3 Resep Perawatan Tangan Kering dan Kuku untuk Kamu Coba di Rumah!

manicure-nails-master-doing-manicure-beauty-studio_118454-3487

Keseringan menggunakan hand sanitizer bikin tangan kamu jadi kering? Berikut adalah beberapa DIY skincare alami untuk merawat tangan dan kukumu!

Menggunakan hand sanitizer memang membuat tangan kita terhindar dari virus dan bakteri. Tapi, tahukah kamu kalau kandungan alkoholnya bisa buat tangan kering dan kuku jadi nggak sehat? Apalagi, kandungan alkohol minimal yang dianjurkan dalam hand sanitizer harus 70% supaya virus dan bakteri mati! Itu sebabnya, penggunaan hand sanitizer perlu diimbangi dengan perawatan untuk tangan dan kuku, supaya kulit tetap lembap dan sehat. Nah, berikut adalah beberapa resep perawatan tangan kering dan kuku yang bisa kamu coba di rumah!

Hand & Nail Butter

hands-woman-applying-white-cream_121946-302

Terlihat dari namanya, hand & nail butter punya formula yang rich, buttery, conditioning, serta ampuh untuk mengatasi kulit kering, kasar, dan pecah-pecah. Terutama kalau kamu mengalami kutikula kering, resep ini ampuh untuk melindungi kulit supaya nggak terluka akibat terlalu kering. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah:

  1. 1/4 cup minyak almond/extra virgin olive/jojoba, atau sunflower oil
  2. 2 sdm cocoa butter
  3. 1 sdm beeswax atau lilin lebah
  4. 1 sdm shea butter (baik yang refined maupun unrefined)
  5. 2 kapsul 200 IU Vitamin E oil

Cara Membuat: 

Panaskan minyak almond, cocoa butter, beeswax, dan shea butter ke dalam panci hingga semua bahan-bahan meleleh. Untuk memanaskan, jangan lupa gunakan low heat atau level panas yang rendah. Setelah semuanya meleleh, matikan api, aduk perlahan selama 1 menit, kemudian diamkan selama 5 menit hingga lebih dingin. Tambahkan vitamin E oil (ambil bagian minyaknya saja), kemudian aduk kembali hingga merata. Setelah semuanya jadi, pindahkan ke dalam container dan jangan lupa beri label nama serta tanggal pembuatan. Total waktu yang kamu perlukan untuk membuat resep ini adalah sekitar 20 menit.

Note: Cocoa dan shea butter membutuhkan waktu cukup lama hingga bisa digunakan. Jadi, jangan lupa simpan di temperatur ruangan sekitar 12 jam sebelum kamu menggunakannya untuk pertama kali. Konsistensi resep ini pada akhirnya akan berbentuk seperti paste atau krim kental.

Cara Penyimpanan: 

Untuk resep ini kamu nggak harus simpan di dalam kulkas. Penyimpanan maksimal 1 tahun setelah pembuatan. Letakkan di tempat terhindar dari sinar matahari.

Baca juga: D.I.Y: 4 Resep Masker Untuk Rambut Kering!

 Castor Oil Nail Treatment

front-view-bowl-with-pipette-close-up_23-2148317666

Castor oil memiliki manfaat melindungi kuku dengan membentuk lapisan di atasnya supaya membantu menguatkan kulit, serta memberi efek melembapkan kutikula supaya nggak kering dan pecah-pecah. Untuk membuat Castor Oil Nail Treatment, bahan yang digunakan simple dan cara pembuatannya juga gampang banget! Berikut adalah bahan-bahan yang kamu perlukan:

  1. 4 sdm castor oil
  2. 12 tetes myrrh essential oil atau frankincense (CO2)

Cara Membuat: 

Campurkan castor oil dan essential oil ke dalam mangkuk kecil, kemudian aduk dengan menggunakan sendok. Tutup mangkuk secara erat, kemudian beri label dan tanggal pembuatan. Total pembuatan untuk nail treatment ini hanya membutuhkan 5 menit, cukup untuk 4x pemakaian. Kamu bisa gunakan treatment ini dengan cara merendam kukumu. Gunakan air hangat, campurkan dengan sedikit Castor Oil Nail Treatment, kemudian rendam ujung-ujung kukumu selama 10 menit.

Cara Penyimpanan: 

Letakkan di kulkas selama maksimal sebulan, kemudian buang.

Baca juga: 3 Bahan DIY Skincare yang Harus Dihindari

 Smooth and Soft Hand Pack

Kalau kamu menggunakan resep ini selama minimal 2 kali seminggu, tangan kamu akan jadi lebih lembut, tanda-tanda penuaan seperti discoloration juga akan berkurang.  Tapi, resep ini hanya bisa digunakan selama 1x, jangan disimpan! Berikut bahan yang kamu butuhkan:

  1. 2 sdm oatmeal atau oat flour halus
  2. 1 sdm plain yoghurt
  3. 1 sdm air lemon, maupun apel, nanas, atau stroberi tumbuk

Cara Membuat: 

Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk kecil, kemudian aduk hingga merata dan kental. Diamkan sejenak agar konsistensi adonan jadi sedikit lebih thick. Kalau adonan kamu terlalu thick, kamu bisa tambahkan air. Kalau adonan terlalu cair, kamu bisa tambahkan sedikit oat. Resep ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk dibuat.

Shea Butter

Baca juga: 5 Resep Masker Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah!

So, berikut adalah beberapa resep untuk mengatasi tangan kering di rumah, supaya kuku dan tangan kamu tetap terawat! Gimana menurut kalian? Ada yang penasaran ingin coba buat?

 

* Resep diperoleh dari Pure Skin Care Nourishing Recipes, oleh Stephanie L. Tourles.

 

Foto: Dok. freepik.com