banner-detik

community events

Tips Virtual Photoshoot dari Michael Cools

seo-img-article

Tips Virtual Photoshoot dari Michael Cools-2

Pingin tahu gimana caraya bisa menghasilkan foto yang bagus dari virtual photoshoot? Michael Cools bakalan share tips-tipsnya!

Sejak WFH atau #DiRumahAja, justru bikin kita makin kreatif dalam melakukan hal apapun. Contohnya yang dilakukan oleh Michael Cools, dengan membuat sesi virtual photoshoot bareng Raisa. Ide coba-coba ini ternyata membuahkan hasil yang bagus, dan malah menginspirasi banyak orang untuk mencoba hal yang sama. Nah, karena banyak banget yang tertarik dengan konsep virtual photoshoot ini, minggu lalu Female Daily dan Michael Cools mengadakan Zoom Class untuk berbagi tips virtual photoshoot.

Kelas dibuka dengan cerita dibalik tercetusnya konsep virtual photoshoot oleh Michael Cools. Michael bercerita kalau konsep ini muncul karena rasa kangen foto untuk menghasilkan sebuah karya dan untuk mengisi waktu agar tidak bosan di rumah. Selain itu, memang kebetulan Michael dan Raisa pun sebenarnya ada rencana untuk berkolaborasi kembali melakukan photo session, namun harus tertunda karena kesibukan masing-masing dan ditambah dengan kondisi sekarang yang harus #DiRumahAja. Dari hasil diskusi tersebut, muncul deh ide untuk virtual photoshoot dan ternyata membuahkan hasil yang baik.

Tips Virtual Photoshoot dari Michael Cools-4

Saat ngomongin virtual photoshoot, kebanyakan orang selalu berfikir harus memiliki kamera yang professional. Pada kenyataannya, hal pertama yang harus disiapkan bukanlah dari alat fotonya. Menurut Michael Cools, ini beberapa kunci penting yang  harus disiapkan saat ingin melakukan virtual photoshoot:

  • Model : Tentunya harus punya model atau objek untuk difoto terlebih dahulu. So make sure kamu bikin janji sama teman atau keluarga kamu sebelumnya.
  • Koneksi internet :  ini yang jarang dipikirkan orang-orang. Demi kelancaran sesi foto, kita butuh koneksi internet yang baik dan lancar. Koneksi internet yang lemot atau sering putus-putus, akan mempengaruhi mood sang photographer dan juga model lho.
  • Konsep foto : Konsep foto yang ingin kalian buat, harus disesuaikan dengan lokasi model. Begitu pula dengan baju yang akan dipakai nanti. Jangan sampai konsep background foto dan baju nggak match, nanti malah terlihat nggak maksimal.
  • Communication skill : Karena ini dilakukan dari jarak jauh, jadi kalian harus bawel-bawel mengarahkan model, demi mendapatkan pose terbaiknya. Jangan lupa juga ada sedikit word of affirmation ya, kalau pose-nya bagus.
  • Refrensi foto: Sebelum memulai photoshoot, ada baiknya kalian mencari refrensi foto sebanyak-banyaknya. Supaya hasil yang didapatkan lebih maksimal dan berbeda dari virtual photoshoot lainnya.

Tips Virtual Photoshoot dari Michael Cools-2-2

Sudah siap semua yang disebutkan di atas? Baru masuk hal kedua yang perlu dipersiapkan.

  • Cahaya : Untuk pencahayaan, kalian bisa menggunakan lampu atau ringlight. Namun untuk hasil cahaya yang dreamy, menurut Michael, natural light adalah pilihan yang terbaik. Jadi pastikan, model memiliki ruangan yang ada jendela atau pencahayaan matahari yang cukup.
  • Jam : Cahaya terbaik atau golden hour untuk photoshoot ada dua, yaitu jam 10.00 hingga 11.00, dan sore hari di jam 15.00 – 17.00.
  • Props : Sebenarnya untuk properti foto bisa menggunakan apapun yang kalian suka dan disesuaikan dengan konsep. Kalau efek-efek blur atau foreground, kalian bisa menggunakan benda seperti, gelas bening, mangkuk yang bertekstur atau bahkan bisa menggunakan pin bros dengan nuansa emas.

Lalu gimana dengan alat fotonya sendiri? Kalau kalian punya kamera silahkan digunakan. Namun nggak punya kamera pun nggak apa-apa. Karena kalian bisa menggunakan kamera smartphone kalian kok. Sekarang smartphone pun sudah dapat menghasilkan foto yang bagus bukan?

Selesai sharing mengenai tips dan tricks-nya, peserta pun langsung melihat dan juga mendengarkan gimana caranya Michael Cools melakukan sesi virtual photoshoot. Dan tentunya, peserta juga langsung mempraktekan semua hal yang sudah di share oleh Michael dan langsung mendapatkan input mengenai hasil fotonya.

Tips Virtual Photoshoot dari Michael Cools-2

And that’s a wrap! #FDVirtualBeauty kali ini banyak banget insights menarik seputar virtual photographySemoga bermanfaat ya! Terima kasih buat semuanya yang telah berpartisipasi. See you on the next online event!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment