banner-detik

skin care

Berapa Lama Bahan Aktif Skincare Bisa Kelihatan Efeknya?

seo-img-article

BAHAN AKTIF SKINCAREJika kamu belum melihat efek bahan aktif yang ada di dalam skincare, jangan langsung menggantinya dengan yang lain.

Bahan aktif skincare berfungsi untuk membuat skincare kita bekerja. Walaupun kandungan bahan aktif skincare cukup powerful, sudah pasti kamu nggak akan langsung melihat efeknya hanya dalam semalam. Berapa lama bahan aktif skincare itu bisa kelihatan efeknya?

Jika kamu belum melihat efek bahan aktif yang ada di dalam skincare, jangan terburu-buru langsung menggantinya dengan yang lain ya. Tentu ada berbagai alasan mengapa suatu produk nggak menampakkan hasilnya. Menurut para ahli sendiri sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi. Bisa jadi penerapan produk yang nggak tepat, ekspektasi kamu yang nggak realistis, kamu nggak jaga pantangan, penggunaan produk yang salah, atau kamu nggak melindungi kulit dengan sunscreen. 

Menurut seorang dermatolog Dr. Vlada Doktor dari The Dermatology Specialists, bahan aktif di skincare belum terlihat efeknya bisa juga disebabkan karena kamu nggak memberikan kesempatan lebih lama pada produk itu untuk melakukan sebuah keajaiban di kulit kamu. Karena idealnya, sebuah produk perawatan kulit itu akan bekerja dan memberikan efek yang kamu inginkan  jika kamu konsisten mengaplikasikannya selama 2-3 bulan. Kita bahas satu-satu yuk di sini!

Retinol (Vitamin A)

BAHAN AKTIF SKINCARE - RETINOL (VITAMIN A)

Retinol umumnya digunakan untuk mengobati dan mencegah garis-garis halus, keriput, dan jerawat. Menurut ahli, sekiranya diperlukan 3-6 bulan baginya untuk bisa memberikan hasil yang maksimal di kulit kita. Namun, dengan resep retinol khusus dari dokter kulit, kamu mungkin bisa merasakan perbedaan di kulit dalam 6-8 minggu. 

Alpha Hydroxy Acids (AHA)

BAHAN AKTIF SKINCARE - AHA

Jika kamu berharap ada peningkatan pada tekstur kulit, mungkin nggak butuh waktu lama baginya bekerja di kulit kita. Namun, jika harapan kamu ingin memudarkan hiperpigmentasi atau mengurangi garis-garis halus, harap bersabar dan menunggu sedikit lebih lama. Biasanya perubahan dapat terjadi dalam 2-6 bulan, ini disebabkan karena dalam waktu tadi kolagen baru dalam kulit akan terbentuk sehingga kulit bisa tampak lebih kencang dan kerutan mulai berkurang. 

Beta Hydroxy Acids (BHA)

BAHAN AKTIF SKINCARE - BHA

Jika kamu menggunakan salicylic acid untuk menumpas komedo dan jerawat, kamu perlu sekitar 1 minggu untuk melihat pori-pori kulit yang lebih jernih. 

Vitamin C

BAHAN AKTIF SKINCARE - VITAMIN c

Vitamin C adalah bagian yang nggak bisa lepas untuk kesehatan kulit dan bekerja sebagai antioksidan serta sintesis kolagen pada kulit. Nah, hasil kulit yang lebih cerah secara keseluruhan dapat menjadi milik kamu dalam dua hingga empat minggu pemakaian produk vitamin C yang tepat. Tapi jika kamu ingin mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit, kamu butuh memberinya kesempatan lebih lama yaa supaya ia bisa bekerja. Kira-kira dalam hitungan bulan dengan pemakaian yang konsisten.

Hyaluronic Acid

BAHAN AKTIF SKINCARE - HYALURONIC ACID

Iya, mungkin ini bisa dibilang kandungan yang paling cepat menampakkan hasil, menurut para ahli. Jika kulit kamu mengalami dehidrasi, kamu bisa mengembalikan kelembapan kulit lagi kok hanya dalam waktu 1 jam dengan kandungan ini. Pasti deh! Siapa sih yang nggak merasakan efeknya di kulit? 


Nah, kira-kira sudah ada gambaran kan? Jadi, beri kesempatan buat skincare kamu untuk bekerja dulu ya, sebelum menggantinya dengan produk-produk lain yang malah bisa bikin kamu jerawatan atau bruntusan!

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment