5 Cara untuk Meningkatkan Imun Selama #DiRumahAja!

kerja di rumah (1) - Copy

Berawal dari keharusan kita semua untuk WFH dan melakukan PSBB, awalnya bosen banget dan nggak tau mau ngapain. Tiba – tiba kepikiran untuk melakukan beberapa lifestyle changes yang mungkin bisa membuat tubuh saya menjadi lebih sehat. Kalian gitu juga nggak? Gimana sih cara kalian menghilangkan rasa bosan ketika harus work from home?

Apa aja rutinitas yang saya jalankan selama sebulan kemarin, simak di bawah ini ya!

 makan

Intermittent fasting

Mungkin banyak teman-teman yang sudah paham mengenai intermittent fasting atau berpuasa dalam waktu tertentu ya. Info-info lengkapnya bisa kalian cari di google, karena sudah banyak banget yang melakukan dan mendapatkan hasil yang signifikan. Kenapa saya tertarik untuk melakukan intermittent fasting? Karena katanya fasting ini bisa membantu menurunkan kadar lemak di dalam tubuh, meningkatkan growth hormone yang katanya bisa membuat awet muda dan meregenerasi sel-sel dalam tubuh lebih baik. Yang saya lakukan itu adalah 16:8 rule, yang artinya aku harus berpuasa selama 16 jam dan jendela makannya di 8 jam. Jadi misalnya saya buka puasa di jam 12 siang, berarti jam 8 malam saya harus stop makan. Awalnya mikir ini akan sulit, tapi ternyata enggak dan bisa banget saya jalanin seumur hidup deh kayaknya. 

Bukan Cuman Skincare, Makanan ini Bikin Kulit Kamu Seperti Cewek Korea-2
 

Drink lemon, ginger and cinnamon shot

Yes! Saya minum tiga campuran ini pagi hari bangun tidur di saat perut kosong. Hal ini aku lakukan karena setelah saya research, ketiga bahan ini itu baik untuk detoksifikasi tubuh, lemon dengan kandungan vitamin C, jahe yang bisa mengurangi bloating dan cinnamon yang bisa menurunkan kadar gula tinggi. Kalau kalian penasaran, coba cari lebih dalam manfaat kesehatan dari setiap bahas-bahan di atas deh. Yang saya rasakan setelah konsumsi shot ini selama 1 bulan, saya lebih berenergi, tubuh lebih segar setiap hari dan tekstur kulit jauh lebih baik dari sebelumnya. Teman – teman bisa coba buat campuran ini di rumah, atau membeli yang sudah di botol dari dailywell.id. 

yoga kerja dari rumah 

Workout and move the body!

Olahraga favorit saya sebelumnya adalah  pergi ke gym, ikut kelas-kelas seperti body pump, body combat, body jam dan lain-lain. Tapi karena tiba-tiba ada pandemik ini, mendadak bingung gimana cara workout, karena dari dulu kebiasaan workout di GYM, dan merasa kalau nggak GYM nggak bisa olahraga. Well, tapi ternyata nggak begitu teman-teman, kita bisa banget workout di rumah, cari workout videos yang kalian suka di youtube, dari pilates, HIIT, dancing semuanya ada! 

Kebetulan saya pun sudah memiliki lisensi sebagai instruktur Zumba, jadi sejak WFH, saya kembali menghafal gerakan Zumba terbaru. Kalau bosan saya akan mencoba workout videos dari Chloe Ting. Fitness influencer ini punya banyak free workout programs yang bisa kalian pilih, dari low sampai high impact. Jadi aman banget walau kalian masih di level beginner.

makan salad-13 

Small diet changes

Apasih itu diet? Diet itu adalah cara makan, bukan suatu program yang seseorang lakukan karena mau menurunkan berat badan saja loh. Oke, lalu apa aja nih changes yang aku lakukan sejauh ini? Pertama, aku mengurangi konsumsi gula, seperti cookies, kopi gula merah, kue-kue, dll. Kenapa aku kurangi gula? Karena gula dapat meningkatkan insulin di dalam tubuh, gula dapat menyebabkan inflamasi yang bisa menurunkan imunitas tubuh juga, apalagi adanya pandemik ini, kita nggak mau dong ya, menurunkan imun karena gula saja. Kedua, aku break my fast yang biasanya di jam 12 siang dengan fiber, protein dan fat, jadi saya nggak makan nasi, roti, mie dan lainnya ketika aku berbuka puasa. Kenapa? Karena ternyata ketika kita berbuka puasa dengan carbo (gula), gula ini akan meningkatkan insulin kita, yang dapat mengurangi metabolisme dan pembakaran lemak. Jadi yang seharusnya bisa bakar lemak lebih cepat, akan diperlambat kalau kita langsung masukin karbohidrat setelah 16 jam kita berpuasa. 

 tidur

Drink Psyllium Husk before bed.

Apa itu psyllium husk? Psyllium husk itu adalah fiber herbal yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Mungkin karena ada pandemik ini, banyak dari kita yang stress dan pencernaan pun terganggu. Untuk menghindari hal itu, saya mencoba untuk konsumsi psyllium husk ini di malam hari, setelah makan malam dan sebelum tidur. Manfaatnya WOW banget sih tentunya! Rutinitas ke toilet jadi lebih lancar dan kesehatan digestive system pun terjaga dengan baik.

Sekian dulu sharing saya tentang lifestyle changes yang aku terapkan selama sebulan kemarin. Overall saya happy banget dengan apa yang saya lakukan, kulit tambah bersih dari bekas – bekas jerawat, berat badan turun, tidur jadi lebih nyenyak dan pikiran juga lebih positif karena I take care of my body. Gimana? Ada dari poin-poin di atas yang sudah kalian lakukan? Atau ada dari poin di atas yang kalian mau terapkan di lifestyle kalian? Selamat mencoba teman-teman! Stay safe and healthy!