banner-detik

eco friendly

Female Daily Rayakan Earth Day Sambil Tetap #dirumahaja!

seo-img-article

Screen Shot 2020-04-22 at 16.09.25

Demi merayakan Earth Day yang ke 30 tahun, Female Daily mengadakan virtual event bersama dengan para member! 

Tanggal 22 April 2o20 dirayakan sebagai Hari Bumi sedunia. Oleh karena itu, Female Daily mengadakan 3 event virtual yang pertama kalinya dibuka untuk umum, demi mengajak para member memahami terlebih lanjut mengenai sustainability dan clean beauty. Acara dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama yang bertema Deep Dive Into the World of Sustainable Beauty, dibawakan oleh Ankayama atau Anya selaku Eco Beauty Enthusiast, dan Ratuommaya sebagai Sr. Marcomm & Values Manager The Body Shop Indo.

Anya berbagi pengalamannya dalam menjalani sustainable beauty selama ini. Dimulai dari hal-hal simple seperti belajar menghabiskan setiap skincare yang kita beli, serta lebih mempelajari produk-produk yang nggak cuma memberikan manfaat baik untuk kita, tapi juga bagi lingkungan kita. Hal simple yang Anya lakukan selama ini dimulai dari menggunakan reusable cotton pads, hingga menyalurkan setiap waste yang dihasilkan kepada lembaga yang bisa mendaur ulang setiap beauty waste yang ada! Hal ini telah dilakukan Anya selama bertahun-tahun dan sudah menjadi habit dan komitmen yang dilakukan dengan senang hati. If we can get the benefits of beauty, why don’t we return it by sustaining our earth? 

DSCF4078

Baca juga: Wednesday Wishlist : Then I Met You Calming Tide Gel Cream

The Body Shop Indo sebagai salah satu perusahaan yang juga telah lama berkomitmen dalam menjaga sustainability selama ini juga berandil dalam melakukan proses daur ulang bagi setiap kemasannya. Setiap plastik bekas packaging akan dipilah-pilah, dibersihkan, dan kemudian di cacah. Setiap hasil cacahan kemudian akan dijual ke yayasan waste management yang ada, dijual ke pihak yang membutuhkan cacahan plastik, untuk akhirnya diolah menjadi barang baru lagi!  Dengan melakukan hal simple seperti ini, we are doing our earth a favor. 

DSCF4080

Lanjut ke sesi kedua, talkshow yang bertema ‘Sustainable Lifestyle: Just a Trend or a Way of Living?’ dibawakan oleh Muriel selaku founder Zero Waste Indonesia, serta Sandra selaku co-founder Kebun Kumara. Muriel dan Sandra berbagi pengalaman mereka dalam membangun kedua platform yang akhirnya berperan besar dalam menjaga kelestarian bumi. Sandra misalnya, berbagi bahwa ternyata berkebun nggak sesusah yang kita kira! Kita hanya perlu 2 hal sebelum memulai berkebun: pertama, observasi konteks ruang sekita, apakah kamu mendapatkan cukup air dan sinar matahari. Kedua, observasi diri sendiri. Seberapa jauh komitmen kita untuk konsisten berkebun. If you have both, you’ll achieve your goal!

Baca juga: 5 Skill Ini Bisa Kamu Bisa Kamu Pelajari Selama PSBB

Muriel juga berbagi hidup sustainable dalam pandangannya. Menurutnya, hidup sustainable berarti sadar dengan apa yang kita konsumsi, kemana perginya segala yang kita konsumsi, seperti apa proses pembuatannya, di mana semuanya saling berkaitan satu sama lain. Muriel juga mendorong kita semua untuk mulai memilah sampah. Misalnya ketika kita membuang sampah anorganik, kita harus pisahkan terlebih dahulu setiap sampah, kemudian dicuci terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke tempat pembuangan sampah. Dengan melakukan hal-hal simple seperti ini, kita juga mempermudah pekerjaan para petugas sampah. Our waste, our responsibility!

DSCF4083

Setelah asik mendengar talkshow dari para narasumber, di sesi ketiga adalah saatnya untuk kita sama-sama mempraktikkan acts of love buat bumi kita, dengan bermeditasi. Meditasi dipimpin oleh Adeline Windy sebagai wholeness coach. Waktu ini digunakan sebagai waktu di mana kita bisa sama-sama hening, terdiam, sambil memikirkan hal-hal baik yang telah bumi lakukan untuk hidup kita.

DSCF4080

Banyak hal baik yang dipelajari dari ketiga sesi yang dilakukan selama Earth Day hari ini! Semoga dari kegiatan hari ini, kita semakin sadar betapa pentingnya menjaga kelestarian bumi kita! Terima kasih untuk semua yang telah berpartisipasi!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment