baca juga: Kulit Kusam Banyak Kerutan? 7 Moisturizer dengan Retinol Ini Bisa Membantu!

Sunscreen bukanlah kandungan skincare

SUNSCREEN BAGUS DAN MURAH - 4 sunscreen

Buat kamu yang menganggap pelembap ber-SPF sama seperti sunscreen, ternyata menurut Ulli Haslacher yang adalah founder dari sebuah dari brand Pour Moi Skincare, sunscreen bukanlah kandungan skincare. Menurutnya, sunscreen adalah lapisan yang sangat penting diaplikasikan pada kulit untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan harus diaplikasikan terakhir dalam tahap penggunaan skincare sebelum kita mengaplikasikan makeup

Tujuan dari diciptakannya produk sunscreen, adalah sebagai lapisan yang bantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan juga menahan agar sinar matahari tidak menyentuh permukaan kulit. Nah, SPF sendiri memang melindungi kulit dari paparan sinar matahari, namun tidak akan bisa memberikan kelembapan kulit serta melindungi kulit seperti sunscreen yang memang didesain sedemikian rupa. 

Baca juga: Suka yang Praktis? Ini 10 Sunscreen Stick dan Spray yang Bisa Kamu Coba!

Jadi, apakah pelembap ber-SPF dapat melindungi kulit seperti sunscreen?

Portrait of white woman doing her daily skincare routine sunscreen

Jawabannya adalah bisa iya, bisa tidak. Sunscreen bekerja untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dengan sebuah takaran tertentu, atau minimal dua jari penuh. Sedangkan untuk pelembap dengan kandungan SPF, tugas utamanya adalah melembapkan kulit dan kemudian ditambahkan kandungan SPF yang juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pertanyaannya, agar kulit terlindungi maksimal, apakah kalian akan menggunakan moisturizer sebanyak dua jari penuh?

Walaupun sepertinya pelembap ber-SPF memiliki dua fungsi, ternyata untuk memberikan efek perlindungan yang setara dengan sunscreen, kita harus mengaplikasikannya dengan jumlah yang sama, yaitu dua jari penuh atau sekitar 1/4 sendok teh. Jadi, di saat kita menggunakan pelembap dengan SPF tapi tidak menggunakan takaran yang tepat, maka otomatis hasil dan perlindungannya tidak akan maksimal.

sunscreen

Selain itu, formula sunscreen juga biasanya sudah melalui uji coba tahan air atau water resistant, sementara pelembap tidak. Jadi, kalau kamu mau beraktivitas di luar ruangan, berenang, atau olahraga, ada baiknya untuk memilih sunscreen untuk bantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Baca juga: 3 Rekomendasi Sunscreen Nggak Lengket Buat Kulit Kombinasi

Jadi, boleh nggak skip sunscreen saat pakai pelembap yang memiliki SPF? Well, dengan segala plus dan minus-nya, menggunakan pelembap ber-SPF tanpa dilapisi lagi dengan sunscreen juga bisa jadi tindakan pencegahan yang baik. Bahkan, menggunakan pelembap ber-SPF lebih baik dibandingkan tidak menggunakan sunscreen sama sekali. Tapi yang jelas, jangan sampai lupa untuk tetap re-apply ya!

Rekomendasi sunscreen anti-lengket yang bisa digunakan sehari-hari

Kalau kamu mengeluhkan sunscreen yang pernah kamu gunakan terasa lengket sehingga membuat kamu enggan menggunakannya, saya ada beberapa rekomendasi sunscreen yang bisa kamu gunakan nih. Produk yang saya sebutkan ini sudah pernah saya pakai di kulit saya yang normal cenderung berminyak dan tidak terasa lengket. 

Biore UV Aqua Rich Watery Gel

sunscreen

Ini adalah salah satu produk drugstore yang cukup disukai para beauty enthusiast. Kandungan SPF-nya sangat cukup digunakan untuk sehari-hari yaitu SPF 50 PA ++++, dengan formula Micro Defense yang bisa bantu melindungi kulit dari sinar UVA & UVB secara maksimal. Teksturnya juga ringan dan melembapkan, karena ada teknologi water capsule di dalamnya. Produk ini bisa kamu beli di Tokopedia dengan mudah. Plus, harganya lagi diskon, lho!

Baca juga: Pilih Mineral atau Chemical Sunscreen? Mana yang Lebih Eco-Friendly?

Azarine Cosmetics Hydrasooth Sunscreen Gel SPF45+++

sunscreen

Sunscreen yang harganya nggak sampai 75 ribu ini jadi favorit banyak orang, sampai tahun lalu pun menang di Female Daily Best of Beauty Award! Size nya besar, formulanya nyaman, teksturnya ringan, dan nggak berasa lengket pas digunakan. Menurut saya ini, pas banget sih dipakai pas udara lagi super panas kayak sekarang. Formulanya juga bebas dari minyak, alkohol dan silkon. Selain itu, ada kandungan aloe vera-nya juga yang bisa bantu menenangkan kulit dengan baik. Kalau kamu penasaran sama yang satu ini, bisa langsung check out di sini ya!

Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Milk

 

Sudah nggak perlu diragukan lagi, sunscreen yang satu ini juga banyak banget yang suka. Salah satunya adalah Kae Pratiwi yang benar-benar nggak pernah skip pakai produk ini saat dia beraktivitas di bawah sinar matahari yang super terik. Teksturnya lembut, ringan, milky, mudah meresap, dan nggak bikin lengket walau dipakai saat kita beraktivitas di pantai, olahraga atau beragam kegiatan outdoor lainnya. Bahkan, produk ini juga bagus banget untuk dijadikan makeup primer. Psst… produk ini juga lagi ada promo bundling dengan versi spray nya dengan harga yang menarik banget loh.

Lacoco Daily UV Counter Gel SPF 50 PA++

Small but mighty! Sunscreen dari Lacoco ini diformulasikan tanpa silikon, nggak menimbulkan white cast, melembapkan dengan baik, dan tidak lengket di kulit. Di dalamnya ada kandungan squalane, niacinamide, serta ekstrak licorice, sehingga bisa bantu melembapkan, mencerahkan, sekaligus kaya akan antioksidan untuk kulit. Pas banget sih buat kamu yang memang mencari sunscreen dengan ekstra skincare benefit di dalamnya. Belum punya? Coba deh langsung beli di sini.

 

Foto: Freepik.com, L’Oreal Paris, Biore, Jarte.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment