banner-detik

lifestyle

Manfaat Teh Chamomile untuk Tubuh dan Pikiran Kamu

seo-img-article

TEH CHAMOMILE - 7

Siapa di sini yang merasa lebih baik setelah minum secangkir teh panas?

Kalau kamu seperti saya, yang percaya bahwa teh memiliki kemampuan untuk menenangkan pikiran, itu nggak salah kok. Teh chamomile sejak dulu memang dikenal sebagai teh yang memberikan rasa tenang, membantu tidur, melancarkan pencernaan, bahkan menurut penelitian juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Bunga chamomile mengandung flavonoid, sesquiterpen, dan antioksidan, dan ketika ia mulai mengering, mereka dapat digunakan untuk pengobatan herbal dan alami. Walaupun teh ini punya banyak manfaat baik dan merupakan pilihan minuman yang bebas kafein, berikut ini manfaat lain teh chamomile untuk tubuh dan pikiran kita. 

Membantu tidur

TEH CHAMOMILE - 8

Menikmati secangkir teh chamomile sebelum tidur bukanlah hal baru bagi buat sebagian orang. Sejak lama, ia telah diakui para ahli dan dibuktikan sendiri oleh banyak orang dapat membantu untuk tertidur. Efek menenangkan ini berkat antioksidan yang disebut apigenin, yang mengikat reseptor tertentu di otak untuk mengurangi rasa cemas sehingga kita jadi cepat tertidur. Bahkan sebuah studi yang dilakukan tahun 2016 ditemukan bahwa ada hubungan antara teh chamomile dan kualitas tidur. Ditemukan juga bahwa wanita yang sedang mengalami depresi memiliki kualitas tidur yang lebih baik setelah meminum teh chamomile sebelum tidur.

Baca juga: 7 Produk Skincare Malam Hari yang Bikin Kamu Jadi Sleeping Beauty

Meredakan gelisah

Homemade cookies and cup of tea.

Menurut Medical News Today, sekitar 40 juta orang Amerika menderita gangguan kecemasan (anxiety) dan menjadikan ini sebagai penyakit mental yang paling umum terjadi di sana. Mengobati dengan obat nggak selalu cocok di beberapa orang sehingga banyak alternatif bermunculan untuk termasuk dengan menikmati secangkir teh chamomile ini. FYI, teh chamomile itu telah dikenal dapat mengatasi rasa cemas, mengurangi insomnia dan memberikan ketenangan. Perlu diingat nih, teh ini mungkin efeknya bisa berbeda di setiap orang. Jika rasa cemas kamu masih belum reda dalam waktu yang lama, kamu perlu berkonsultasi dengan ahli.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Kecantikan?

Masalah perut

TEH CHAMOMILE - 4

Teh chamomile mengandung sifat anti-inflamasi, dan antispasmodik yang membantu menenangkan garis perut. Minum secangkir teh chamomile dapat meredakan rasa sakit perut, kram saat menstruasi, sindrom iritasi usus, gangguan pencernaan, dan gas perut. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Skincare Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Gula darah

TEH CHAMOMILE - 6

Penelitian di Tabriz University of Medical Sciences di Iran menunjukkan minum teh chamomile dapat membantu menurunkan gula darah, serta memberi manfaat bagi penderita diabetes. Chamomile mengandung antioksidan yang disebut quercetin, yang mendorong enzim tertentu sebagai respons diabetes. Dalam penelitian tersebut peneliti mengamati 64 peserta diabetes tipe 2, yang berusia antara 30-60 tahun.  Setengah kelompok yang minum teh chamomile setiap hari dengan setiap kali makan selama delapan minggu, sementara setengah peserta lainnya hanya minum air putih setiap kali makan. Pada akhir periode, peserta yang rajin mengonsumsi teh chamomile memiliki gula darah rata-rata lebih rendah dibandingkan yang tidak minum chamomile.

Kesehatan jantung

TEH CHAMOMILE - 5

Antioksidan dalam teh chamomile, seperti flavon namanya, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selama bertahun-tahun, flavon sudah dipelajari untuk mengukur efektivitasnya dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol, termasuk trigliserida dan kolesterol “jahat” LDL. Minum teh chamomile secara teratur dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat karena efeknya membantu mengurangi stres, meningkatkan tidur. Meskipun teh chamomile bermanfaat bagi kesehatan jantung, namun teh ini dapat meningkatkan risiko pendarahan bagi orang yang menggunakan pengencer darah. Itu sebabnya penting juga berkonsultasi dengan dokter sebelum dikonsumsi.

Setelah membaca sederet manfaat teh chamomile, nggak heran deh kalau kamu jadi ingin bikin teh ini sekarang juga untuk buka puasa, atau untuk menemani kamu saat nggak bisa tidur nanti malam. Selamat mencoba!

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment