banner-detik

face masks

Perbedaan Clay Mask dan Mud Mask yang Wajib Kamu Tahu!

seo-img-article

manfaat-masker-wajah-sheet-mask-1

Clay dan mud mask nyatanya adalah dua jenis bahan yang berbeda lho! Yuk cari tahu lebih dalam agar kamu tahu mana yang lebih cocok untuk kondisi kulitmu!

Sebagai penggemar skincare products terutama masker, pastinya sudah nggak asing dengan kedua jenis masker ini. Walau pun dari bentuk yang serupa, kedua masker ini memiliki manfaat dan kandungan yang berbeda. Apa aja sih? Simak artikel ini ya supaya kamu bisa pilih mana yang lebih tepat untuk kebutuhan dan juga kondisi kulit kamu.

 loreal pure clay mask

Tekstur

Clay mask, sesuai namanya mengguanakn tanah liat atau clay sebagai komposisi utama dalam produknya. Tanah liat sendiri memiliki tekstur yang cenderung lebih kering dan juga memiliki kandungan mineral seperti zinc, calcium hingga silica. Sedangkan mud mask adalah masker lumpur, yang memiliki tekstur cenderung watery, karena lumpur memiliki sifat yang lebih basah dibandingkan dengan clay atau tanah liat.

Baca juga: Eksperimen Rajin Pakai Clay Mask

Masker Wajah 1

Manfaat

Clay mask memiliki fungsi sebagai drying agent, membersihkan pori-pori karena sifatnya yang menyerap kotoran dengan cepat. Berbeda dengan clay mask, sesungguhnya mud mask memiliki fungsi untuk memperlancar peredaran darah, menjaga elastisitas kulit, dan lebih hydrating. Hal ini disebabkan oleh kandungan lumpur yang memiliki kandungan mineral yang bisa dikategorikan sebagai masker yang water-based. Mud bisa saja memiliki kandungan clay, atau pun sebaliknya, tapi tentunya mud mask akan lebih less-drying ketimbang clay mask. Jadi jika kamu memiliki kulit yang super kering, penggunaan mud mask akan lebih tepat karena memberikan manfaat hydrating, daripada clay mask yang jauh lebih kering.

Baca juga: Aturan Pakai Clay Mask

Rekomendasi Produk

Setelah kamu tahu perbedaan dari kedua jenis masker diatas tentunya kamu tahu mana jenis masker yang lebih tepat untuk kondisi kulit kamu. Tapi, apa aja sih jenis masker clay maupun mud yang wajib banget untuk kamu coba? Tenang, saya punya beberapa rekomendasi untuk kamu.

Perbedaan Clay Mask dan Mud Mask yang Wajib Kamu Tahu!

 Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask

Salah satu cult’s favorite yang memang wajib kamu coba. Jika kamu memiliki masalah dengan pori-pori tersumbat atau ingin mengurangi kadar minyak pada wajah, tentunya masker ini cocok buat kamu. Cara pakainya juga cepat kok, untuk kulit berminyak cukup diamkan selama 10-15 menit, sedangkan untuk kulit normal cukup 5-10 menit saja.

Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

Ingin segarkan wajah tapi juga ingin mendapatkan kulit yang bersih bercahaya? Masker ini memiliki sensasi mint yang segar dan juga dapat membantu mengurangi bruntusan, dan jerawat tanpa memberikan rasa kering. Karena ini mud mask, jadi cocok banget dipakai oleh kalian yang memiliki kulit cenderung kering.

Freeman Pink Salt + Cucumber Clay Mask

Ingin maskeran tapi sekaligus exfoliating kulit? Freeman memiliki varian clay mask yang dilengkapi scrub dari pink salt. Berbeda dari clay mask lainnya, varian satu ini juga dilengkapi dengan manfaat mentimun untuk menyegarkan kulit. Tapi tenang, efek membersihkan pori-pori nya pun tetap oke kok, kamu wajib punya varian satu ini.

Pinklab.co Dead Sea Mask

Satu lagi masker lumpur dari brand lokal yang tentunya wajib kamu punya. Selain memiliki fungsi khas mud mask, seperti memberi melembabkan dan memperlancar peredaran darah, masker ini juga memberi efek mencerahkan, mengurangi garis halus, dan menghambat pertumbuhan jerawat. 

Nggak ada salahnya jika kamu ingin menggunakan kedua jenis masker ini, tapi tentunya kamu perlu menyesuaikan dengan kondisi kulit. Penyesuaian dalam penggunaan masker tentunya akan berpengaruh terhadap hasil yang akan kamu dapat. Jadi, jangan salah pakai ya! 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment