Kangen ke Salon? Ini 4 Perawatan Kecantikan yang Pasti Bisa Dilakukan Sendiri!

PERAWATAN KECANTIKAN DI RUMAH 5

Saya sudah lupa kapan terakhir kali saya ke salon. Kamu pasti juga kan?

Apalagi salon langganan saya lokasinya ada di mal yang notabene tutup semua selama beberapa minggu terakhir ini. Tapi situasi yang mengharuskan saya untuk #dirumahaja tidak bisa menghalangi keinginan saya untuk me-time. Tidak harus ke salon, ini dia beberapa perawatan kecantikan mudah yang bisa kita lakukan saat stay at home!

1. DIY hand mask

NATURE REPUBLIC SOOTHING AND MOISTURE ALOE VERA SOOTHING GEL - PERAWATAN KECANTIKAN DI RUMAH

Kamu punya madu, aloe vera, dan moisturizer kesayangan? Yuk, buat DIY hand mask! Caranya mudah banget, campurkan semua bahan tersebut dalam satu wadah dengan rasio 1:1:1, beri sedikit air, lalu tuang semuanya ke dalam sarung tangan. Sarung tangan yang biasa saya gunakan adalah Goelaa Goelii dari Elona World, jadi bisa dicuci lagi setelah digunakan. Setelah itu diamkan selama 20 menit, dan voila! Tangan yang tadinya kering dan kasar karena keseringan cuci tangan dan pakai hand sanitizer, langsung jadi lembut dan lembap!

2. Nail treatment

PERAWATAN KECANTIKAN DI RUMAH

 

Buat kamu yang sudah kangen manicure ke salon, bisa nail treatment sendiri lho! Langkah pertama, jika di kuku masih ada sisa-sisa nail polish, bersihkan dulu dengan nail polish remover. Setelah itu, gunting sesuai bentuk dan panjang yang kamu inginkan. Kalau saya lebih suka model kuku yang square atau round, dan panjangnya sedang supaya tidak mengganggu aktivitas selama #dirumahaja. Lalu gunakan nail buffer supaya permukaan kuku jadi lebih halus dan nail polish yang digunakan jadi lebih mulus.

Catrice, Spectra Light Effect Nail Lacquer ‘Down The Milky Way - PERAWATAN KECANTIKAN DI RUMAH

Sebelum menggunakan nail polish, gunakan base coat terlebih dahulu. Setelah selesai menggunakan nail polish, jangan lupa juga gunakan top coat supaya lebih tahan lama. To spice things up, saya suka menggunakan kuteks glitter holographic dari Catrice, Spectra Light Effect Nail Lacquer ‘Down The Milky Way’ di jari telunjuk. Cara pakainya mudah kok, seperti menggunakan nail polish biasa. Catrice nail polish is one of my favorite, harganya juga tidak terlalu mahal. Saya juga suka nail polish dari DEPS, warnanya cantik-cantik banget, bisa di peel-off, dan tidak membuat kuku jadi kering dan kuning.

Baca juga: 12 Perawatan Kecantikan Simpel Buat Mengisi Waktu di Rumah

3. Body treatment

MUSTIKA RATU MINYAK ZAITUN

Eksfoliasi kulit tubuh secara rutin penting banget untuk mengeliminasi sel-sel kulit mati yang bisa membuat kulit kusam. Biasanya saya suka menggunakan Juicy Pear Sugar Body Scrub dari The Body Shop sekali seminggu, lalu setelah mandi gunakan body lotion supaya kulit terjaga kelembapannya. Alternatif pelembap badan lain yang bisa kamu gunakan adalah body oil. Body oil favorit saya adalah Mustika Ratu Olive Oil. Harganya terjangkau dan wanginya enak banget! For a better experience, selagi diaplikasikan, kamu bisa sambil pijat-pijat sedikit supaya tubuh jadi makin rileks. Kamu juga bisa memakai olive oil ini sebelum pakai body scrub lho!

Baca juga: Gimana Biar Puasa Lancar Selama Pandemi?

 4. Hair treatment

MAKARIZO HAIR ENEERGY KIWI EXTRACT - PERAWATAN KECANTIKAN DI RUMAH

Selain menggunakan shampoo dan conditioner, saya suka menggunakan hot oil treatment sebagai salah satu perawatan kecantikan favorit di rumah. Produk yang saya gunakan adalah dari Svetme, dan cara menggunakannya gampang banget! Sebelum digunakan, rendam botol ke air panas selama 3 menit. Lalu, aplikasikan hot oil ke seluruh kulit kepala, kemudian gunakan hair cap atau handuk. Hot oil treatment ini bisa didiamkan selama 30 menit hingga 8 jam, dan setelah itu cuci rambut seperti biasa. Selain hot oil treatment, saya juga suka menggunakan masker rambut. Hair mask favorit saya adalah Makarizo Hair Energy yang varian Kiwi Extract.

 

Nah, perawatan kecantikan di rumah ternyata mudah banget ya? Selain beberapa perawatan kecantikan di atas, kamu juga bisa menggunakan face mask sekali seminggu! Sekarang saya lagi suka banget pakai Swisse Manuka Honey Detoxifying Facial Mask. Kira-kira kamu bakal coba perawatan kecantikan yang mana minggu ini? Atau kamu punya ide treatment lainnya? Ceritakan jawabanmu di kolom komentar ya!

 Foto: Dok. Female Daily/Tirza Tiffani, Freepik.com.