Pilihan Cleanser yang Tepat untuk Jenis Kulit Kering dan Berminyak

Dengan semakin banyaknya jenis dan produk skincare yang bermunculan di pasaran, wajar saja kalau kita jadi merasa overwhelmed atau bahkan bingung harus memilih yang mana.

cuci muka

But just like everything else, it’s always easier to start at the beginning. Yup, yang pertama harus kita kenali adalah jenis dan kebutuhan kulit kita.

Setiap orang memiliki jenis kulit dan kebutuhan yang berbeda-beda. Pada dasarnya ada tiga jenis kulit, yakni normal, kering, dan berminyak. Berbeda dengan kulit normal yang biasanya nggak terlalu membutuhkan treatment khusus, pemilik kulit kering dan berminyak punya concerns tersendiri.

Kulit kering dan berminyak keduanya cenderung gampang kelihatan kusam. Yang kering karena nggak ada glow natural, di sisi lain kulit yang terlalu berminyak terlihat kusam karena terlalu mengkilap. Meski masalah ini kelihatannya sama, approach yang dilakukan sebenarnya perlu dibedakan. Bukan hanya itu, makeup pun jadinya susah menempel dengan baik di kulit yang jenisnya kering atau pun berminyak. Makanya butuh produk skincare dengan kandungan berbeda untuk mengatasinya.

Untuk kulit berminyak, ada beberapa kandungan yang bisa mengontrol produksi sebum di kulit tanpa membuat kulit malah jadi kering. What you need is balance. Kamu bisa cari ingredients seperti mineral clay dan Vitamin B3. Mineral clay memiliki manfaat deep cleansing sehingga bisa membersihkan pori dengan mendalam dari minyak, kotoran, dan debu yang menumpuk. Selain itu mineral clay pun bermanfaat mengontrol produksi minyak berlebih, sehingga pemilik kulit berminyak bisa mendapatkan tampilan yang kulit yang lebih matte dan nggak greasy.

Nah, kalau Vitamin B3 ini diperlukan setiap jenis kulit. Biasa dikenal juga dengan nama lain Niacinamide, Vitamin B3 dapat menjaga keseimbangan dan kesehatan moisture barrier kulit kita. If you didn’t know already, moisture barrier yang sehat adalah kuncian untuk mendapatkan kulit yang lembap, kenyal, dan terhindar dari berbagai masalah kulit. Selain itu, Niacinamide juga memiliki manfaat mencerahkan kulit secara alami sehingga warna kulit terlihat lebih merata.

wardah3

Untuk merawat kulit dan memberi nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya, kita mulai dari step awal, yaitu cleansing. Vitamin B3 dan Mineral Clay ini bisa kamu temukan dalam Wardah Perfect Bright Creamy Foam Brightening Oil Control. Sedangkan, Perfect Bright Creamy Foam Brightening Smoothing diformulasikan untuk jenis kulit kering dan normal cenderung kering. Diperkaya juga dengan Licorice Extract dalam Double Lightening Actives, produksi melanin penyebab penggelapan kulit dan hiperpigmentasi bisa ditekan. Hasilnya kulit lebih cerah dan noda hitam berkurang. Formulanya yang berupa creamy foam dapat mengangkat kotoran dari pori dengan lembut namun tetap bersih dan menjaga kelembapan kulit.

Wardah Perfect Bright Creamy Foam mudah didapatkan di minimarket dan drugstore terdekat dan e-commerce. Selain itu harganya juga terjangkau dan tersedia dalam size besar, 100ml serta size 60ml yang travel friendly.

Sudah nggak bingung lagi kan harus memilih produk skincare mana yang sesuai dengan jenis kulitmu?