Bahas Tentang Olahraga Berlebihan bersama Bruno Fit Force Kemang

DSCF9811 (1)

Gimana sih olahraga yang ideal? Mungkin nggak kita ngalamin overtraining? Yuk, bahas terlebih lanjut dengan Fit Force Owner, Bruno! 

Akhir-akhir ini, banyak banget denger kasus orang mengeluh karena kasus ‘overtraining‘. Entah karena exercise yang terlalu banyak, atau nutrisi yang nggak dikonsumsi dengan seimbang, memicu cedera terjadi pada lutut atau beberapa bagian tubuh. Tapi, saya masih nggak begitu paham, how much is ‘overtrained’? Apa aja yang harus dilakukan kalau kita mengalami overtraining? Supaya mendapatkan informasi yang lebih jelas, saya ngobrol-ngobrol langsung dengan Bruno Oreskovic, owner of Fit Force Headquarter Kemang. Tapi, sebelum bahas terlebih lanjut tentang overtraining, saya sempat melihat-lihat terlebih dahulu Headquarter Fit Force dan tertarik sama konsep yang mereka buat. Penasaran? Yuk, simak interview-nya!

IMG_5463

Baca juga: 1 People, Label Eco-Friendly Asal Denmark Gandeng Wulan Guritno!

“Apa yang membuatmu terinspirasi untuk membuat Fit Force?” 

“Fit Force dibangun atas dasar keinginan saya yang ingin membuat sebuah gym yang nggak bersifat terlalu ‘komersial’. Filosofi yang dipegang Fit Force terbentuk melihat banyaknya gym di Jakarta yang masih kurang dalam segi profesionalitas antara klien dan para trainer. Itu sebabnya kami berfokus pada kualitas demi menjaga hubungan jangka panjang bersama para member. Jadi, mereka yang baru datang satu dua kali bisa merasa nyaman, bahkan stay seterusnya di tempat ini. Kami juga melakukan penyaringan ketat terhadap para trainer yang ada di sini.

DSCF9185 (1)

Selain itu, belum ada tempat lain di Jakarta yang menyediakan semuanya di bawah satu atap. Kami mencoba menggabungkan berbagai macam jenis fitness di dalam satu tempat. Kami memiliki studio untuk pilates, yoga, HIIT Training, dan dance classes. Kami juga punya dojo untuk semua kegiatan martial arts seperti boxing, jiujitsu, kickboxing, muay thai. Terakhir ada juga commercial gym, di mana para gym rats bisa datang dan menikmati setiap peralatan gym yang ada untuk latihan. Kami juga memiliki functional area untuk kettlebell, crossfit, bootcamp, dan semua kegiatan olahraga fungsional. Pada dasarnya, semua segmen fitness, all under one roof. Semua tersedia dalam program private maupun group class.”

IMG_5440

“Fit Force udah ada di cabang mana aja?”

“Saat ini, Fit Force belum memiliki cabang. Tapi, kami berencana untuk membuka cabang di pertengahan tahun ini untuk lokasi kedua kami, masih di daerah Jakarta Selatan. Kami berencana untuk memperbanyak hingga 67 lokasi di sekitar Jakarta, bahkan hingga ke seluruh Indonesia.”

Baca juga: 10 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan Saat Merasa Kesepian

” Apa lagi yang spesial dari Fit Force?” 

“Di Fit Force, kami bukan hanya sekedar gym, kami adalah sebuah brand. Kami juga saat ini sedang mempersiapkan clothing line kami yang saat ini masih dalam proses produksi. Pada dasarnya, di bawah brand Fit Force akan ada banyak segmen olahraga yang sedang dalam proses pengembangan. Tapi, gym ini adalah salah satu bentuk fokus utama Fit Force.”

DSCF8473

“Untuk program functional training di Fit Force X, apakah aman untuk para pemula di bidang olahraga?”

 ” Tentu saja! Pada dasarnya saya selalu mencoba menyesuaikan tempo latihan dengan para masing-masing member, mulai dari yang beginner, hingga expert. Jadi, setiap latihan yang diberikan bersifat personalized. Saya juga melakukan pemisahan berdasarkan berat badan. Gerakan yang dilakukan pada dasarnya akan sama untuk setiap member, tapi dengan level yang berbeda-beda. Saat ini kami juga sedang membentuk Fit Force Camp Foundation, sebuah kelas untuk para pemula untuk belajar gerakan-gerakan basic, yang terdiri dari 10 sesi training untuk para pemula.”

DSCF9835

” Sebetulnya, ada nggak sih nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum melakukan functional training?” 

” Untuk jam makan, dianjurkan untuk makan 1-2 jam sebelum, dan 1-2 jam setelah training. Tetapi nutrisi yang perlu kamu konsumsi, tergantung dengan goal yang ingin kamu capai saat itu.  Saya nggak pernah melarang mengonsumsi sesuatu secara spesifik, yang terpenting adalah mengonsumsi gizi yang seimbang. Itu sebabnya kami menyusun setiap program khusus untuk setiap goal, lengkap dengan konsultasi mengenai nutrisi apa yang harus dikonsumsi supaya seimbang, serta training apa saja yang perlu dilakukan agar tercapai goal-nya. Salah satu contohnya intermittent fasting, salah satu bentuk diet yang dianjurkan untuk weight loss. Tetapi yang penting dari semuanya adalah menyesuaikan diet yang dilakukan, dengan lifestyle yang kamu jalani. Supaya kamu bisa tetap menjaga konsistensi dari diet yang kamu lakukan.”

IMG_5416

Baca juga: FD Experiment: Mencoba Intermittent Fasting Selama 1,5 Bulan

“Bicara tentang overtraining, apa yang perlu dilakukan supaya kita nggak mengalami overtraining?”

“Nah, sebetulnya sangat sulit bagi seseorang untuk mengalami ‘overtraining‘. Saya pribadi pernah menjadi seorang atlit, jam latihan saya jauh lebih dibandingkan dengan orang rata-rata, bahkan itu pun nggak pernah mencapai yang namanya overtraining. Seringkali, yang terjadi adalah adanya ketidak seimbangan antara training, dengan lifestyle yang dilakukan. Berapa kali kamu harus melakukan training juga tergantung kebutuhan masing-masing. Kalau kamu sudah bertekad untuk melakukan training yang berat, jangan lupa seimbangkan juga dengan waktu istirahat, dan nutrisi yang kamu konsumsi. Tapi nyatanya, yang seringkali terjadi adalah kamu nggak cukup istirahat di malam hari, kemudian training habis-habisan, tentu kamu merasa lelah dan menyebut dirimu ‘underrest‘, atau nama lain dari ‘overtrained‘. Kapasitas setiap orang beda-beda. You know your body. Jadi, biasakan miliki lifestyle yang seimbang antara training, rest, dan nutrisi yang dikonsumsi.”

So, berikut interview dengan Bruno dari Fit Force Kemang. Ternyata, olahraga atau training juga nggak bisa sembarangan ya! Gimana menurut kalian? Kalau kamu juga mau mulai mencoba training, tapi masih bingung harus mulai dari mana, kamu bisa menghubungi Headquarter Fit Force di 0811 8477008, atau visit instagram @fitforce.id untuk info lebih lengkap. Yuk, let’s get some training!

Foto: Courtesy of Fit Force, Doc: Bobby Firnanda.