banner-detik

skin care

Skincare dengan Kandungan Superfood, Beneran Super Nggak Ya?

seo-img-article

Beautiful woman buying kale at a farmers market

Pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah “superfood”. Dari namanya saja, kita udah bisa menebak kalau superfood punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Manfaat superfood juga bisa dirasakan untuk kesehatan kulit, lho. Bahkan, sekarang superfood juga bisa ditemukan dalam ingredients skincare. 

Saya sih percaya, beauty comes from within. That your healthy skin starts from your guts. Konsumsi superfood bisa jadi salah satu cara menunjang pencernaan dan kulit yang sehat. Tapi sebelum itu, kamu harus tahu dulu, apa sih superfood itu, dan makanan apa saja yang termasuk superfood?

What is superfood?

Well, sejauh ini nggak ada definisi yang scientific dari “superfood” sendiri. Namun sederhananya, superfood adalah istilah untuk makanan (baik dari sumber nabati maupun hewani) yang dipercaya padat akan nutrisi dan baik untuk kesehatan. Superfood juga identik dengan kandungan antioksidan, flavonoid, vitamin, mineral dan nutrisi-nutrisi lainnya yang dikaitkan dengan pencegahan kanker, penyakit kardiovaskular dan lain-lain.

Ingredients for the healthy foods selection. The concept of heal

Superfood bukan cuma terkenal karena kaya akan nutrisi, tapi juga rendah akan kalori. Makanya, superfood sering digunakan dalam resep-resep menu diet yang populer di internet, semangkuk smoothies bowl dengan oat, chia seeds, potongan pisang dan blueberry, misalnya. Klaimnya yang luar biasa ini, bikin superfood dewasa ini mendadak jadi ramai peminat. Apa lagi seiring dengan meningkatnya awareness untuk memulai gaya hidup sehat di kalangan millennials. 

Banyak banget makanan yang termasuk kedalam kategori superfood. Kalau dihitung mungkin ada lebih dari 100, deh. Kalian mungkin nggak asing lagi sama chia seeds, quinoa, oatmeal, kale, dan lain-lain, kan? Itu cuma sebagian kecil dari banyak banget superfood. Selain itu, superfood bukan cuma dari golongan biji-bijian dan sayuran aja! Sarden dan salmon, termasuk sumber protein hewani yang tergolong superfood, lho. Kalau mau tahu lebih banyak tentang superfood, kamu bisa Googling buat tahu beragam superfood dan manfaatnya.

Lihat juga: 10 Superfood untuk Meningkatkan Kekuatan Imun

Lalu, apa saja manfaat superfood buat kulit? 

Mengingat superfood kaya akan kandungan antioksidan, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, dan fatty acid, yang pasti baik untuk kulit, kayaknya most of them on the list bakal bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Saya kasih bocoran beberapa superfood hype yang juga terkenal sebagai ingredient dalam skincare.

Lihat juga: Berbagai Macam Superfood yang Bagus Untuk Kulit! | Skincare 101

Kale dan bayam

BAYAM DAN KALE - SKINCARE DENGAN KANDUNGAN SUPERFOOD

Bayam memang sudah populer sejak sebelum istilah superfood jadi tren. Namun kale mendadak lebih populer akhir-akhir ini. Dulunya, apa lagi di Indonesia, kayaknya nggak banyak yang kenal dengan sayuran hijau satu ini. Bayam dan kale mengandung antioksidan yang dapat membantu kulit melawan radikal bebas, dan mengurangi inflamasi yang terjadi di kulit. Termasuk inflamasi akibat jerawat yang meradang.

Chia seeds dan quinoa

QUINOA DAN CHIA SEEDS - SKINCARE DENGAN KANDUNGAN SUPERFOOD

Sejak superfood jadi tren, kayaknya dua jenis biji-bijian ini popularitasnya juga jadi ikut meroket. Selain sering ditemukan di menu sarapan ala healthy diet influencer, biji-bijian ini juga dijadikan salah satu ingredient dalam skincare. Apapun jenis kulitnya, chia seed bakalan cocok dan bermanfaat karena kandungan fatty acid-nya, yang mendorong pembentukan kolagen dan mencegah kerutan dan tanda-tanda penuaan. Sama halnya dengan quinoa yang dapat membantu mencegah timbulnya kerutan.

