banner-detik

lip treatment

Gimana Caranya Agar Bibir Lembap Selama Bulan Ramadhan?

seo-img-article

LIP BALM CHERRY 3

Bibir kering seringkali jadi masalah saat kita sedang berpuasa. Untuk menghindarinya, simak trik berikut yuk!

Kita akan segera memasuki bulan Ramadhan, bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh pemeluk agama Islam. Karena seharian nggak makan dan minum, keluhan-keluhan kulit yang terasa kering, rambut yang rontok sampai bibir yang pecah-pecah sering kali terdengar. Hal ini wajar terjadi, karena memang selama berpuasa tubuh kita kurang asupan air, nggak seperti biasanya. Nah, bibir pecah-pecah ini jadinya seringkali mengganggu puasa kita, karena bibir terasa sangat kering, menjadi perih dan mengelupas, atau sampai berdarah. Lalu, bagaimana caranya untuk mendapatkan bibir yang lembap selama bulan Ramadhan?

Angkat sel kulit mati pada bibir dengan bulu sikat gigi yang halus

BIBIR LEMBAP SELAMA RAMADHANDibandingkan pakai lip scrub, saya prefer menyikat bibir saya menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lebih halus dan lembut setiap kali mandi. Saya memiliki satu sikat gigi khusus yang biasa saya gunakan untuk menyikat bibir saya. Kegiatan menyikat bibir dengan sikat gigi yang lembut ini dapat mengangkat kulit bibir yang kering dan melancaran sirkulasi darah, seperti penggunaan lip scrub. Jadinya bibir lebih halus dan lembut, warnanya pun lebih cerah.

Pakai madu setiap malam

BIBIR LEMBAP SELAMA RAMADHAN 4

Sebelum tidur di malam hari, saya biasa menggunakan madu untuk dijadikan masker bibir. Madu memiliki banyak zat yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit bibir. Pilihlah madu murni, yang memang tanpa campuran sama sekali, agar manfaatnya dapat kamu rasakan setelah rutin melakukannya setiap malam. Selain bisa membuat bibir lembap, madu juga bisa membuat warna bibir lebih kemerahan lho!

Menggunakan unscented lip balm selama beraktivitas

KIEHL'S LIP BALM #1 - BIBIR LEMBAP SELAMA RAMADHAN

Menggunakan lip balm untuk beraktivitas sehari-hari sangat disarankan apalagi selama bulan Ramadhan. Namun untuk di bulan Ramadhan ini, pastikan kamu menggunakan lip balm dengan kandungan yang melembapkan secara ekstra seperti shea butter dan coconut oil. Pilihlah lip balm yang tanpa aroma atau biasa disebut unscented lip balm, supaya nggak bikin kamu “lapar” karena mencium aroma yang manis.

Rutin menggunakan lip serum 

BIBIR LEMBAP SELAMA RAMADHAN 2

Selain dapat menjadikan bibir lebih lembap, penggunakan lip serum juga dapat mengembalikan kelembutan bibir yang hilang akibat penggunaan lipstik matte atau paparan sinar matahari. Saya saat ini masih menggunakan produk lip serum dari brand Elshe Skin, produk lip serum pertama saya, yang sudah saya gunakan selama 6 bulan. Lip serum ini mengandung honey extract, grapseed oil dan avocado oil yang dapat mengunci kelembapan serta memberikan kelembutan bibir selama bulan Ramadhan. Selain itu, harga dari lip serum Elshe Skin ini cukup terjangkau lho! Kamu bisa memakainya saat malam hari kalau kamu nggak mau memakai madu murni.

Minum air putih secara cukup

 

Yang terakhir, sumber dari segala permasalahan kulit sebenarnya cukup jelas, yaitu kulit yang tidak terhidrasi secara sempurna. Oleh karena itu, penting banget untuk kita memperhatikan jumlah air putih yang kita minum setiap hari. Takaran air putih yang disarankan oleh beberapa dokter dalam satu hari adalah 8 gelas atau 1,5 liter. Pastikan kamu meminum air putih seukuran tersebut atau lebih, untuk memastikan bibir tetap lembap (dan kulit nggak kering!) selama bulan Ramadhan. Kamu bisa minum 3 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 3 gelas setelah jam buka sampai sebelum tidur.

Apakah kamu juga sudah melakukan tips di atas secara rutin? Menurut kamu bagaimana hasilnya? Yuk saling sharing dengan FD Member yang lain, biar di bulan Ramadhan ini semakin sedikit keluhan tentang bibir kering dan pecah-pecah. Selamat berpuasa ya!

 

Foto: Freepik.com, Kiehl’s, Elsheskin.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment