banner-detik

skin care

Kenapa Kulit Breakout Selama Puasa?

seo-img-article

3 PRODUK YANG MENGGAGALKAN JERAWAT PMS

Lebih banyak beraktivitas di rumah ternyata nggak bisa membuat kita terhindari dari breakout selama puasa.

Breakout mungkin saja dialami oleh sebagian orang selama bulan puasa. Hal ini bisa terjadi akibat berbagai faktor yang mempengaruhi keadaan kulit. Bahkan walau selama bulan puasa tahun ini kamu diam di rumah saja dan tidak menggunakan makeup, tapi ternyata kulit breakout nggak bisa dihindari juga. Ngeselin banget kan? 

Lalu sebenarnya apa sih penyebab breakout selama puasa? Buat kamu yang saat ini mengalaminya di beberapa hari pertama selama bulan Ramadan, mungkin ini menjadi alasannya!

Banyak makan manis bikin breakout selama puasa

BODY MIST MANIS 2

Yup! Kalimat “berbuka lah dengan yang manis” pasti familiar dong buat kalian. Entah itu kolak pisang, es campur dengan susu kental manis yang banyak, teh manis pakai gula beberapa sendok, dan juga makanan manis lainnya yang menggiurkan buat disantap pas iftar. Saya sendiri juga nggak melarang untuk kalian makan yang manis-manis pas buka puasa sih, tapi ada baiknya untuk menikmatinya dengan porsi secukupnya. Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau memang gula adalah salah satu pemicu terbesar buat jerawat lho. Terutama inflammatory acne yang merah, bengkak, dan meradang.

Baca juga: Efek Glycation Pada Kulit

Kalau menurut artikel yang dulu sempat ditulis oleh Dara, pas kita makan makanan yang mengandung banyak gula, kadar gula darah di tubuh akan otomatis meningkat. Akhirnya, untuk membantu mengimbangi kadar gula darah ini, hormon insulin kita bakalan ikut naik, sehingga menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebih. Dan seperti kita ketahui, semakin banyak produksi sebum, artinya bakteri p.acnes akan memiliki tempat yang nyaman buat berkembang, deh. Kalau memang sulit untuk berhenti makan yang manis pas buka puasa, kalian bisa mengganti makanan yang tinggi kadar gula dengan buah ataupun kurma maksimal 3 biji.

Tidak rutin membersihkan wajah

cuci muka

Mungkin karena kamu merasa jarang menggunakan makeup selama WFH bulan Ramadan ini, ritual membersihkan wajah jadi salah satu hal yang pelan-pelan pudar dari keseharian kamu. Padahal, bisa jadi selama kamu tidur ada bakteri yang menempel di kulit yang berasal dari bantal kamu. Belum lagi kalau malamnya habis pakai produk yang photosensitive, terus besok paginya langsung jemuran di teras rumah. Duh, malah nambah masalah kulit deh jadinya.

Baca juga: Pentingnya Tetap Double Cleansing Walau #DiRumahAja

Nggak perlu harus double cleansing setiap hari kok. Cuma, pastikan pagi setelah bangun tidur, kamu langsung mencuci wajah untuk memastikan kulit bersih dari kotoran atau bakteri yang menempel di malam hari. Kalau kalian tetap mau double cleansing setiap hari juga nggak masalah sih, asal gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan tipe dan kondisi kulit kamu ya. Pas kita pakai skincare + sunscreen juga sebenarnya nggak perlu selalu double cleansing kok. Asal, kalian membersihkannya menggunakan cleansing foam yang bisa membantu mengangkat sisa kotoran dan residu minyak dari sunsreen yang kalian gunakan. Tapi, buat kalian yang memang wajib atau merasa makeup bisa bikin mood jadi lebih baik selama puasa di rumah aja, please jangan lupa buat melakukan double cleansing sebelum kalian mengaplikasikan skincare di malam hari, supaya terhindar dari breakout selama puasa ini!

Skip pakai pelembap, tapi rajin pakai exfoliator

Pakai Pelembap Bikin-4

Dua hal yang perlu kamu tau untuk mendapatkan kulit sehat yaitu, wajib membersihkan wajah dan tidak boleh skip menggunakan moisturizer. Moisturizer adalah salah satu produk skincare yang berfungsi melembapkan kulit serta memastikannya terhidrasi sempurna. Akibat dari skip menggunakan moisturizer namun kamu tetap menggunakan serum yang dapat mengeksfoliasi kulit, adalah breakout. Oleh karena itu, penggunaan moisturizer dalam skincare routine bukanlah hal opsional yang bisa kamu lakukan. Khususnya di bulan Ramadan ini, untuk menghindari kulit breakout akibat menggunakan produk eksfoliasi, lebih baik kamu tidak skip menggunakan moisturizer.

Baca juga: Memahami Kulit Kering Berjerawat

 

Apalagi karena di siang hari kamu nggak bisa mengonsumsi air mineral, otomatis pelembap yang baik juga akan berperan sangat penting dalam menjaga skin barrier kalian. Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik juga bisa menimbulkan jerawat yang menggangu, lho.

Cuaca yang panas

SUNSCREEN BAGUS DAN MURAH - 1

Siapa yang setuju di bulan Ramadan tahun ini cuaca terasa sangat panas? Cuaca panas dapat mengakibatkan keringat yang terus mengalir bahkan melalui kulit wajah. Nah, tentu kamu tahu dong air keringat yang keluar dari tubuh bukanlah air yang bersifat bersih, malah merupakan hasil sekresi hal-hal yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Air keringat yang mengalir secara terus menerus melalui wajah juga bisa menjadi penyebab kenapa wajahmu breakout selama bulan puasa.

Untuk itu, setiap kali kamu merasa berkeringat pastikan kamu memiliki tissue atau kain dengan permukaan yang dapat membantu kamu menyeka keringat dari wajah agar tidak menimbulkan breakout. Selain itu, kamu juga wajib melakukan mandi 2 kali sehari dan juga membersihkan wajah sebanyak 2 kali dalam sehari untuk menjaga kebersihan kulit. Hal ini bisa mencegah terjadinya breakout pada kulit yang disebabkan oleh keringat yang berasal dari dalam tubuh akibat cuaca yang panas selama bulan Ramadan. Nah, buat kalian yang gampang keringetan, mungkin video Poppy berikut bisa bantu ritual skincare kalian selama cuaca lagi panas.

 

Menurut kamu, yang mana yang menjadi penyebab terjadinya breakout pada wajahmu saat ini? Oleh karena itu, kali ini saya tetap ingin mengajak kalian semua untuk menjaga kebersihan wajah serta merawat kulit selama bulan Ramadan walaupun tetap berada dirumah karena social distancing. Selain mendapatkan kulit yang bersih, kamu juga bisa mendapatkan kulit glowing selama bulan Ramadan dan jauh dari breakout!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment