banner-detik

skin care

Polusi Bikin Jerawatan dan Keriput? Masa Iya?

seo-img-article

Polusi Kota Seberapa Bahaya untuk Kulit?- female daily

Percaya gak percaya, polusi itu ibarat buah simalakama–mau ngapain aja kalau ada polusi itu serba salah! Gak cuma bahaya buat pernapasan, ternyata polusi punya dampak jangka pendek dan jangka panjang pada kulitmu lho! 

Yup, awalnya saya gak percaya kalau polusi bikin jerawatan pada jangka pendek, dan keriput pada paparan jangka panjang. Oleh karena itu, mari kita kupas tuntas apa sih polusi itu:

Polusi udara atau pencemaran udara sendiri adalah kumpulan zat-zat berbahaya yang terdiri atas karbon monoksida, hidrokarbon, timbal, dan suspensi lainnya. Bahkan tidak jarang mengandung sulfur dioksida jika kamu tinggal di area industri. Polusi udara ini sendiri 70% berasal dari emisi kendaraan, tetapi sisa pembakaran sampah rumah tangga juga dapat dikatakan sebagai kontributor polusi tertinggi. Jadi bukan cuma paparan sinar matahari yang bisa mengancam kulitmu, polusi udara juga!

Baca juga: Tren Kota Besar; Skincare Antipolusi

pollution

Tapi ternyata ada lagi fakta mengejutkan, ternyata di dalam ruangan juga terdapat polusi udara yang tidak kalah berbahaya bahkan dapat memicu penyakit tanpa kita sadari. Salah satunya adalah aktivitas pembakaran seperti asap rokok dan penggunaan lilin. Hayo, siapa yang suka menyalakan lilin aromaterapi sebelum tidur? Kegiatan rumah tangga seperti memasak dengan minyak goreng dan kompor gas tanpa exhaust fan juga ternyata termasuk polusi dalam ruangan lho. Belum lagi penumpukan bakteri, jamur, dan virus di sudut rumah dan gorden. Hal ini tentunya akan berkali lipat lebih banyak jika kamu memiliki hewan peliharaan di dalam rumah. Oh, belum selesai! Semua polusi ini akan terus berputar-putar di dalam ruangan, saat kamu menggunakan pendingin ruangan dan tidak memiliki ventilasi rumah yang cukup. Mantap ya?

POLUSI

Terus hubungannya sama kulit apa?

Itu artinya segala kotoran yang ada di udara dapat menyebabkan terjadinya radikal bebas hingga merusak bagian kulit seperti kolagen dan elastin. Dalam jangka waktu pendek, mungkin kulit hanya akan terlihat kusam atau munculnya jerawat yang meradang–tetapi dalam jangka waktu panjang, kamu mulai menyadari bahwa garis-garis halus di wajah akan muncul lebih cepat daripada seharusnya. Beberapa waktu lalu, Arinda juga sempat cerita soal efek polusi buat kulit kita. Videonya juga bisa kalian lihat di bawah ini.

So, bagaimana sih caranya melindungi kulit dari polusi outdoor maupun indoor? Tentunya semua dimulai dari apa yang kita konsumsi. Makanan yang mengandung antioksidan seperti buah delima, jeruk, manggis, sayur berdaun hijau tua, sayur berwarna oranye dan ungu, serta protein berkualitas tinggi dapat membantu melindungi kulit dari pengaruh buruk polusi. Selain itu, ada baiknya menggunakan skincare dengan kandungan antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, atau bahan alami yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan. Salah satu produk yang mengandung bahan alami anti antioksidan tinggi adalah The Body Shop Drops of Youth™ Youth Concentrate.

The Body shop drop of youth

Yup, serum ini memang sudah lama banget muncul di pasaran. Namun, formula terbaru dari serum ini diperkaya dengan bahan-bahan antioksidan baru, yaitu moringa seed oil, beech bud extract, buddleja extract, dan mallow flower extract untuk membantu melindungi kulitmu dari paparan polusi. Mudah kan melindungi kulit dari polusi? Share di kolom komentar bawah ya kalau kamu sudah coba produk ini atau produk skincare anti-polusi lainnya!

 

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment