banner-detik

makeup

Trik Pakai Foundation yang Lagi Viral untuk Makeup Lebih Flawless

seo-img-article

Tiga Tips Mudah Memilih Warna Foundation-4

Banyak jalan menuju makeup yang flawless. Nggaak perlu jadi make up artist dengan skill dan jam terbang tinggi buat mendapatkan hasil makeup yang seolah-olah bak filter Instagram di real life. Kamu cuma butuh foundation yang tepat dan beberapa trik sederhana.

Memilih foundation yang benar-benar pas tuh terkadang bagaikan memilih pasangan: kadang sulit dan harus hati-hati. Apa lagi saat kegiatan beli-membeli foundation ini hanya bisa dilakukan secara online seperti sekarang. Memilih foundation jadi lebih menantang, sebab kamu nggak bisa nyobain langsung produknya. Better baca dulu tips memilih foundation pas belanja online ini.

Namun memilih foundation bukan cuma soal warna yang tepat. Salah pilih warna foudie bisa kamu akali dengan trik pakai foundation yang ada di artikel berikut. Yang lebih susah lagi adalah nemuin foundie yang blendable, nggak cakey, longlasting dan memberikan efek kulit yang matte atau dewy sesuai ekspektasi kamu sekaligus. 

Nah, banyak trik pakai foundation yang viral di dunia maya dan mungkin bisa membantu kamu agar foundie jadi lebih bersahabat dan proses makeup jadi lebih gampang.

Baca juga: Gimana Supaya Foundation Pas dengan Undertone Kulit?

Teknik Bakar Foundation/Teknik Sosis Bakar

trik pakai foundation yang viral

Beberapa bulan lalu Tasya Farasya membahas satu teknik pengaplikasian foundation yang unik ini di YouTube channel-nya. Teknik Sosis Bakar ini diklaim dipelopori oleh seorang MUA asal Bandung, dan ternyata teknik ini sudah lumayan banyak dilakukan oleh MUA-MUA profesional. 

Sesuai namanya, teknik ini merupakan metode pengaplikasian foundation dengan cara dibakar. Dengan menggabungkan dua atau lebih foundation yang kamu punya, yang kemudian dibakar sambil diaduk di atas sendok (yang bersifat konduktor pastinya) sampai foundie tercampur sempurna dan muncul gelembung-gelembung kecil seperti air mendidih. Campuran foundie yang sudah dibakar ini harus langsung diaplikasikan ke kulit. 

trik pakai foundation yang viral 2

Foundation hack ini katanya bikin foundation tercampur lebih sempurna dibandingkan ketika nggak dipanaskan. Selain itu, teknik ini disebut bikin foundie lebih gampang di-blend dan tampilannya jadi lebih matte dan menempel di kulit lebih sempurna. Teknik sosis bakar ini juga disebut bikin foundie lebih tahan lama. 

Sounds promising buat kulit oily yang sering ngeluh karena makeup nggak tahan lama. Trik pakai foundation viral ini bisa jadi trik praktis ketika kamu ingin hasil makeup yang matte, tapi cuma punya stock foundie dengan finishing yang dewy. Sebelum Teknik Sosis Bakar ini jadi viral, beberapa MUA sudah lama menerapkan cara memanaskan foundation dengan menggunakan blow dryer agar foundie lebih mudah tercampur dan dibentuk serta diratakan di kulit.

Powder Before Foundation

trik pakai foundation yang viral 3

Kalau kamu aktif di TikTok, mungkin kamu bakalan sering lihat banyak makeup hacks unik di platform video singkat tersebut. Salah satu makeup hack yang populer di TikTok adalah teknik Powder Before Foundation. Teknik ini sebetulnya simple aja, yakni dengan mengaplikasikan makeup seperti biasa tapi dengan urutan yang terbalik.

Urutan pengaplikasiannya menjadi sebagai berikut: diawali dengan moisturizer, kemudian sapukan translucent powder, kemudian kunci dengan setting spray. Setelahnya, baru gunakan primer dan foundation. Translucent powder dapat diratakan diseluruh area wajah, atau hanya di area T Zone yang cenderung lebih oily di kulit kombinasi. 

Review Wardah Perfect Bright BB Powder

Trik pakai foundation ini jadi viral di dunia maya dan mendapat banyak reaksi postif dari mereka yang sudah mencoba. Para beauty influencer yang sudah bereksperimen dengan teknik ini kebanyakan puas dengan hasil pengaplikasian makeup dengan urutan yang terbalik ini. Teknik ini disebut dapat membuat tampilan makeup jadi lebih halus dan pori-pori benar-benar tersamarkan. Like smooth skin without Instagram filter! Basically, mengaplikasikan makeup dengan urutan seperti ini membantu mengontrol sebum di kulit dan meratakan tekstur, sehingga lapisan foundie di bagian paling atas menjadi lebih halus

Lihat juga: Intip 5 Rekomendasi Foundation Bagus untuk Kulit Gelap!

Teknik ini jadi andalan bagi kamu yang memiliki produksi sebum berlebih dan sering bermasalah dengan makeup yang gampang geser, atau buat kamu yang punya problem dengan tampilan pori-pori yang masih jelas sekalipun sudah menggunakan primer. Kalau kamu ingin memeroleh makeup yang full coverage, cara ini mungkin bisa kamu coba. Namun, teknik ini kayaknya nggak bakal cocok buat kamu yang prefer makeup sheer dan nggak terlalu tinggi coverage-nya, atau jika kamu mengharapkan finish yang dewy

Yoga Skin Makeup

trik pakai foundation yang viral 4

Yoga dipercaya punya manfaat dalam meremajakan dan membuat kulit sehat sehingga tampak glow from within. Kamu ingin tampilan kulit sehat ala yoga skin tapi nggak bisa ikutin gerakan-gerakan yoga? Calm, babe, cause you don’t need to. Kamu bahkan nggak butuh yoga mat sekalipun!

Kamu bisa saja mendapatkan tampilan kulit sehat dan segar seperti rajin yoga dengan foundation hack yang dipopulerkan oleh MUA dan beauty content creator asal UK, Sara Hill. Banyak orang yang menginginkan kulit yang tampak radiant dan glowy, tapi kulit kita nggak bisa tetap glowing setiap waktu, sekalipun sudah maintain 10 tahap skincare routine setiap harinya. Karenanya Sara Hill bikin makeup hack ini agar siapa saja bisa punya kulit yang terlihat bercahaya dari dalam lewat makeup.

Caranya pun cukup gampang, kok! Yang kamu butuhkan untuk menghasilkan makeup finish yang healthy, glowing, hydrated, radiant, sheer dan tetap terlihat natural ini adalah silicone-free primer, water-based liquid foundation dengan covergae yang sheer to medium, face oil, dan strobbing cream atau liquid highlighter.

Tahapannya dimulai dari cleansing seperti biasa untuk membersihkan kulit dan mempersiapkan kulit dengan skincare seperti biasa. Hydrating toner dan sunscreen yang mengandung pelembap sudah cukup untuk kulit normal. Pemilik kulit kering mungkin butuh kelembapan ekstra dengan menambahkan moisturizer. Setelah skincare menyerap dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan primer.

Review Bobbi Brown Intensive Skin Serum Foundation-8

Campurkan tiga sampai empat pump liquid foundation bersama satu tetes face oil dan satu tetes liquid highlighter. Lalu, kamu tinggal mengaplikan campuran foundie ke wajah dengan menggunakan tangan sambil memijat. Ya, Sara Hill memang merekomendasikan pengaplikasian dengan hanya menggunakan tangan. Menurutnya, pengaplikasian dengan menggunakan tangan sambil memijat wajah dapat melancarkan sirkulasi darah di wajah. 

Sara merekomendasikan untuk menggunakan highlighter berbuansa gold, tapi menurut saya, akan lebih baik jika warna highlighter disesuaikan dengan skin tone agar warna lebih menyatu dengan kulit dan lebih natural. Misalnya highlighter dengan warna fair pink untuk warna kulit terang, champagne gold dan gold untuk warna kulit medium dan gelap. Penggunaan face oil sebagai campuran foundie pun perlu diperhatikan. Banyak banget jenis face oil dan nggak semua orang cocok menggunakan jenis face oil yang sama. Pilihlah face oil yang sesuai dengan jenis kulitmu

trik pakai foundation yang viral 4

Teknik Yoga Skin ini memang nggak bakal cocok untuk semua orang. Pemilik kulit oily mungkin nggak bakal suka dengan teknik ini karena dapat menyebabkan kulit makin berminyak dan foundie semakin cepat meleleh. Namun buat kulit normal dan cenderung kering yang ingin tampak lebih glowing, this is definitely for you!

Nah, itu dia trik pakai foundation yang ramai di internet yang bisa kamu coba. Nggak ada jaminan hasil masing-masing trik ini bakal sesuai dengan harapanmu, tapi nggak ada salahnya untuk mencoba. Namun sebelum mencoba berbagai makeup hacks yang viral ini ada baiknya kamu lebih teliti dan kritis dulu untuk mengevaluasi trik-trik ini.

 

Foto: Dok. YouTube Tasya Farasya, Revolution Beauty, Dok. Female Daily.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment