Haruskah Pakai Skincare Setelah Wudhu? Ini Triknya Supaya Praktis!

PAKAI SKINCARE SETELAH WUDHU 2

Setelah melakukan wudhu, biasanya skincare yang sudah dipakai jadi terangkat dan kulit wajah jadi kering lagi. Apakah sebaiknya kita pakai skincare lagi?

Jawabannya, iya. Kulit bisa jadi kering setelah kita membasuh wajah, meskipun kita nggak mencuci wajah menggunakan facial wash. Biasanya kulit jadi terasa seperti “ketarik”, apalagi kalau kita berdiam lama-lama di ruangan ber-AC.

PAKAI SKINCARE SETELAH WUDHU

Tapi, pakai skincare dengan step yang cukup panjang tentu saja akan butuh waktu, butuh tenaga, dan bisa boros produk juga. Bayangkan kalau sehari kita berwudhu 5 kali, masa sih kita harus re-apply skincare 5 kali juga? Hmm.. gimana ya triknya? Di bawah ini saya berbagi cara yang saya lakukan sehari-hari. Simak, yuk!

1. Semprotkan hydrating face mist

MARIO BADESCU FACIAL SPRAY - PAKAI SKINCARE SETELAH WUDHU

Hydrating face mist sifatnya bukan cuma menyegarkan saja dan kasih efek “wake up” tapi juga membantu melembapkan kulit dan bikin kulit glowing. Pilih produk face mist dengan kandungan yang menghidrasi kulit dengan baik seperti Hyaluronic acid, aloe vera, rose water, atau cucumber.

Ada banyak kok hydrating face mist yang bisa kamu beli di pasaran, beberapa favorit saya adalah Sulwhasoo Hydro Aid Soothing Mist, L’Occitane Aqua Reotier Fresh Moisturizing Face Mist, Sensatia Botanicals Aloe & Cucumber Facial Mist, Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Mist, Lacoco Aloe Vera Soothing Mist, Pratista X Kinan Hyglow Face Mist, atau Mario Badescu Facial Spray with Aloe, Herbs, and Rosewater.

Semprotkan 2-3 kali di wajah dan leher setelah selesai wudhu dan solat supaya kulit kembali lembap. Ulangi lagi tiap kali kamu merasa kulit terasa agak kering. Praktis banget! Saya merasa hydrating face mist sangat menolong karena kulit jadi kembali terhidrasi tanpa harus mengulang skincare steps dari awal.

Baca juga: 5 Moisturizer di Bawah 300 Ribu Buat Mengatasi Kulit Sangat Kering 

2. Kalau kulit sangat kering, pakai face oil

KORA ORGANICS NONI GLOW FACE OIL - PAKAI SKINCARE SETELAH WUDHU

Kadang-kadang, kulit terasa lebih kering dibanding biasanya, apalagi saat puasa atau bekerja di dalam ruangan ber-AC. Kulit saya yang jenisnya kombinasi saja jadi gampang terasa “kaku”, apalagi kalau kamu memang punya jenis kulit kering. Kalau seperti ini kondisinya, kamu bisa langsung aplikasikan face oil pada wajah selesai berwudhu. Dengan syarat, sebelum berwudhu kamu memang tidak menggunakan makeup atau bare face. Kalau memang kulitmu ada sisa makeupnya, bersihkan dulu dengan micellar water, kemudian berwudhu, lalu aplikasikan face oil yang sesuai dengan jenis kulit.

Mengaplikasikan face oil saat kulit masih lembap atau basah bisa membantu face oil jadi lebih meresap dengan baik lho! Jangan lupa aplikasikan juga di bagian leher ya, biar sama-sama lembap, kenyal, dan terhindar dari penuaan dini.

Cara ini bisa dilakukan setelah berwudhu untuk solat Subuh, karena jam itu kondisi kulit wajah bebas makeup, jadi kamu tinggal mengaplikasikan face oil saja setelah solat, kemudian bisa tidur beberapa jam lagi sebelum mulai beraktivitas.

Face oil akan membantu melembapkan, menutrisi, dan mencegah kulit terasa tight, jadi kamu nggak perlu pakai skincare banyak-banyak di antara jeda satu wudhu ke wudhu lainnya. Kamu bisa coba Bhumi Targeted All Natural Adoring Face Oil, atau Kora Organics Noni Glow Face Oil yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

Baca juga: 7 Rekomendasi Skincare Vitamin E untuk Merawat Kulit Normal Cenderung Kering

3. Kalau masih siang, apply sunscreen juga

NEUTROGENA ULTRA SHEER FACE MIST SUNSCREEN - PAKAI SKINCARE SETELAH WUDHU

Selama WFH, biasanya saya mandi paginya jadi siang hari, menjelang solat Dzuhur, jadi saya baru mengaplikasikan skincare lengkap (toner, essence, serum, moisturizer dan sunscreen) setelah solat Dzuhur. Tapi, kalau kamu sudah mandi pagi dan pakai skincare, kemudian berwudhu untuk solat di siang harinya, kamu bisa apply hydrating face mist + sunscreen, atau moizturizer + sunscreen. Kenapa harus pakai sunscreen? Karena jam solat Dzuhur itu matahari sedang terik-teriknya, jadi sebaiknya kamu re-apply sunscreen buat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, meskipun kamu #dirumahaja. Kalau mau lebih praktis, pilih sunscreen yang bentuknya spray. Neutrogena Ultra Sheer Face Mist Sunscreen Broad Spectrum SPF 55, The Body Shop Skin Defence Protection Face Mist SPF 45 PA++, atau Kose Suncut UV Protection Spray SPF 50 bisa jadi pilihan.

 

 

Nah, itulah beberapa trik untuk melindungi kulit lagi setelah berwudhu. Apakah kamu sudah rutin pakai skincare lagi setelah berwudhu? Jangan lupa, supaya nggak gampang jerawatan, selalu cuci tangan pakai sabun ya sebelum berwudhu, pakai skincare, atau memegang-megang wajah! Selamat mencoba!

 

Foto: Courtesy of brands, Freepik.com.