banner-detik

fitnfab

6 Pilihan Comfort Food untuk Membantumu Tidur di Malam Hari

seo-img-article

TIPS TIDUR NYENYAK DI MALAM HARI - 550

Beberapa makanan ini bisa membuatmu tidur lebih nyenyak!

Salah satu tantangan menjelang new normal adalah memperbaiki jam tidur. Berhubung beberapa dari kita sudah terbiasa tidur larut malam, bahkan hingga subuh. Itu sebabnya mengonsumsi sedikit comfort food sebelum jam tidur, akan membantu kamu mengantuk! Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu kamu mengantuk di malam hari.

1. Oatmeal

SKINCARE OATMEAL 1

Selain jadi ingredients yang sangat baik untuk acne-prone and sensitive skincare, oatmeal adalah comfort food yang tepat untuk membantu kamu tidur di malam hari. Oatmeal mengandung melatonin, hormon yang memberi sinyal ke otak kapan saatnya untuk tidur sehingga menyebabkan kantuk. Oatmeal adalah serat yang terbuat dari tumbuhan Haver atau Avena Sativa. Avena Sativa dikenal sebagai obat tradisional herbal yang bisa menenangkan serta memberi nutrisi bagi sistem saraf yang kelelahan. Selain itu, oats juga mengandung karbohidrat kompleks dan vitamin B6, yang membantu menghantar tryptophan dan serotonin di otak yang bisa membantu dirimu mengantuk. Coba konsumsi 4 sendok makan oat sebelum tidur, you’ll feel sleepy right after!

Baca juga: Skincare & Bodycare Lavender Buat Bantu Tidur Nyenyak

2. Montmorency Cherries

LIP BALM CHERRY 1

Montmorency adalah jenis ceri yang mengandung lebih banyak melatonin dibandingkan jenis ceri lain yang bisa kamu dapatkan di supermarket. Jenis ceri ini berwarna merah terang, biasanya digunakan sebagai hiasan di kue tart. Cobalah makan sekitar 5 buah ceri ini di malam hari untuk membantumu tidur. Kamu juga bisa coba mengonsumsi montmorency cherries dalam bentuk juice, maupun yang sudah diolah menjadi selai atau jam.

Baca juga: Tips Memperbaiki Jam Tidur Menjelang New Normal

 3. Biji Labu

pumpkin-seed

Camilan biji-bijian juga salah satu pilihan comfort food yang tepat untuk membantumu tidur di malam hari. Salah satunya adalah biji labu. Biji labu atau pumpkin seeds mengandung ekstra tryptophan, yang dicerna menjadi serotonin (molekul yang dapat membantu tidur), kemudian diubah menjadi melatonin yang dihantar ke otak untuk membantu tidur.

4. Chamomile Tea

TEH CHAMOMILE - 5

Chamomile tea adalah salah satu teh terbaik untuk mengatasi inflamasi, anxiety, bahkan insomnia. Chamomile tea mengandung antioksidan penenang bernama apigenin yang mampu memberikan efek penenang pada tubuh. Itu sebabnya, segelas chamomile tea sebelum kamu tidur adalah salah satu cara terbaik untuk membantumu tidur.

5. Almond

bitter almond mandelic acid

Almond juga merupakan contoh comfort food yang mengandung banyak melatonin. Satu porsi almond utuh 1 ons (ons) juga mengandung 77 miligram (mg) magnesium dan 76 mg kalsium, dua mineral yang dapat membantu meningkatkan relaksasi otot dan tidur. Almond juga merupakan camilan malam yang sehat, karena mengandung lemak baik, dan rendah akan gula dan lemak jenuh.

Baca juga: Sering Mengalami Pipi Bloated atau Perut Buncit? Berikut Cara Mengatasinya!

6. Susu Hangat

comfort food

Kalau kamu kesulitan tidur, coba minum segelas susu hangat. Susu mengandung 4 kandungan yang membantu tidur: tryptophan, calcium, vitamin D, and melatonin. Kalau kamu concern soal berat badan, kamu juga bisa gunakan low-fat milk. Jadikan minum susu hangat comfort food sebelum tidur, kamu akan merasa lebih relaks dan tidur jadi lebih nyenyak!

So, berikut adalah beberapa comfort food yang bisa kamu konsumsi sebelum tidur. Gimana dengan kamu? Ritual sebelum tidur apakah yang biasanya kamu lakukan? Share di komen ya!

 

Foto: Dok. freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment