Tati Beauty Blendiful: Bisakah Menggantikan Beauty Sponge?

REVIEW TATI BEAUTY BLENDIFUL - BEAUTY SPONGE - 7.jpeg

Hingga saat ini, beauty sponge merupakan beauty tools yang kerap digunakan untuk mengaplikasikan face makeup. Tapi sekarang, sudah muncul beauty tools jenis baru dari brand yang didirikan oleh Tati Westbrook, yaitu Tati Beauty.

Diberi nama Blendiful, makeup tools satu ini katanya bisa digunakan untuk mengaplikasikan produk ke wajah with no harsh lines. Penasaran, akhirnya saya membeli produk ini via online dan mencoba membuktikan apakah Blendiful bisa menggantikan beauty sponge kesayangan saya.

REVIEW TATI BEAUTY BLENDIFUL - BEAUTY SPONGE - 3.jpeg

Kemasan produk ini sangat sederhana, tanpa boks, which i like karena meminimalisir packaging waste. Informasi yang ada di kemasannya yaitu isi produknya – 1 Blendiful dan 1 Baby Blendiful, petunjuk cara membersihkan, keterangan mengenai bahannya yang 100% Polyester Polyurethane, keterangan bahwa produk ini vegan dan cruelty free, serta klaim ‘No Harsh Lines’ dari Tati Westbrook. Tapi tidak ada petunjuk pemakaiannya sama sekali.

REVIEW TATI BEAUTY BLENDIFUL - BEAUTY SPONGE - 4.jpeg

Baca juga: Tren Menunda Pernikahan Karena Corona: Harus Gimana?

Penggunaan

Karena tidak ada petunjuk penggunaan di kemasan produk, saya mencari cara penggunaan Blendiful ini di website Tati Beauty. Klaimnya, Blendiful ini bisa digunakan untuk mengaplikasikan face primer, foundation, concealer, contour, dan Baby Blendiful bisa digunakan untuk mengaplikasikan highlighter. Di website-nya tidak ada keterangan kalau produknya harus dibasahkan atau sebaliknya, tidak boleh digunakan dalam keadaan basah. Jadi saya coba menggunakan Blendiful dalam keadaan lembap, dan Baby Blendiful dalam keadaan kering.

REVIEW TATI BEAUTY BLENDIFUL - BEAUTY SPONGE - 1

Setelah saya coba, untuk produk liquid seperti foundation dan concealer, Blendiful ini bagus banget! Pengaplikasiannya jadi cepat karena ukurannya yang cukup besar, dan sesuai klaimnya, no harsh line. Produk liquid yang saya gunakan benar-benar mulus dan skin like, dan tidak banyak produk yang terbuang. Saya mencoba menggunakan Blendiful ini dengan 4 pump foundation yang medium coverage, dan hasilnya memang sedikit lebih mulus dibandingkan dengan beauty sponge. Biasanya dengan beauty sponge saya butuh sekitar 6 pump atau lebih.

Blendiful ini juga bisa mengaplikasikan produk sesuai dengan bentuk dan lekuk wajah karena bisa dibentuk sesuai kebutuhan, sehingga pengaplikasian foundation dan concealer jadi lebih rata. Tekstur fabric-nya juga terasa lembut banget di kulit, jadi nyaman digunakan.

REVIEW TATI BEAUTY BLENDIFUL - BEAUTY SPONGE - 2

Saya juga mencoba menggunakan Blendiful ini untuk mengaplikasikan cream blush, dan hasilnya juga bagus, presisi dan seamless. Jadi kesimpulannya, kalau untuk liquid product, saya lebih suka menggunakan Blendiful ini daripada beauty sponge.

REVIEW TATI BEAUTY BLENDIFUL - BEAUTY SPONGE - 6.jpeg

Namun, untuk mengaplikasikan powder di area bawah mata, saya masih lebih suka menggunakan brush karena hasilnya lebih smooth. Saat saya menggunakan Blendiful di area bawah mata, loose powder yang saya gunakan malah terlihat patchy. Begitu juga dengan contour dan highlighter, saya lebih nyaman menggunakan brush daripada Blendiful.

Baca juga: 12 Perawatan Kecantikan Simpel yang Bisa Dilakukan Biar Kamu Nggak Bosan!

Final verdict

Jadi, apakah Blendiful ini lebih bagus daripada beauty sponge? Kalau untuk mengaplikasikan liquid atau cream product, menurut saya Blendiful ini lebih bagus. Hasil akhirnya lebih smooth dan skin like, pengaplikasiannya juga lebih cepat. Tapi apakah Blendiful ini a must have product? Not really. Harganya juga cukup mahal, saya membeli produk ini di Shopee seharga Rp368.000, sekitar 3 kali lipat dari harga beauty sponge yang biasa saya gunakan.

REVIEW TATI BEAUTY BLENDIFUL - BEAUTY SPONGE - 9.jpeg.JPG

Untuk membersihkan Blendiful, saya menggunakan sabun yang biasa saya gunakan untuk membersihkan beauty sponge. Membersihkannya juga lebih susah daripada beauty sponge, harus diulang beberapa kali sampai nodanya benar-benar hilang, itupun masih ada sedikit warna yang tertinggal, jadi sepertinya memang sulit untuk dibersihkan sampai benar-benar bersih. Lalu sayangnya, saat saya mencoba membersihkan Blendiful ini, jahitannya malah lepas.

REVIEW TATI BEAUTY BLENDIFUL - BEAUTY SPONGE - 8.jpeg.JPG

Jadi, saya sih tidak terlalu merekomendasikan produk ini kalau kamu memang sudah nyaman menggunakan beauty sponge yang kamu punya sekarang. Tapi kalau kamu memang punya budget lebih untuk beauty tools, dan senang mencoba beauty tools yang beragam, tidak ada salahnya juga sih mencoba Blendiful ini, karena produknya tidak jelek juga. Hasilnya memang lebih bagus daripada beauty sponge kalau untuk mengaplikasikan liquid/cream product. Apalagi kalau kamu suka hasil makeup yang natural dan skin like. Kalau dari saya, Blendiful ini 3/5 deh rating-nya.

Gimana menurut kamu? Bakal coba nggak Tati Beauty Blendiful ini?

 

Foto: Dok. Female Daily / Tirza Tiffani.