Oat

SKINCARE OATMEAL 1

Selain populer karena indeks glikemiknya yang lebih rendah dari pada nasi, banyak banget skincare yang menggunakan oat sebagai ingredient utamanya. Oat dapat berperan sebagai natural moisturizer dan gentle exfoliator untuk kulit. Oat membantu menormalkan kadar pH kulit, membantu mengembalikan pH alami kulit dan melembutkan kulit kering. 

Beetroot

BEETROOT - SKINCARE DENGAN KANDUNGAN SUPERFOD

Buah berwarna ungu menyala ini, kalau dimakan atau diminum sebagai jus, rasanya pahit banget. Tapi ternyata, beetroot juga digunakan sebagai salah satu ingredient dalam skincare. Beetroot berperan sebagai antioksidan alami sekaligus melembapkan kulit.

Green tea dan matcha

MATCHA DAN GREEN TEA - SKINCARE DENGAN KANDUNGAN SUPERFOOD

Penggemar matcha milk tea pasti senang kalau tahu manfaat matcha yang ternyata termasuk kedalam superfood ini untuk kulit. Lagi-lagi, kedua superfood ini kaya akan antioksidan. Matcha dan green tea juga merupakan anti-inflammatory agent, hal ini bikin kedua superfood ini baik untuk meredakan inflamasi akibat jerawat juga rosacea.

Masih banyak superfood lainnya yang juga punya manfaat untuk kesehatan kulit. misalnya saja goji berry, alpukat, kunyit, rumput laut, dan lainnya. Nah, kalau sudah rajin konsumsi superfood ini sehari-hari, lantas kapan hasilnya bisa tampak di kulit?

Tentu saja, hasil dari konsumsi makanan sehat nggak akan muncul secara instan. Apa lagi langsung terlihat perubahannya di kulit. Tapi tenang dulu, ada kok caranya untuk mendapatkan manfaat langsung dari superfood melalui aplikasi secara topikal di kulit. Beberapa produk skincare dengan kandungan superfood ini layak kamu coba buat membuktikan apakah superfood benar-benar “super”.

Sukin Super Greens Facial Recovery Serum

SUKIN SUPER GREENS SERUM - SKINCARE DENGAN KANDUNGAN SUPERFOOD

Kalau kamu benar-benar penasaran dengan skincare dengan kandungan superfood, rangkaian Super Green dari Sukin ini seluruhnya mengandung kebaikan dari superfood, lho. Salah satunya Facial Recovery Serum ini. Serum ini mengandung tiga kombinasi superfood, yaitu kale, parsley, dan spirullina.

Youth To The People Superfood Cleanser

YOUTH TO THE PEOPLE KALE GREEN TEA MATCHA CLEANSER - SKINCARE DENGAN KANDUNGAN SUPERFOOD

Masih dari vegan brand, kali ini produk cleanser dari Youth To The People yang sudah hits banget. Water-based cleanser dari YTTP ini mengandung kombinasi tiga superfood sekaligus, ada kale, green tea dan bayam dalam satu cleanser.

Baca juga: Referensi Cruelty Free & Vegan Skincare Brands

Krave Beauty Oat So Simple Water Cream

tekstur krave beauty oat so simple

Mostly, produk-produk dari Krave Beauty selalu punya ingredient superfood di dalamnya. Matcha, beet, dan di produk terbarunya, Krave Beauty menggunakan oatmeal sebagai key ingredient dalam moisturizer-nya. Baca review lengkapnya di artikel ini.

Isntree Green Tea Fresh Toner

 

Isntree Green Tea Fresh Toner - SKINCARE DENGAN KANDUNGAN SUPERFOOD

Toner ini mengandung 80% ekstrak green tea dari Jeju Island. Dari warna dan teksturnya, toner ini mirip banget dengan teh. Karena dapat menghidrasi dan mengontrol sebum, toner ini cocok digunakan untuk oily dan acne-prone skin.

Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum - SKINCARE DENGAN KANDUNGAN SUPERFOOD

Local brand juga nggak mau kalah, dong. Serum best selling dari Somethinc yang juga disebut-sebut sebagai versi lokalnya The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc ini ternyata mengandung superfood di dalamnya. Apa lagi kalau bukan Beta Vulgaris Root Extract alias beetroot

Kalau kamu masih ragu buat nyobain produk-produk mengandung superfood ini, cek dulu review-nya di Female Daily Review biar makin yakin dan nggak salah beli! Selamat mencoba!

 

Foto: Courtesy of brands, Freepik.com.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment