banner-detik

fitnfab

Jangan Sampai Lupa Lakukan 5 Hal Penting Ini Saat Kerja dari Rumah!

seo-img-article

minum air

Setting dan ambiance rumah yang berbeda dengan kantor bisa bikin kita lupa melakukan 5 hal penting ini selama WFH. Coba bikin remindernya, yuk.

Meski sudah memasuki hari ketiga WFH, mungkin masih ada yang merasa belum well-adjusted sama kegiatan kerja dari rumah, walaupun sudah sempat baca tulisannya Arinda soal hal yang harus diperhatikan pas kerja dari rumah. Faktor yang mempengaruhi bisa macam-macam, di antaranya adalah setting dan suasana rumah yang tentunya beda sama kantor. Ini bisa bikin kita nggak sadar sama hal-hal penting yang biasanya dilakukan saat di kantor. Simak list berikut biar nggak lupa, yuk!

Minum air

Reminder paling klise, ya? Tapi minum air dua liter per hari bisa jadi hal penting yang gampang dilupakan saat lagi WFH. Di kantor, saya rajin banget minum air karena kebetulan meja kerja saya dekat sama dispenser. Tapi kalau di rumah, perlu effort lebih untuk jalan ke ruang makan buat mengambil air, jadi kadang saya suka lupa (re:malas, LOL). Padahal saat ini penting banget untuk jaga kesehatan by staying hydrated. Makanya biar nggak perlu terlalu sering bolak-balik dan bisa benar-benar keep up dengan jumlah air yang diminum, baiknya kita pakai tumbler dibandingkan pakai mug. Tumbler yang biasa saya pakai volumenya 450ml, jadi dengan lima kali refill saja, daily water intake saya sudah terpenuhi. Kalau mau lebih praktis lagi, kamu juga bisa pakai yang volumenya lebih besar seperti 1liter atau bahkan 2liter sekalian.

Pakai sunscreen!

cara pakai sunscreen

Kalau berangkat ke kantor, hopefully, nggak pernah lupa pakai sunscreen dulu kan? Karena harus keluar rumah, ditambah naik transportasi umum, sense of urgency dari memakai sunscreen lebih tinggi dari pada saat WFH karena panasnya matahari di luar terasa langsung di kulit. Padahal di rumah kan juga tetap ada sinar matahari yang masuk lewat jendela. Apalagi kalau lokasi meja kerja kamu persis di samping jendela. Makanya, jangan sampai nggak pakai sunscreen andalanmu selama WFH ya. Males muka terasa lengket pas pakai sunscreen di rumah? Cek beberapa trik pakai sunscreen biar nyaman, yang sempat ditulis Arum.

Baca juga: 5 Suplemen yang Bisa Dikonsumsi untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Stretching

stretching

I cannot stress enough about the importance of stretching! Terlalu asyik bekerja di posisi tertentu tanpa diselingi stretching bisa berakibat buruk buat tubuh kita. Terlebih kalau postur duduk kita nggak benar pas kerja dari rumah. Awalnya mungkin hanya otot kaku, tapi kalau dibiarkan terlalu lama malah bisa memunculkan masalah baru lebih serius. Kamu bisa ikutin video stretching guide simple di Youtube, atau mungkin melakukan olahraga lainnya di sela-sela break dengan rekomendasi channel olahraga yang kemarin sempat saya ceritakan. Remember to be gentle to your joints.

Log off sejenak

CellPhoneAddiction

Saat ini informasi terbaru tentang coronavirus tentunya sudah banyak banget, nggak terkecuali di sosial media. Frekuensinya juga sering banget. Kemarin saja ada lebih dari 10 orang yang saya follow di Instagram ngepost konten yang sama terkait coronavirus dalam waktu yang berdekatan. Of course, we have to be well-informedtapi arus informasi yang beredar beberapa hari ini sangat bisa bikin merasa overwhelmed. Terlebih lagi buat yang punya mental health issues tertentu. So it’s okay to log off for a while for the sake of your sanity! Tinggalkan sejenak artikel-artikel yang membahas pandemi ini, selingi sama konten yang sesuai interest mu supaya pikiranmu istirahat dan lebih positif.

Baca juga: 10 Super Food untuk Meningkatkan Kekuatan Imun

Call your friends, your parents, anyone!

Buat para introvertsocial-distancing bisa jadi bukan masalah berarti atau justru malah menyenangkan. Tapi bagi yang ekstrovert, dua hari saja sudah bisa bikin social battery lemah! Buat yang masih tinggal sama orangtua atau punya roommate, tentunya kamu bisa lebih banyak ngobrol sama mereka. Nah, buat yang tinggal sendirian, jangan lupa untuk tetap bersosialisasi via telepon atau video call dengan orang lain, ya. Again, for the sake of your sanity :).

Stay positive, everyone! This too shall pass.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment