banner-detik

haircare

Suka Pakai Catokan? Ini Tips Mengatur Suhunya untuk Mencegah Rambut Rusak!

seo-img-article

PAKAI CATOKAN 1

Suhu berapa yang aman buat rambut kamu saat pakai catokan?

Apakah suhu 200 derajat terlalu tinggi, atau terlalu rendah? Gimana nasib rambut yang diwarnai kalau ditempa panasnya catokan? Jika kamu nggak tau berapa suhu terbaik untuk menata rambut, kamu nggak sendirian kok. Yuk, simak informasi yang udah saya kumpulkan ini.

Berapa suhu catokan yang aman untuk menata rambut?

PAKAI CATOKAN 4

Semakin panas catokan kamu, semakin besar kerusakan yang akan rambut kamu alami. Namun kembali lagi pada kondisi rambut masing-masing, semakin halus tekstur rambut kamu, semakin rendah pengaturan suhu panasnya. Suhu tinggi sengaja disediakan untuk menaklukan rambut yang bertekstur kasar dan susah nurut. Apabila rambut kamu tergolong yang halus, suhu rendah 100 – 170°C itu udah cukup aman untuk rambut kamu. 

Nggak cuma untuk rambut yang halus saja, suhu yang relatif lebih rendah juga berlaku untuk kamu yang hobi ngecat rambut atau di-highlight. Ini sebenarnya bertujuan supaya cat rambut kamu sendiri nggak cepat pudar dan rusak. Suhu aman untuk rambut yang dianjurkan adalah hingga maksimal 180°C. Nggak dianjurkan mencatok rambut dengan suhu lebih dari 190°C dalam waktu lama karena ini hanya akan merusak rambut kamu dan membuatnya kaku. 

Untuk kamu yang memiliki jenis rambut normal, kamu juga tetap perlu melindungi rambut. Pertahankan catokan kamu dengan suhu di bawah 200°C supaya nggak menimbun kerusakan pada rambut. 

Jika rambut keriting, teskturnya padat dan tebal, wajar banget kalau kamu butuh suhu yang lebih panas dari jenis rambut lainnya saat pakai catokan. Mulailah menata rambut pada suhu 220°C. Nah, kalau rambut kamu keriting namun baru aja dicat atau di-highlight, kurangi panasnya hingga 190°C supaya nggak semakin merusak rambut. 

Bagaimana cara mengetahui kalau suhu catokan kamu terlalu panas?

PAKAI CATOKAN 3

Sebuah tanda yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui pengaturan suhu catokan terlalu tinggi untuk rambut kamu adalah jika rambut kamu alih-alih terlihat berkilau tapi justru kelihatan kusam dan nggak berkilau sama sekali setelah dicatok. Indikator lainnya, setelah rutin pakai catokan rambut, rambut kamu jadi cepat patah dan mulai bercabang. Nah, inilah pertanda kamu perlu mengurangi suhu catokan kamu.

 

Itulah beberapa tips mengatur suhu saat pakai catokan supaya menghindari rambut rusak. Kalau saat isolasi atau karantina seperti ini, kamu nggak perlu terlalu sering pakai catokan ya, toh nggak perlu ke mana-mana. Kalaupun tetap pakai, jangan lupa rajin mengaplikasikan hair serum atau heat protecting spray.

HEAT PROTECTING SPRAY - PAKAI CATOKAN

 

Foto: Freepik.com, Courtesy of Tresemme, Moroccanoil, Aussie

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment