banner-detik

eco friendly

Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Ganti ke Bamboo Toothbrush

seo-img-article

pepsodent3

Perubahan simple ke bamboo toothbrush bisa jadi langkah awal kamu kurangi pemakaian plastik!

Beberapa tahun terakhir gerakan peduli lingkungan semakin digalakkan di berbagai belahan dunia. Kita semua pasti sudah sadar kan kalau kondisi planet Bumi sudah nggak baik lagi dan berbagai tanda climate change sudah terjadi di mana-mana? Ditambah lagi World Economic Forum melaporkan di tahun 2016 bahwa jumlah sampah plastik di laut akan lebih banyak dari ikan pada tahun 2050. Menyedihkan banget kan? That’s why it’s extremely important to take action ASAP.

Kalau masih bingung harus mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dari mana, selalu ingat untuk mulai dari yang paling mudah dan paling dekat dengan kita. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengganti sikat gigi plastik ke bamboo toothbrush.

Baca juga5 Rekomendasi Produk Eco Beauty Di Bawah 100ribu

pepsodent2

Kenapa sikat gigi? Coba deh ingat-ingat berapa jumlah sikat gigi yang kita habiskan dalam setahun. Dokter gigi menyarankan untuk mengganti sikat gigi dengan yang baru setiap tiga bulan sekali karena kondisi bulu sikat yang sudah nggak prima justru bisa melukai gusi dan menyebabkan infeksi. Nah, berarti in average setiap orang akan membuang at least empat sikat gigi setiap tahunnya. Dikalikan dengan jumlah penduduk yang ada 264 juta, sampah sikat gigi di Indonesia sendiri bisa mencapai 1 milyar!

Sebenarnya bahan dasar sikat gigi plastik pada umumnya bisa didaur ulang untuk jadi produk plastik baru, namun pengelolaan sampah yang belum baik membuat sampah sikat gigi plastik berujung di TPA atau lebih buruknya lagi akan menumpuk di laut kita. Makanya ganti ke sikat gigi bambu adalah langkah awal yang mudah banget untuk dilakukan. Bahan sikat gigi yang terbuat dari bamboo akan lebih mudah terurai secara alami atau biodegradable. Saat sudah nggak terpakai, gagang sikat bambu bisa dijadikan kompos dengan membuang bulu sikatnya terlebih dulu. These bamboo toothbrushes leave fewer footprints than the conventional plastic ones.

pepsodent1

Baca jugaBicara Sustainable Beauty Bersama Tyas dari Sustaination

Sekarang bamboo toothbrush sudah mudah ditemukan di Indonesia. Salah satunya ada Pepsodent Sikat Gigi Natural Bamboo yang gagangnya 100% terbuat dari bambu dan kemasannya juga terbuat dari recycled paper. Bulu sikatnya sangat lembut dan ujungnya bulat sehingga nyaman di mulut dan nggak tajam di gusi. Dengan harga Rp23.500 kamu bisa dapatkan Pepsodent Sikat Gigi Natural Bamboo di drugstore ataupun supermarket.

Kamu sudah ganti ke sikat gigi bambu juga? Ayo mulai langkah kecil untuk #Senyumkanbumi.




Slow Down

Please wait a moment to post another comment