Salat Idul Fitri di Rumah Saja Demi Kesehatan Bersama

solat

Hari kemenangan segera tiba. Umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Yuk awali hari yang fitri dengan salat Idul Fitri di rumah saja!

Masih tetap #diRumahAja, nggak perlu ragu untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah bersama keluarga. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjamin Salat Id di rumah sama sahnya dengan salat Id di lapangan ataupun di masjid yang biasa digelar setiap hari raya.

Al-Azhar, otoritas Muslim Sunni terkemuka di Mesir, juga mengeluarkan imbauan agar Salat Idul Fitri dilakukan di rumah saja. Dewan Cendekiawan Senior Al-Azhar menegaskan, tujuan akhir syariah Islam adalah untuk melangsungkan kehidupan dan melindungi kita dari ancaman bahaya. Makanya keputusan untuk Salat Idul Fitri di rumah saja dibuat sebagai upaya melindungi umat muslim dari bahaya virus corona.

salat eid di rumah

Organisasi Massa Islam terbesar di Indonesia, Nadlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah juga mengeluarkan imbauan serupa; lebaran tahun ini salat Id di rumah saja.

Sejalan dengan imbauan NU, Muhammadiyah dan MUI, pemerintah pun memutuskan untuk melarang pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 Hijriah secara berjamaah di masjid atau lapangan. Kebijakan tersebut diambil untuk menekan laju penularan virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Mungkin melakukan Salat Id di rumah saja akan menjadi peristiwa pertama kali dalam sejarah hidup kita. Tapi nggak perlu bingung bagaimana melaksanakannya karena MUI sudah menerbitkan fatwa mengenai panduan salat Idul Fitri saat pandemi virus corona. Fatwa MUI tersebut bisa langsung dipelajari bersama keluarga untuk diterapkan di Hari Raya.

salat eid di rumah

Perlu dipahami dan disadari bersama Salat Idul Fitri di rumah saja adalah demi kepentingan bersama yaitu demi menjaga kesehatan kita semua.

Mematuhi imbauan untuk Salat Idul Fitri di rumah merupakan bentuk kecintaan kita kepada keluarga dan sesama. Dengan salat Id #diRumahAja, artinya kita sudah menghindari kerumunan yang berpotensi besar sebagai sumber penyebaran COVID-19.

Selamat lebaran! Mohon maaf lahir dan batin. Ingat ya, salat Id di rumah saja demi kesehatan bersama!

Stay safe, stay at home.