banner-detik

korean corner

Yuk, Contek Makeup Aktris K-Drama yang Terlihat Natural

seo-img-article

Han So Hee

Penasaran cara makeup aktris K-drama? Berikut ini adalah tahapannya yang ternyata mudah banget dan bisa dilakukan sekarang juga!

Bagi penggemar K-drama seperti saya, terkadang saya tuh suka heran sendiri dengan aktris dan aktor di Korea Selatan. Setting drama yang menyerempet kehidupan sehari-hari membuat sang aktris dan aktor harus tampil senatural mungkin, bahkan lebih natural dari no-makeup makeup look. Saya sempat berpikir, ah mungkin mereka memang kulitnya bagus sekali ya? Sampai gak perlu pakai makeup saat shooting. Namun, setelah mencoba mencari tahu di Google, saya kaget sendiri karena ternyata saat shooting mereka sama sekali gak bare face!

13373751_f520

Jang Na Ra versi makeupan vs bare face

 

Saya terus mencari tahu, salah satu berita yang saya baca adalah pengakuan makeup artis Son Ye Jin yang melakukan dua gaya makeup sekaligus pada Son Ye Jin saat syuting Crash Landing On You–yaitu makeup natural saat Yoon Se-Ri berada di Korea Utara dan makeup glamor saat Yoon Se-Ri berada di Korea Selatan dengan status chaebol-nya. Sayangnya, MUA Son Ye Jin tidak memberitahukan secara pasti teknik makeupnya sampai saya menonton video K-drama makeup milik Jung Saem Mool!

Setelah dirunut, saya bisa membagikan tahapan mudah makeup natural ala aktris K-Drama dengan tahapan sebagai berikut:

Base

Makeup artist di Korea Selatan membagi wajah menjadi 3 zona sesuai dengan ketebalan kulit, yaitu V zone di area pipi dan dagu, Star zone yaitu hidung-area di antara kedua alis-bawah kelopak mata-garis senyum, dan T zone. Sebelum menggunakan foundation, aplikasikan dahulu color corrector di area yang tampak gelap, kusam, dan kemerahan. Pada area bawah mata, berikan color corrector berwarna peach atau orange dengan cara ditotolkan saja, iya, tidak perlu dibaurkan cukup ditotol saja. Begitu pula di area yang kusam, berikan color corrector berwarna lavender dengan cara ditotol. Area pipi atau bagian yang cenderung tampak merah juga ditutupi dengan color corrector berwarna hijau.

sonyejin

Son Ye Jin tanpa makeup dan dengan makeup, gak kelihatan beda jauh ya?

Selanjutnya, aplikasikan foundation di V zone terlebih dahulu karena bagian tersebut merupakan bagian kulit yang paling tebal dan cenderung lebih kering. Setelah itu beralih ke star zone dengan menggunakan sedikit foundation tambahan. Namun, di bagian t-zone gunakan aplikator saja tanpa menambah foundation. Sejujurnya teknik seperti ini sudah sering saya lihat pada teknik makeup Violette yang anti pakai foundation di hidung! Penggunaan concealer? Hanya diperlukan di area yang betul tertutup dengan sempurna dan dilakukan dengan gerakan menepuk halus sampai noda benar-benar tertutup.

Han So Hee

Han So Hee versi bare face dan makeup saat shooting

Contour? Apa itu contour? Di dalam K-Drama, selain para aktris dan aktor telah melakukan diet ketat untuk menjaga berat badan, ternyata para aktris juga tidak menggunakan contour sama sekali. Gantinya, makeup artist akan ‘menghapus’ foundation di area yang butuh di-‘contour’ dengan beauty sponge.

Nah berbeda dengan makeup pada umumnya yang menggunakan loose powder terlebih dahulu, Jung Saem Mool justru menggunakan compact powder terlebih dahulu. Pastinya sih tidak menggunakan compact powder dengan kandungan foundation atau two way cake ya! Mungkin kamu bisa menggunakan Rose All Day The Realest Lightweight Compact Powder atau Charlotte Tilbury Airbrush Flawless Finish Setting Powder dengan menggunakan brush dan gerakan menepuk. Iya, semuanya harus ditepuk perlahan! Fokuskan pada area T-zone, starzone, dan biarkan V-zone tanpa bedak apapun untuk efek ~glowing~ yang alami. Selanjutnya di bagian cuping hidung, barulah ditambahkan loose powder yang menyerap minyak berlebih dan cenderung mudah cakey. Blush? Bronzer? Skip!

Eye

Selanjutnya beralih ke makeup mata. Jung Saem Mool mengaplikasikan eye primer ke seluruh bagian mata, bukan hanya di kelopak. Selain membuat makeup mata lebih rata, juga membuat warna kulit area mata lebih rata. Untuk eyeshadow, gunakan warna eyeshadow yang paling mendekati dengan warna kulit untuk memberikan kesan contour yang alami. Ohiya, eyeshadow ini diaplikasikan ke kelopak dan bagian bawah mata ya. Untuk di bagian outer v, aplikasikan eyehadow matte berwarna cokelat untuk memberikan kesan mata ~sendu~ alias kayak kecapekan tapi cantik gitu! Hahahahahaha! Penggunaan eyeliner juga penting banget, hanya saja harus setipis mungkin dan pilih warna cokelat agar terlihat lebih alami.

SongHyeKyo

Lihat eye makeup Song Hye Kyo, eyeliner tipis saja merubah overall look ya!

 

Untuk bulu mata, wajib menjepit bulu mata hingga tampak lentik. Pakai maskara dan bulu mata biar cetar? Impossible, sayang. Kamu cuma bisa pakai maskara yang sudah dibersihkan dengan tisu lalu oles tipis-tipis agar terlihat seperti bulu matamu saja–padahal bulu mata orang Asia kan termasuk pendek dan lurus ya? Alis pun hanya diisi dengan pensil alis di bagian yang bolong! Brow mascara? Nggak perlu!

Lips

Untuk makeup bibir, rasanya kita salah menilai bahwa aktris K-drama selalu menggunakan lip tint. Kenyataannya, untuk tampilan super natural, aktris hanya diberikan tinted lip tint dan diblot untuk menghilangkan glossy-nya. Sedangkan untuk tampilan sehari-hari, menggunakan blotted lipstick. Pemilihan warna juga menjadi sangat penting, yaitu hanya menggunakan lipstick MLBB untuk adegan sehari-hari dan warna yang lebih menyalak seperti coral untuk tampilan glamor. Lip gloss juga digunakan kok, hanya saja biasanya digunakan di agedan yang dramatis dan itu pun tipis-tipis ya!

news-00113927-kim-go-eun

Kim Go Eun terlihat lebih fresh dengan sedikit lip tint dan lip gloss

 

Gimana, sebenarnaya tidak terlalu sulit kan? Hampir mirip dengan no-makeup makeup yang biasa kita lakukan sehari-hari, hanya saja teknik yang digunakan lebih lembut dengan gerakan menepuk. Jujur nih, ngeliat modelnya di-makeup-in aja bikin ngantuk karena selembut itu! Untuk hasilnya nggak bohong sih, keliatan fresh, keliatan cantik, keliatan kayak one million dollar baby banget 😀 Menurut saya, sesekali boleh deh dicoba makeup ini supaya kamu ngerti caranya bikin makeup aktris K-drama! Good luck!

Foto: Dok. Song Hye Kyo’s Instagram, Koreaboo, KpopMag, Korea Herald, Celebgossipzone dengan suntingan penulis.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment