Inside FDHQ: Hal Positif yang Didapatkan Dari WFH

kerja dari rumah

Mulai merasa stress WFH di rumah? Eits, tanpa kamu sadari, sebenarnya WFH banyak hal positifnya lho. Contohnya beberapa hal yang dialami FDBabes selama WFH 2 minggu ini. 

Secara official Female Daily sudah menerapkan WFH selama satu minggu lalu. Tentunya, awal mendengar berita ini kami senang dong, akhirnya bisa kerja dari rumah dengan lebih santai dan nggak perlu kena macet sama sekali! Namun, masuk minggu ke-2, mulai nih berasa bosan. Berasa kangen dengan teman-teman kantor yang biasanya rusuh dan suka ngajak ngobrol. Tapi untungnya, sekarang kita sudah hidup di zaman yang super maju banget. Jadi mau ngobrol sama teman kantor pun lebih mudah dengan adanya video call atau google hangout. Setidaknya, dengan cara ini, rasa kangen ketemu dengan teman kantor,terobati sedikit.

Kalau teman-teman yang lainnya baru merasakan WFH selama dua minggu, saya pribadi sudah merasakan WFH selama 3 minggu. Yes, seminggu lebih awal, karena kemarin memang saya sempat sakit radang tenggorokan, yang membuat saya memilih untuk di rumah, ketimbang keluar-luar rumah, dan bikin orang lain nggak nyaman.

Nah, gimana rasanya tiga minggu full di rumah? Hmm, di minggu pertama jujur berasa guilty banget sih, karena memang saya jarang stay di rumah kalau sakitnya ringan. Awalnya saya merasa nggak produktif kerjanya. Namun, setelah official harus WHF karena pandemi Corona virus, saya nggak merasa guilty lagi, harus di rumah, walau pun sakit ringan. Lalu hal positif apa yang saya rasakan setelah 3 minggu WFH? Wah, banyak banget sih, haha.

Pertama adalah kerjaan jadi lebih cepat selesai dan ternyata ada saja ide-ide artikel yang muncul, walau pun cuma di rumah saja. Lalu karena harus di rumah, mau nggak mau, saya harus foto-foto sendiri untuk keperluan artikel, dan ternyata saya malah enjoy dengan kegiatan ini. A.K.A nambah skill photography dan lighting! Ketiga adalah karena butuh foto background yang rapih, saya juga jadinya malah bisa menrapikan kamar dan menata ulang kamar saya. Ini juga sih hal baru yang saya ngeh, haha, ternyata saya bisa mengatur barang dengan rapih. Dan terakhir saya malah jadi suka banget eksplore resep-resep smoothies atau jus-jus buah. Kalau dulu hanya sampai ditahap beli buahnya saja, nah, sekarang setiap bangun tidur, saya pasti ke dapur dan menyiapkan minuman-minuman ini.

Nah, ternyata nggak cuma saya saja lho, yang merasakan hal positif dari WFH di rumah. Beberapa teman FD, lebih tepatnya FDBabes juga banyak yang merasakan hal positif dari WFH!

Hal Positif yang Didapatkan Dari WFH-3

Dori, Sales Group Head

Kalo gue hal baru yang dirasain ternyata gue bisa masak dan enak rasanya, hehe! Plus ternyata gue bisa lebih hemat, karena di rumah entah kenapa malah nggak pernah ngemil, jadi makan kalau laper aja. Nah bonusnya, gue nggak perlu musingin BB naik selama WFH ini. Dan ternyata selama WFH gue nggak perlu punya financial planner karena jadi lebih hemat!

 Hal Positif yang Didapatkan Dari WFH

Amal, Graphic Designer 

Hmm, hal positifnya nggak termasuk hal baru sih, hehe. Tapi sejak WFH, aku jadi bisa lebih explore drawing skill, hehe. Dulu tiap ada waktu di rumah bawaannya buat istirahat aja, tapi karena sekarang lebih banyak waktu di rumah dan jatuhnya bosen, aku pakai waktu-waktu tersebut buat balik gambar-hambar lagi, hehe.

 Hal Positif yang Didapatkan Dari WFH-2

Kristie, Event Planner

Kalo aku dulu olahraga seminggu 2 kali aja sudah syukur banget. Sekarang bisa setiap hari, dan rasanya kalau nggak gerak jadi gloomy gitu seharian. Jadi dengan WFH ini, aku lebih bisa nyelipin waktu olahraga.

 Hal Positif yang Didapatkan Dari WFH-11

Arinda, Managing Editor

Kalau gue sih jadi lebih cepat menyelesaikan pekerjaan, lebih sering olahraga, dan mulai belajar masak sih, haha. Kerjaan juga jadi lebih terstrukur sih. Tapi kadang karena kerja di rumah, hal jeleknya adalah suka lupa waktu, karena kan kita nggak perlu commute. Akhirnya bisa kerja lebih lama dibandingin kalau masuk kantor biasa.

Hal Positif yang Didapatkan Dari WFH-9

Poppy, Senior Editor

Selama WFH aku jadi tahu kalo aku bisa multitasking. Aku bikin artikel, edit artikel, sambil masak, cuci baju, suapin anak, mandiin anak, siapin tugas sekolah anak. It’s far from easy, tapi ternyata bisa dan terlewati tiap hari. Dan aku senang juga karena aku jadi ngga ketergantungan sama mall.

Hal Positif yang Didapatkan Dari WFH-10

Regina, Associate Editor

Kalau aku, ternyata menghabiskan waktu sendirian itu, bukan sesuatu yang menakutkan. Biasanya aku nggak pernah berani lama-lama di dalam kamar sendirian, karena bisa tiba-tiba anxious atau panik. Kemaren sempat sih panik, tapi kalau diisi sama hal-hal yang produktif, ternyata sendirian di kamar itu malah bikin lebih produktif dan enak buat kerja.

Hal Positif yang Didapatkan Dari WFH-7

Carol, Event Manager

Aku lebih rutin untuk olahraga, biasanya kalau kerja aku olahraga seminggu sekitar 4 kali, tapi itu pun pasti akan kepotong-potong sama rutinitas kantor, misalnya aku harus lembur atau pulang sudah capek banget. Semenjak WFH, jadi lebih mudah membagi waktu sama diri sendiri, bisa rutin olahraga tiap hari di jam yang sama. FYI, aku selalu olahraga di rumah, mengikuti step-step di YouTube.

Jadi WFH atau #DiRumahAja tuh nggak selalu negatif lho. Dengan di rumah aja, ternyata kita bisa menemukan banyak banget hal-hal, atau kegiatan positif yang nggak pernah kita sangka bisa lakukan sebelumnya. Nah, kalau kalian sendiri gimana? Apa hal positif yang kalian lakukan atau temukan ketika WFH?