banner-detik

bath n body

Cara Memanfaatkan Produk Skincare yang Nggak Cocok di Muka

seo-img-article

Hemat Biaya Skincare 1

Punya beberapa produk skincare yang nggak cocok atau yang udah mau mendekati kadaluarsa? Eits, jangan dibuang dulu! Produk-produk tersebut masih bisa kok dimanfaatkan.

Apakah kamu termasuk orang yang suka coba-coba skincare baru? Nggak papa kok, saya juga. Saya akui, nyobain produk-produk baru itu menyenangkan banget. Tapi sayangnya nggak semua produk ini cocok di kulit kita. Selama nggak bikin breakout dan iritasi, sebenernya kalau saya sih tetep akan saya pakai skincare-nya. Tapi kalau udah timbul jerawat atau rasa perih di beberapa area wajah, ya mau nggak mau pemakaian harus dihentikan.

Lalu karena suka nyoba-nyoba ini, saya kadang juga punya beberapa produk skincare yang isinya masih banyak, tapi udah hampir mendekati masa kadaluarsa atau PAO. Nah, yang begitu kan sebaiknya segera dihabiskan ya, daripada terbuang sia-sia. Dan nggak mungkin dong kalau mau memaksa ditempelkan di wajah dalam jumlah banyak?

Kalau saya, skincare yang nggak cocok atau harus segera saya habiskan biasanya saya gunakan dengan cara ini:

HAND CREAM PENTING NGGAK SIH 6

Sabun muka untuk cuci tangan

Gara-gara pandemi ini, kita semua jadi rajin banget kan cuci tangan? Pasti banyak juga yang mengalami kulit tangan kering dan pecah-pecah gara-gara ini. Salah satu solusi untuk kulit tangan kering ini adalah dengan menggunakan hand wash dengan formula yang lembut dan tanpa SLS. Nah, kalau kebetulan punya sabun muka yang nggak cocok dipakai di wajah, bisa nih turun pangkat untuk dipakai sebagai sabun cuci tangan.

Formula sabun cuci muka ini biasanya lembut dan nggak bikin kering, namun tetap efektif membersihkan kulit. Dan kalau saya sendiri, memang selalu menghindari sabun muka yang ada kandungan SLS-nya. Jadi rasanya pas banget ya, pakai sabun muka sebagai sabun pencuci tangan.

Baca juga: Tips Menjaga Diri Dari Coronavirus Untuk Kulit Eczema

memanfaatkan skincare tidak cocok Arum (3)

Cream moisturizer untuk hand cream

Masih mengatasi permasalahan kulit tangan yang jadi lebih kering selama pandemi, hand cream udah jadi barang wajib yang harus selalu kita pakai setiap habis cuci tangan. Tapi kalau kebetulan ada moisturizer yang nggak cocok dipakai di wajah, bisa banget lho dipakai sebagai pengganti hand cream.

Face moisturizer biasanya didesain punya formula yang melembapkan, namun nggak lengket dan cepat menyerap. Jadi pas banget kalau digunakan sebagai hand cream. Tapi pastikan moisturizer-mu nggak mengandung bahan-bahan yang irritant dan photosensitive seperti AHA/BHA dan Retinol ya.

memanfaatkan skincare tidak cocok Arum (2)

Eye cream untuk pelembap leher

Selain area sekitar mata, sebenarnya kulit leher adalah area yang juga paling terlihat kalau terkena dampak penuaan. Apalagi kulit leher termasuk area yang sering terlewatkan kalau kita sedang pakai skincare, kan? Nah, kalau ada eye cream yang nggak terpakai, bisa kok digunakan sebagai neck cream. Biar leher lebih kencang dan bebas kerutan. Formula eye cream juga biasanya cukup ringan dan mudah meresap, jadi tetap akan nyaman kalau dipakai di area leher.

body lotion

Essence/serum/ampoule untuk campuran body lotion

Kalau tips ini saya dapatkan dari instagram beauty influencer @bellindap. Face Serum itu biasanya harganya lumayan mahal, karena punya kandungan bahan konsentrat yang lebih tinggi dibandingkan produk lainnya. Kalau nggak cocok, agak sayang juga ya? Daripada terbuang percuma, Bellinda menyarankan untuk mencampurkannya dengan body lotion. Bukan dicampur langsung pada botolnya ya, tapi campurkan di tangan setiap kali akan memakainya. Kandungan pada serum, akan menambah nutrisi pada body lotion-mu.

Tapi lagi-lagi, tetap perhatikan ingredient-nya ya. Kalau ada bahan-bahan yang berpotensi mengiritasi dan photosensitive, sebaiknya digunakan di malam hari saja, dan siangnya wajib pakai body sunscreen.

review trilogy rosehip oil (14)

Face oil untuk campuran body oil

Kalau kamu lebih suka pakai body oil dibandingkan body lotion, kamu bisa campurka face oil-mu ke body oil. Karena kalau mau mencampur dengan serum yang teksturnya kental kan akan susah. Face oil ini akan memberikan tambahan nutrisi ke body oil-mu.

Yuk, manfaatkan skincare yang kita punya sampai tetes terakhir!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment