Skin Prep Sebelum Makeup untuk Kulit Kering

skincare kadaluarsa

Saat makeup susah menempel di kulit kamu yang cenderung kering, artinya kamu butuh skin prep yang lebih baik.

Apakah kamu pernah mengalami kulit wajah yang terkelupas saat menggunakan makeup? Atau kamu merasa produk yang kamu gunakan, seperti foundation, concealer, tidak mau menempel ke kulit wajah? Ditambah lagi saat menggunakan bedak, kulit wajah langsung berasa ketarik banget. Nah, ini artinya kamu butuh skin prep yang tepat untuk kulit kering!

Kulit kering adalah tipe kulit yang memproduksi lebih sedikit sebum dari tipe kulit normal. Walaupun terlalu banyak sebum juga tidak baik untuk kulit karena bisa menimbulkan jerawat, tapi produksi sebum yang terlalu sedikit juga ternyata menimbulkan masalah baru pada kulit kita. Sebum ini berfungsi untuk melindungi kulit, menjaga elastisitasnya, dan mencegah dehidrasi kulit. Makanya kulit yang kering biasanya terlihat kusam, kasar, dan terasa seperti ketarik. Tipe kulit kering ini biasanya memiliki dry dan flaky spots di banyak area-area wajah, seperti hidung, di dekat mulut, di area mata, dan pipi.

Saya juga memiliki tipe kulit kering. Walaupun saat ini saya sudah menemukan skincare yang tepat sehingga kulit saya sudah memproduksi lebih banyak sebum daripada sebelumnya, tapi jika sebelum makeup saya tidak melakukan skin prep dengan baik, maka hasil makeup-nya bakal kacau banget. Flaky skin di mana-mana, creasing di area bawah mata, garis-garis wajah terlihat jelas, dan banyak spot di wajah di mana foundation tidak mau menempel. Jadi, saya punya sedikit trik untuk membantu mengatasinya.

EXFOLIATING TONER

  1. Eksfoliasi

Walaupun kulit kering memang butuh ditambah kelembapannya dengan moisturizer yang tepat, tapi kalau kita jarang melakukan ekfoliasi pastinya sel-sel kulit mati akan banya tertumpuk di permukaan wajah. Hal ini mengakibatkan, pelembap tidak akan bisa menutrisi kulit dengan baik, dan tentunya membuat foundation tidak bisa menempel ke kulit. Sebenarnya sih eksfoliasi ini lebih baik dilakukan secara rutin, misalnya seminggu satu kali dan nggak perlu terlalu sering juga untuk menghidari iritasi ke kulit. Biasanya saya suka menggunakan The Body Shop Vitamin C Liquid Peel untuk exfoliation ritual saya.

microfibre cloth

Tapi, kalau saya tidak punya waktu banyak untuk melakukan treatment eksfoliasi sebelum makeup, biasanya saya menggunakan microfiber cloth saja untuk eksfoliasi darurat. Caranya gampang banget, microfiber cloth tersebut dibasahkan terlebih dahulu, lalu digosok ke wajah secara perlahan. Microfiber cloth yang biasa saya gunakan adalah Magic Towel dari Masami Shouko, dan Elona Goelaa Goelii. Jika kalian punya peeling pad seperti Neogen Bio-Peel dan Cosrx One Step Moisture Up Pad, maka kedua produk ini juga bisa digunakan untuk eksfoliasi kulit dengan baik lho.

Rubiena Brightening Moisturizer Gel

  1. Layer the Moisture

Kalau kulit saya sedang kering ekstrim, biasanya satu pelembap saja tidak cukup. Saat digunakan, lembapnya hanya sesaat, lalu produknya seperti menguap begitu saja dan kulit saya kembali terasa kering. Nah, cara yang bisa saya lakukan adalah, gunakan hydrating mist sebelum dan atau setelah menggunakan moisturizer untuk memberikan kelembapan ekstra dan mengunci kelembapan tersebut. Produk yang biasa saya gunakan untuk step ini adalah The Body Shop Vitamin E Moisture Cream dan Lacoco Aloe Vera Shooting Mist. Jika kalian punya produk lain seperti MAC Fix+ atau Nature Republic Green Derma Mist, juga bisa digunakan. Tapi kalau kulit kalian sangat amat kering, bisa menggunakan kombinasi hydrating mist dan sedikit face oil. Atau, kalau mau lebih mudahnya, aplikasikan hydrating toner sebelum kalian menggunakan moisturizer. Buat rekomendasinya, Arum juga sempat share 3 hydrating toner favoritnya untuk kulit kering, dan kalau kamu lagi agak malas layering produk, coba saja gunakan Laneige Cream Skin Refiner Hydrating Toner yang multifungsi ini.

Eye Cream Inside

  1. Gunakan Eye Cream

Area sekitar mata merupakan area yang biasanya mengalami creasing. Tapi, untuk area sekitar mata tidak boleh menggunakan sembarang pelembap, harus menggunakan pelembap khusus area sekitar mata alias eye cream yang biasanya diciptakan dengan formula lebih gentle. Produk yang biasa saya gunakan adalah Lacoco Intensive Treatment Eye Serum. Karena area mata adalah area yang delicate, biasanya saya mengaplikasikan eye cream dengan menggunakan jari manis for the gentlest and lightest pressure. Jangan digosok, tapi di tap-tap saja ke area sekitar mata.

 

Jadi itu dia tips and trick skin prep sebelum makeup untuk kulit kering versi saya. Produk yang digunakan tidak harus sama persis seperti yang saya gunakan, jadi kamu bisa memakai produk yang cocok di kulit kamu. Apakah kamu punya tips and trick lainnya? Boleh share di kolom komentar ya!