banner-detik

20s

Cara Aman Pakai Makeup Buat Pemakai Softlens

seo-img-article

tetes mata softlens

 

Pengguna kacamata juga pasti ingin tampil beda dengan memilih menggunakan softlens untuk sehari-hari. Iya, gak? Sayangnya, ketika kamu sedang memakai softlens dan ingin pakai makeup, kamu harus sedikit lebih hati-hati nih. Apalagi, kalau mata kamu tipe sensitif, yang mudah iritasi dan kemerahan. Berikut hal yang perlu kamu tahu supaya aman pakai makeup untuk pemakai softlens.

Rutin Membersihkan Tangan Menggunakan Sabun dan Air

Cuci tangan dulu

Langkah pertama yang nggak boleh kamu skip adalah mencuci tangan dengan bersih! Hindari menggunakan produk yang oily, mengandung pewangi, pewarna, hand lotions atau apa pun yang bisa melekat di lensa kontak. Kalau kamu memiliki alergi, beberapa orang menyarankan untuk memasang softlens setelah pakai makeup untuk menghindari scratch di softlens. Nggak cuma itu, ini juga membantu banget dikala kamu nggak sengaja menyentuh softlens dengan tangan yang udah terkena makeup. Jadi untuk menghindarinya, lebih baik memasangnya setelah pakai makeup. 

Gunakan makeup hypoallergenic

Pastikan kamu menggunakan makeup hypoallergenic yang telah teruji, dan aman digunakan untuk pemakai softlens atau pemilik mata sensitif. Memang sih informasi itu nggak terpampang dengan tulisan yang kentara di kemasan, tapi kamu bisa melihatnya di jajaran ingredients-nya. Oh ya,  penting banget nih untuk menghindari mengaplikasikan liner di area dalam lash line, karena ini bisa menghalangi dan menyebabkan infeksi pada kelenjar air mata, yang mana bisa mempengaruhi penghasil minyak penting. Hasilnya mata kamu jadi kering dan penglihatan kamu dengan lensa kontak jadi agak berbayang. 

Jika kamu udah terlanjur memakai softlens saat pakai makeup, aplikasikan eyeshadow dan eyeliner dengan hati-hati supaya nggak menggesek softlens. Supaya lebih aman, pilih eyeshadow yang teksturnya krim untuk menghindari serbuk eyeshadow masuk ke mata. Oh ya, penggunaan eyeshadow primer juga bakal membantu agar eyeshadow mudah menempel di kelopak mata. 

Menggunakan maskara juga cukup tricky nih. Jadi, dari pada mengaplikasikannya dari pangkal bulu mata, yang bisa berisiko aplikatornya mengenai mata kamu, maka mulailah dari tengah bulu mata hingga ujungnya. Kalau bisa, hindari juga maskara yang mengandung fibers (serat halus – untuk ilusi bulu mata lebih tebal) yang mungkin banget partikelnya berjatuhan di dalam mata kita. Untuk formula maskara, jika kamu pemilik mata yang gampang banget berair, pastinya pilih yang water-resistant yang lebih smudgeproof dibandingkan hanya yang berlabel “waterproof”. 

Nggak hanya riasan mata aja, makeup untuk area di luar mata juga partikelnya bisa masuk ke mata kita. Kamu pasti nggak pengen hal ini terjadi. Oleh sebab itu pilih pressed powder ketimbang loose powder. Tapi kalau hanya ada loose powder aja saat ini, jangan kecil hati, kamu bisa gunakan beauty sponge saat akan mengaplikasikannya di area mata sambil menutup mata ya. 

tetes mata softlens

Lepas softlens saat menghapus makeup

Walau menggunakan eye makeup remover dan mengaplikasikannya selembut mungkin, ada kemungkinan cairannya mencemari softlens kamu. Supaya lebih aman, baiknya lepas dulu softlens yang kamu pakai, baru deh bersihkan makeup mata kalian. 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment