banner-detik

haircare

3 Sampo Drugstore Bebas Silikon

seo-img-article

drugstore sampo non silikon Arum (4)

Untuk yang sedang mencari sampo silicon-free, berikut adalah 3 sampo drugstore tanpa kandungan silikon.

Saya menghindari silicone pada sampo yang saya pakai, sejak saya menyadari bahwa kandungan ini membuat kulit kepala saya mudah gatal dan berketombe. Dulu cukup susah mencari sampo dengan kriteria yang saya mau. Ada sih beberapa produk lokal, yang sudah menyediakan silicone-free shampoo, tapi kebanyakan harus dibeli online, seperti misalnya Sensatia Botanicals Shampoo. Tapi kalau sekarang, sudah ada beberapa pilihan sampo dengan kandungan yang bebas silicone, yang bisa dengan mudah dibeli di drugstore seperti Guardian/Watsons.

Berikut adalah 3 sampo yang ingredient-nya sudah bebas dari Silicone, yang bisa kita beli di drugstore:

Baca juga: Kelebihan Silicone Free Shampoo

drugstore sampo non silikon Arum (6)

Moist Diane Extra Smooth & Straight Shampoo

Moist Diane adalah brand dari Jepang. Kalau masuk ke drugstore, kemasan Moist Diane ini adalah yang paling eye catching dan langsung terlihat, karena besar dan terkesan luxurious. Melihat produk ini di rak kamar mandi,  otomatis bikin saya memakai produk yang mewah. Padahal harganya hanya Rp130.000 saja untuk 450 ml!

Selain kemasannya, saya juga langsung tertarik dengan klaim “Non Silicone, Sulfates & Parabens, Colour-Safe“, yang dipajang besar dengan menggunakan stiker pada botol produknya. Dan setelah saya membaca ingredient-nya, produk ini memang bebas silicone. Namun sebagai surfaktan Moist Diane, menggunakan Sodium C14-16 Olefin Sulfonate, yang juga bisa berpotensi mengiritasi seperti halnya SLS/ SLES. Jadi mungkin untuk yang kulit kepalanya super sensitif, bisa berhati-hati, ya.

Kulit kepala saya sebenarnya tidak terlalu bermasalah dengan sulfat, namun memang sangat bereaksi dengan silicone. Dan sejauh saya memakai produk ini, saya merasa nyaman-nyaman saja. Sampo tidak membuat kulit kepala saya mudah gatal karena memang formulanya silicone-free. Saya juga merasa sampo ini nggak bikin rambut saya kering, mungkin karena kandungan Argan Oil dan Keratin-nya. Dan selama pemakaian, warna rambut saya juga tidak memudar.

 drugstore sampo non silikon Arum (2)

Good Virtues Co. Happy & Heavenly Healthy Hair & Scalp Shampoo

Kalau Moist Diane kemasannya terkesan elegan, Good Virtues Co ini temanya lebih ceria. Saya suka keduanya sih kalau soal kemasan. Produk ini tidak mengandung silikon, yang mana merupakan salah satu kriteria sampo yang saya cari. Hanya saja saya sedikit bingung dengan klaimnya yang free from SLES dan ALES, namun di urutan kedua dalam ingredient list-nya tertera Ammonium Lauryl Sulfate/ ALS, yang setahu saya lebih hars dari ALES, bukan?

Sampo ini punya aroma floral yang sangat lembut. Saya sendiri suka dengan aromanya, karena nggak bertabrakan dengan aroma produk perawatan rambut saya yang lain. Formulanya sedikit susah untuk dibusakan, namun mudah dibilas dan masih nyaman kok digunakan. Overall saya nggak ada masalah selama menggunakan sampo ini. Kulit kepala saya terasa bersih, nggak gatal, dan rambut juga terasa lembut.

Baca juga: Ini dia 3 Sampo Lokal Yang Silicone-Free!

 drugstore sampo non silikon Arum (1)

Botaneco Garden Organic Argan & Virgin Olive Oil Shampoo

Dari namanya terdengar sangat menjanjikan ya? Produk ini mengandung 100% eco-certified organic argan oil dari Morroco, dan Virgin Olive Oil dari Spanyol, yang menjanjikan rambut tidak kaku dan mudah diatur. Botolnya berwarna hijau seperti buah zaitun, dan aromanya juga sangat-sangat enak. Saya suka sekali aroma produk ini. Fresh, green, namun sangat soft dan menenangkan.

Sampo ini tidak mengandung silikon, sulfat, dan alkohol. Namun formulanya lumayan berbusa. Yang saya rasakan setelah memakai sampo ini,  kulit kepala saya sangat-sangat bersih, namun ujung rambut terasa sedikit kering. Tapi masih bisa ditolerir kok dengan penggunaan conditioner, dan srta hair vitamin. Untuk pengaruhnya terhadap warna rambut, saya belum bisa banyak bilang, karena saya baru memakai produk ini 4 kali. Tapi saya benar-benar berharap sampo ini bisa saya gunakan seterusnya, karena di antara ketiganya, saya paling suka dengan produk ini. Saya suka aroma dan feel-nya di kulit kepala saya.

Nggak bingung lagi kan sekarang, kalau mencari free-silicone shampoo? Karena di drugstore pun sudah ada lumayan banyak pilihannya.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment