banner-detik

industry news

Kontribusi Industri Kecantikan Terhadap Corona

seo-img-article

Pertanggal 22 Maret 2020, korban virus Corona di Indonesia sudah mencapai 514 orang. Nah, untuk menekan bertambahnya jumlah pasien kasus Corona, inilah beberapa kontribusi industri kecantikan dalam menangani pandemi ini.

Menuju akhir bulan Maret, rasanya kasus Corona semakin berat ya? Apalagi hari minggu lalu, sudah dikabarkan kalau ada tiga orang dokter yang meninggal karena virus ini. Melihat perkembangan virsu Corona yang semakin meningkat di Indonesia, pelan-pelan mulai banyak orang-orang yang menyalurkan bantuan, baik itu dari sumbangan dana, masker, hand sanitiser, hingga APD atau alat perlindungan diri yang dibutuhkan oleh tenaga medis.

Yang bergerak untuk membantu Indonesia melawan visus Corona, nggak cuma para artis atau influencer saja lho. Kemarin saya bahkan melihat, bahwa ada fans BTS Indonesia sudah menggalang dana untuk membantu kasus Corona ini sendiri. Lalu gimana dengna industri kecantikan? Mereka pun nggak ketinggalan kok! Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan industri kecantikan dalam melawan Corona di Indonesia.

CRYSTALLURE BY WARDAH 7 - 675

Paragon

Ada yang familiar dengan nama Paragon? Belum? Paragon adalah perusahaan yang memayungi empat brand lokal besar di Indonesia, yaitu Wardah, Emina Cosmetics, Make Over dan Crystallure by Wardah. Minggu lalu, Paragon baru saja menyumbangkan alat kesehatan sebesar 40M, untuk beberapa rumah sakit. Sumbangan ini bukan berupa uang, tapi benar-benar alat yang dibutuhkan untuk tim medis, dalam menangani kasus Corona, seperti swab test, ventilator dan mobile X-ray. 

Kontribusi Industri Kecantikan Terhadap Corona

New in store policy

Kalau kalian biasa ke counter makeup, pasti kalian familiar dengan berbagai in-store service yang diberikan, contohnya  skin check consultation,makeup service atau tester yang bisa kalian coba sepuasnya. Namun, sejak kasus Corona mulai semakin menyebar di mana-mana, beberapa brand sudah mengurangi, bahkan stop service-service ini. Contohnya MAC Cosmetics Indonesia yang sudah menghimbau bahwa MAC Artist nggak akan melakukan aplikasi makeup ke kalian secara lansung. Artinya mereka sudah mulai menerapkan social distancing, seperti yang sudah di arahkan. Di negara lain bahkan sampai se-extreme produk display sudah di wrap dan nggak disediakan lagi tester untuk digunakan pelanggan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus dan baktri kepada para customer nantinnya.

Kontribusi Industri Kecantikan Terhadap Corona-2

Online consultation

In case kalian memang butuh banget konsultasi mengenai produk makeup atau skincare, sekarang banyak brand yang menyediakan online consultation by WhatsApp, secara gratis! Contohnya seperti yang dilakukan brand skincare lokal, Votre Peau. Jadi, selain kalian mendapatkan solusi, kalian juga bisa mendapatkan ilmu saat harus stay at home.

Memang belum banyak ya, hal yang dilakukan oleh industri kecantikan di Indonesia untuk membantu mengenai Corona Virus ini. Memang belum sehebat seperti di luar negeri, di mana beberapa retail beauty seperti Sephora dan Ulta sudah menutup tokonya sejak tanggal 17 Maret dan rencana akan dibuka kembali pada tanggal 03 April 2020. Atau seperti perusahaan besar LVMH, yang mengoprasikan pabriknya hanya untuk membuat sanitiser dan dibagikan secara gratis ke pemerintahan Perancis dan ke rumah sakit terbesar di Paris, yaitu Publique-Hôpitaux de Paris.

Tapi setidaknya, sudah ada gerakan kecil yang dibawa oleh industri kecantikan, untuk mengurangi penyebaran pandemi Corona.

Lalu apa yang bisa kita lakukan sebagai masyarakat? Ya tentunya tetap menjalankan #DiRumahAja atau bisa ikut donasi Corona yang sedang banyak dilakukan sekarang. Selain itu, kita pun harus tetap bisa semangat dan percaya, kalau pandemi ini akan segera berakhir dan saling menyemangati satu dan yang lainnya.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment