banner-detik

editors note

Hal yang Harus Disiapkan untuk Wisuda Virtual

seo-img-article

wisuda virtual

Jangan sedih dan kecil hati, karena wisuda virtual juga bisa dijadikan hal yang paling memorable buat kamu yang mengalaminya!

Ada yang beda di tahun 2020 ini. Selain memang kita jadi memiliki keterbatasan untuk bertemu langsung, ataupun jalan-jalan ke tempat umum, para mahasiswa dan juga pelajar SMP serta SMU nggak bisa melakukan wisuda secara langsung. Wisuda virtual itu tentunya menimbulkan perasaan yang campur aduk. Walaupun memang kalian tetap akan lulus dari sekolah ataupun universitas, tapi tetap ada yang terasa kurang dari wisuda virtual ini. Mulai dari nggak merasakan kelas terakhir bersama teman-teman, hingga nggak bisa melakukan perpisahan sambil meluk teman-teman satu angkatan.

Tapi saya harap teman-teman angkatan 2020 ini juga menyadari bahwa, kalian adalah angkatan yang luar biasa lho. Selalu ada untuk satu sama lain dan saling menguatkan saat berada di tengah-tengah situasi seperti ini. Saya harap, dengan banyaknya media yang menampilkan konten Class of 2020, kalian juga bisa lebih semangat. Karena kemarin saya lihat juga cukup banyak tokoh luar biasa di YouTube yang memberikan speech supaya kalian bisa tetap semangat dan nggak melihat keadaan ini dari sisi negatifnya saja.

Nah, kalau kalian juga termasuk angkatan yang harus melakukan wisuda virtual, ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan, supaya wisuda kali ini menjadi sebuah hal yang paling memorable!

1. Pastikan sambungan internet lancar

wisuda virtual

Karena wisuda virtual ini akan dilakukan dengan menggunakan aplikasi telekonferensi yang nantinya akan ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi, maka kalian harus memastikan sambungan internet lancar. Hal ini buat menghindari siaran yang terputus-putus saat acara wisuda LDR ini dimulai. Siapa tahu kalian juga mendapatkan sebuah penghargaan sebagai lulusan terbaik dan harus melakukan speech, maka ada baiknya untuk memastikan sambungan internet tidak akan membuat speech kalian tidak bisa disampaikan dengan baik kepada semua peserta wisuda virtual nanti.

2. Kelengkapan wisuda sudah diterima

wisuda virtual

Walaupun kalian akan melaksanakan wisuda virtual di rumah masing-masing, tapi pastikan sekolah atau universitas kalian sudah mengirimkan dokumen dan toga sebagai kelengkapan untuk merayakan kelulusan. Dari beberapa sumber yang saya baca, kalau biasanya pemindahan tali toga wisudawan dilakukan oleh kepala sekolah atau rektor, maka di wisuda virtual ini orangtua atau wali kalian lah yang akan membantu memindahkan tali tersebut. Jadi, pastikan orangtua/wali kalian juga sudah siap saat acara wisuda dimulai.

3. Nggak perlu jasa makeup artist

10 Hal Paling Menyebalkan yang Dialami Makeup Artist 2

Kalau biasanya makeup artist sudah susah banget dicari pas H-7 wisuda, sekarang kamu nggak perlu khawatir akan menghadapi hal tersebut. Wisuda virtual tentunya akan mempermudah kalian untuk dandan sendiri tanpa perlu bantuan makeup artist. Kalau kalian masih bingung atau belum terbiasa buat makeup sendiri, cek beberapa rekomendasi makeup minimalis di YouTube Female Daily, atau gunakan kuncian yang selalu saya lakukan saat virtual meeting. Wear your powerful lipstick! Karena saat kita tatap muka di balik aplikasi telekonferensi, biasanya resolusi gambar juga nggak akan terlalu jernih. Jadi, buat kalian yang nggak terbiasa untuk makeup sendiri, lipstik dengan warna yang bold bisa jadi salah satu jalan keluarnya. Ochell juga sempet kasih rekomendasi soal lipstik yang bagus buat dipakai virtual photoshoot. Kalau kalian masih punya waktu buat cari lipstik baru, bisa langsung cek Beauty Studio by Female Daily juga nih buat belanja lipstik yang paling pas.

Tapi, kalau kalian tetap ingin menggunakan makeup artist, pastikan kalian benar-benar mengenal orangnya, dan jangan lupa untuk meminta makeup artist kalian agar selalu menerapkan aturan pencegahan COVID-19 (pakai masker, face shield, hingga sarung tangan, dan semua alat yang digunakannya steril).

4. Parade kecil dari dalam mobil

wisuda virtual

Tanpa harus melanggar aturan physical distancing, kamu boleh kok melakukan parade kecil dari dalam mobil. Tapi ingat ya, jangan sampai mengumpulkan banyak orang untuk kegiatan ini. Hal ini mungkin bisa kamu lakukan dengan sebatas mengendarai mobil ke rumah teman yang tinggal di area berdekatan dengan kalian tanpa turun dari mobil. Atau bisa juga mengunjungi sahabat untuk memberikan ucapan selamat dengan menerapkan jarak aman dan peluk jauh tanpa perlu bersentuhan. Kalian juga bisa menghias mobil dengan sedikit balon untuk membuat suasana jadi terasa lebih meriah.

5. Bikin foto yang unik

Tips Virtual Photoshoot dari Michael Cools-2

Michael Cools jadi salah satu fotografer yang mempopulerkan virtual photoshoot

 

Karena nggak bisa melakukan foto dengan menggunakan kebaya serta toga di studio foto, ada alternatif lain yang bisa kalian pilih. Mengontak fotografer untuk melakukan virtual photoshoot untuk mengabadikan momen wisuda ini bersama keluarga, atau sedikit niat dengan menghias rumah sebagai lokasi foto bersama. Lucu juga kan kalau kalian punya foto wisuda yang unik dan bebeda dari angkatan lainnya. Oh ya, kalau kalian memutuskan untuk meminta jasa forografer untuk melakukan virtual photoshoot, coba cek beberapa tips dari Michael Cools supaya bikin sesi pemotretan kalian jadi lebih maksimal! Psst… saya juga yakin sih pasti banyak fotografer yang mulai menawarkan jasa virtual photoshoot buat wisuda virtual ini.

Itu dia beberapa hal yang bisa kalian lakukan supaya wisuda virtual ini jadi lebih maksimal. Saya juga ingin mengucapkan selamat buat teman-teman yang lulus dan menjadi angkatan 2020 ini, karena kalian semua hebat bisa menjalani dan melewati semua tantangan yang hadir di tahun ini. Kalian semua juga pasti nggak akan kalah sama angkatan-angkatan lainnya. Happy graduation!

 

 

Foto: Dok. Female Daily, Dok. Freepik, Dok. Kate Mangostar for Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment